Implementasi motivasi kerja dalam meningkatkan produktivitas guru muatan lokal

Authors

  • Hendri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16775

Keywords:

Motivasi Kerja, Muatan Lokal, Produktivitas Guru

Abstract

This study aims to determine the motivation of teacher performance in increasing productivity in local content teachers in schools. Motivation is an encouragement that helps in achieving goals. In doing work, especially as a teacher, of course, requires motivation for himself to remain productive in doing work. The principal plays a very important role in helping to manage, create a comfortable and conducive environment at school. This research uses a descriptive qualitative approach. The data source was obtained from the principal and teachers. The procedures used in data collection are observation, interview, and documentation. The data analysis used the Miles and Huberman model which consists of data reduction, data presentation, and conclusions. Based on the results of research and discussion regarding the implementation of work motivation in improving the productivity of mulok teachers, it can be concluded as follows: (1) the work motivation of mulok teachers in schools can be seen from two motives, namely intrinsic and extrinsic motivation. (2) The principal is very instrumental in increasing teacher motivation, with the form of attention, praise and appreciation to each teacher, training, guidance. In general, it is known that the level of teacher work motivation is very high. (3) The impact of the work motivation of mulok teachers at school can be seen in two aspects, namely in terms of process and in terms of results. (4) Supporting factors that can improve teacher performance from internal and external elements, facilities and infrastructure, curriculum and methods, environment, teachers, and students.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kinerja guru dalam peningkatan produktivitas pada guru muatan lokal di sekolah. Motivasi merupakan dorongan yang membantu dalam tercapainya tujuan. Dalam melakukan pekerjaan khususnya sebagai seorang guru tentu membutuhkan motivasi bagi dirinya agar tetap produktif dalam melakukan pekerjaan. Kepala sekolah sangat berperan penting dalam membantu memanage, menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Sumber data diperoleh dari kepala sekolah dan guru. Prosedur yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai implementasi motivasi kerja dalam meningkatkan produktivitas guru mulok, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) motivasi kerja guru mulok di sekolah dapat dilihat dari dua motif yaitu motivasi intrinsik dan ekstrinsik. (2) Kepala sekolah sangat berperan dalam peningkatan motivasi guru, dengan bentuk perhatian, pujian dan penghargaan kepada setiap guru, pelatihan, bimbingan. Secara umum diketahui bahwa tingkat motivasi kerja guru sudah sangat tinggi. (3) Dampak dari adanya motivasi kerja guru mulok di sekolah dapat dilihat dari dua segi, yaitu dari segi proses dan segi hasil. (4) Faktor pendukung yang dapat meningkatkan kinerja guru dari unsur internal dan eksternal, sarana dan prasarana, kurikulum dan metode, lingkungan, guru, dan peserta didik.

References

Abdillah, H. T. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Pedagogik Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 145–151.

Agustina, A., Ibrahim, M. M., & Maulana, A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada MTSN Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 111. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i1.14164

Akhyar, M., Iswantir, M., Febriani, S., & Gusli, R. A. (2024). Strategi Adaptasi dan Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam di Era Digital 4 . 0. Instructional Development Journal (IDC), 5(1), 18–30.

Amin, M. (2021). Motivasi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Literasi, 6(1), 10–25.

Andika Eka Saputra, Hadi Sunaryo, P. (2021). Pengaruh pelatihan dan motivasi terhadap produktivitas kerja guru pada SMPN 1 Bululawang Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(1), 30–39.

Bara, A., Ningsih, P. R., Azzahra, S. F., & ... (2023). Upaya Meningkatkan Produktivitas Kinerja Guru oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Binjai. Jurnal Pendidikan …, 7(3), 31617–31623.

Djafar, H., & Nurhafizah N, N. N. (2018). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dan Pegawai Di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 24–36. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5064

Kuswibowo, C. (2021). Analisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(2), 153–164. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i2.4849

Marsono, S. S. & R. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Smp Negeri 1 Kalukku Kabupaten Mamuju. Jurnal Marsono Mamuju, iii, 12.

Mikael Sampebua, Mesta Limbong, W. T. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Terhadap Pembelajaran Online di SMK Kristen Tagari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 827–840.

Muh. Fahrurrozi, Hary Murcahyanto, M. (2021). Produktivitas Kerja Dosen Dipengaruhi Kompetensi, Motivasi dan Pengalaman Kerja. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 4(1), 31–42.

Mustofa, A. (2018). Peran motivasi kerja dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah aliyah swasta aisyiyah medan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 3(02), 104–117.

Saputra, A. E., Sunaryo, H., & Pardiman. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Guru Pada SMPN 1 Bululawang Malang. Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen, 1–10.

Soepini, D., Kulsum, U., & Mujiyatun. (2023). Implementasi Budaya Kerja dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMPN 6 Bandar Lampung Kecamatan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 730–747.

Sri Sugiyarti, Alwi Suddin, E. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin dan kompetensi terhadap Produktivitas Kerja Guru Dengan Loyalitas Sebagai Variabel Mediasi Pada SMP Negeri 4 Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 10(1), 15–27.

Syelviani, M. (2018). Analisis pendidikan dan komepetensi guru dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja pada SDN 023 Tembilahan Kota. Jurnal Analisis Manajemen, 4(1), 37–46.

Yakob, M., Sari, R. P., & Khairuddin, K. (2019). Komitmen Guru Dan Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jurnal Administrasi Pendidikan, 16(2), 328–335. https://doi.org/10.17509/jap.v26i2.21313

Yope, S. A., & Azatil Isma, A. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 3 Sinjai. Jurnal Ilmiah Administrasita, 13(2), 73–82.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Hendri, & Sesmiarni, Z. (2024). Implementasi motivasi kerja dalam meningkatkan produktivitas guru muatan lokal. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(4), 395–405. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i4.16775

Issue

Section

Articles