Implementasi pembelajaran kitab Tuhfatul Athfal di Pondok Pesantren Alquran Al-Furqon
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18157Kata Kunci:
Pondok Pesantren, Pembelajaran Alquran, Tuhfatul AthfalAbstrak
The background to the problem in this research is that there are still male and female students who are not fluent in reading the Alquran, such as not being able to differentiate between the length and shortness of reading the Alquran, and not knowing the laws of reading the Alquran. The aim of this research is to find out whether the implementation of learning the Book of Tuhfatul Athfal can improve students' Alquran reading skills. To find out how to implement the learning of the Book of Tuhfatul Athfal at the Al-Furqon Al-Furqon Islamic Boarding School in Bogor. To determine the supporting and inhibiting factors in improving the fluency in reading the Alquran of Al-Furqon Bogor Alquran Islamic Boarding School students. The method used in this research is a qualitative method with a descriptive approach. The data collection technique for this research uses observation, documentation and interview techniques. The research results show that. The aim of studying the book Tuhfatul Athfal at the Al-Furqon Alquran Islamic Boarding School is to guard the tongue to avoid mistakes when reading the Alquran and to avoid changes in meaning when reading the Alquran. Efforts to increase fluency in reading the Alquran are carried out by the Al-Furqon Alquran Islamic Boarding School starting at the boarding school entry stage, namely by conducting Alquran reading tests which aim to be able to classify new students in their Qur'an classes. . Supporting factors are teachers who are competent in their fields, obedient students, facilities and infrastructure to support learning, and parents who support their children. Inhibiting factors are too little study time, students who are disobedient, and the interest and willingness of the students or students.
Abstrak
Latar belakang masalah pada penelitian ini yaitu masih ada santri putra putri yang belum lancar dalam membaca Alquran seperti belum mampu membedakan panjang pendek bacaan Alquran, belum mengetahui hukum-hukum bacaan Alquran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah Implementasi pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran santri Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Kitab Tuhfatul Athfal di Pondok Pesantren Alquran Al-Furqon Bogor. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kefasihan membaca Alquran santri Pondok Pesantren Alquran Al-Furqon Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. tujuan mempelajari kitab Tuhfatul Athfal di Pondok Pesantren Alquran Al-Furqon yaitu untuk menjaga lidah agar terhindar dari kesalahan ketika membaca Alquran serta menghindari perubahan makna saat membaca Alquran. Upaya meningkatkan kefasihan membaca Alquran dilakukan Pondok Pesantren Alquran Al-Furqon dimulai pada tahap masuk pesantren yaitu dengan adanya pengetesan bacaan Alquran yang bertujuan untuk dapat mengklasifikasi peserta didik baru pada kelas Qur’an-nya. Faktor pendukung yaitu pengajar yang berkompeten pada bidangnya, santri yang patuh, sarana dan prasarana sebagai penunjang pembelajaran, dan orang tua yang mendukung anaknya. Faktor penghambat yaitu waktu belajar yang terlalu sempit, santri yang tidak patuh, serta minat dan kemauan pada santri atau peserta didik.
Referensi
Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius Pada Peserta Didik Di Mts Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI:Journal on Islamic Education, 2(2), 1. https://doi.org/10.24269/tarbawi.v2i2.174
Arsyad, A., & Salahudin, S. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Alquran Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 179–190. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476
Buna’i. (2021). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Enrekang, S. M., & Parepare, U. M. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami Elihami Elihami Abdullah Syahid A . Pendahuluan Pendidikan Agama Islam sebagai suatu proses ikhtiyariyah mengandung ciri dan watak khusus , yaitu proses penanaman ,. 2, 79–96.
Fahrudin, B., Kunci, K., Bactracking, A., Terbaik, S., & Capsa Banting, P. (2016). Penerapan Algoritma Backtracking Pada Permainan Capsa Banting. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 3(6), 30–33. https://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/168
Imron, A. (2019). efektivitas penerapan kitab tuhfatul athfal dalam meningkatkan kefasihan membaca alquran di pondok pesantren raudhatul huda al islamy sidomulyo pesawaran Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Junaidi. (2020). Pengaruh Kefasihan Membaca Alquran Terhadap Keterampilan Membaca Pada Bidang Studi Bahasa Arab. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 19(2), 199–215. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i2.2749
Kamus Besar Bahasa Indonesia Webster Dictionary. (2020).
Kurnia, L. (2022). Implementasi Pembelajaran Tajwid Melalui Kitab Tuhfatul Athfal Di Pondok Pesantren Mathla ‟ Ul „ Ulum Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1444 H / 2022 M Implementasi Pembelajaran Tajwid Melaui Kitab Tuhfatul Athfal Di Pondok Pesantren Mathla ‟
Lubis, T. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Alquran Dengan Metode Drill (Latihan) Melalui Explicit Instruction. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(2), 137–145. https://doi.org/10.47387/jira.v1i2.34
Munir, A. (2018). Kajian Ilmu Tajwid Pada Kitab Tuhfatul Athfal Karya SyaikhSulaiman Bin Husain Bin Muhammad Bin Syalabi Al-JamzuryDan Relevansinya Dengan Materi Ajar Alquran HaditsKelas Vi Madrasah Ibtidaiyah. Iain PONOROGO, 1–88.
Octavia A. Shilphy. (2020). Etika Profesi Guru.
Rasyidi, A. H. (2019). Studi Tentang Penggunaan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Membaca Alquran. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 205–217. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/1471/1048/
Rifa’i, I. (2012). Mengenal Kamus Arab-Indonesia Mahmud Yunus. Jurnal Al Bayan UIN Raden Intan.
Sada, H. J. (2016). Manusia Dalam Perspektif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7, 131–133.
Sudraji, M. (2017). Upaya Guru Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 18–34. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/661
Windi Astuti, & Watini, S. (2021). Implementasi Pendidikan Alquran pada Anak Usia Dini dengan Metode Muroja’ah. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(01), 86–95. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.7711
Zahri, A. (2019). Pokok Pokok Akidah yang Benar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Lutfiah Dwi Agustina, Suhendra, Noor Isna Alfaien

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.