Analisis strategi pembelajaran dalam surat An-Nahl Ayat 11: Kajian tafsir tarbawi
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18825Kata Kunci:
Al-Qur’an, Strategi Pembelajaran, Tafsir tarbawiAbstrak
The Qur'an as a comprehensive and universal guide for human life, offers profound answers to various life challenges, including solutions to issues within the learning process. One of the main problems in education is the lack of proper selection of learning strategies. A strategy that is not aligned with the characteristics of the students or the learning objectives can hinder the transfer of knowledge, reduce the effectiveness of learning, and lead to poor student comprehension of the material. This study aims to identify and analyze Surah An-Nahl verse 11, focusing on what learning strategies are taught in this sacred verse and whether they can be applied in modern educational contexts. The data sources include the Qur'an, Tafsir, and relevant previous research. This research uses a qualitative approach with the Tarbawi paradigm to explore and understand the meanings contained in the Qur'an. In data collection, this study applies a literature review method. Once the data is collected, it is analyzed through techniques of reduction, presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate the existence of implicit learning strategies in Surah An-Nahl verse 11, namely observation, reflection, and inquiry-based learning strategies. These findings are expected to contribute to the development of more effective and relevant Islamic value-based educational methods that meet contemporary educational needs.
Abstrak
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia yang lengkap dan universal menawarkan jawaban yang mendalam untuk berbagai persoalan kehidupan, termasuk di dalamnya jawaban terhadap tantangan dalam proses pembelajaran. Salah satu masalah utama dalam pembelajaran adalah kurangnya pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik atau tujuan pembelajaran dapat menghambat proses transfer pengetahuan, mengurangi efektivitas pembelajaran, dan mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis surat An-Nahl ayat 11, dengan fokus pada strategi pembelajaran apa yang diajarkan dalam ayat ini dan dapatkah diterapkan dalam konteks pendidikan kontemporer. Penelitian ini, merujuk pada sumber data primer yang diperoleh dari Al-Qur’an. Sedangkan sumber sekunder diperoleh dari berbagai kitab tafsir, baik klasik maupun kontemporer, serta artikel ilmiah yang relevan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma Tarbawi untuk menggali dan memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur’an. Dalam pengumpulan data, penelitian ini memaksimalkan metode studi literatur. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis melalui teknik reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya strategi pembelajaran yang tersirat dalam surat An-Nahl ayat 11 yaitu strategi pengamatan, refleksi, dan strategi pembelajaran berbasis penyelidikan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pendidikan berbasis nilai-nilai Islam yang lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan pendidikan kontemporer.
Referensi
Adi, A. (2023). Fungsi dan Tantangan dalam Pelestarian Tumbuhan Upakara. Tampung Penyang, 21 (2), 124–138. Retrieved from https://doi.org/10.33363/tampung-penyang.v21i2.1053
Al-Mahalli, Jalaluddin, dan Al-Suyuti, J. (2007). Tafsir al-Jalalain. Beirut: Dar al-Kutub al-’Ilmiyyah.
Alwizar, Syafaruddin, Nurhasnawati, Darmawati, Zatrahadi, M. F., Istiqamah, & Ifdil. (2021). Analisis Systematic Literature Review Tafsir Tarbawi: Implementasi Tafsir Tarbawi pada Pendidikan Isla6666m. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 729–737. Retrieved from http://dx.doi.org/10.29210/020212746
Amalia, Syarifah, A., Rahmawati, L., Syariah, N., Miskiyah, Z., & Rosia, R. (2021). Pengelolaan Sumber Daya Alam untuk Menciptakan Human Welfare (Perspektif Ekonomi Islam). Al Hisab: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 12–26. https://doi.org/10.59755/alhisab.v1i2.68
Arifin, Santoso, G., Masngud, Kudori, & Tugiman. (2023). Peran Budaya dan Bahasa dalam Membentuk Identitas Diri Melalui Berkebhinekaan Global , Kreatif dan Kritis di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 02(04), 438–463. Retrieved from https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/620%0Ahttps://jupetra.org/index.php/jpt/article/download/620/374
Djazuli, S. (2014). Konsep Islam Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup. Jurnal Bimas Islam, 7(II), 337–368. Retrieved from https://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/jbi/article/download/1186/235/3020
Fatimah, & Sari, R. D. K. (2023). Strategi Belajar & Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(1), 202–214. Retrieved from https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Fazli, S., Azhari, I., & Nur, M. (2021). Pelestarian Tumbuhan Perspektif Al-Qur’an, 3(01), 52–69. Retrieved from https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v5i2.666
Febrian, F. T., Kmailah, I. P., Gukguk, R. M. T., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Pengaruh fasilitas sekolah terhadap pemahaman dan penerapan kurikulum merdeka oleh guru. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(3), 508–517.
Harahap, D., Silalahi, D., Hutagalung, E., Purba, M., & Tansliova, L. (2024). Analisis Tantangan dan Solusi Guru Dalam Implementasi Strategi Pembelajaran. Qistina: Jurnal Multidisiplin Indonesia, 3(1), 778–782. Retrieved from https://doi.org/10.57235/qistina.v3i1.2416
Ibnu Katsir, I. bin ’Umar. (1999). Tafsir al-Qur’an al-’Azhim (Jilid 4). Dar al-Fikr.
Lailiyah, M. batul, & Maunah, B. (2023). Eksplorasi Inovatif: Pendekatan dan Teori Terkini dalam Dunia Pendidikan. Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(02), 141–160. https://doi.org/10.30762/allimna.v2i02.1362
Mahmudin, A. S. (2014). Pendidikan Humanis (Studi Komparatif Model Nabi Ibrahim dengan Abraham Harold Maslow).
Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 264–274. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179
Muhajir, Mukmin, M. S., Ulhiyah, & Munawaroh, syarifatul. (2024). Pendekatan Ilmiah Dalam Pengkajian Tafsir [Tarbawi]. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 160–175. Retrieved from https://doi.org/10.32478/7z65pe46
Mukminin, M. A., & Rhamadan, W. (2024). Kontekstualisasi Hadis Tarbawi Tentang Pengetahuan Dan Akhlak Dalam Pendidikan Islam Modern. Gahwa, 2(2), 62–79. https://doi.org/10.61815/gahwa.v2i2.401
Muntafi, A. Z., & Majid, A. S. (2019). Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an. Al Aqidah (Jurnal Studi Islam), 2(1), 79–100. Retrieved from http://alaqidah.ac.id/jsi/index.php/jsi/article/view/26
Nasihin, S. (2021). Menghayati Mukjizat Ilahi (Fakta Ilmiah Kemukjizatan Al-Qur’an dan Sunnah pada Tumbuhan). Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 188–200. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Rahman, Abd, Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. Retrieved from http://habiebiemustofa.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-pendidikan-dan- ilmu.html
Rahman, Abdul. (2023). Al-Qur’an dan Wawasan Ekologi Perspektif Maqashid Syari’ah. Tasyri’: Journal of Islamic Law, 2(1), 119–139. Retrieved from https://repository.radenintan.ac.id/27190/1/7442-25147-1-PB.pdf
Rufaida, S., & Mubarokah, I. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Experiential Learning Peserta Didik SMP Unismuh Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 2(2), 46–55. Retrieved from https://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/419
Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 1(2), 211–230.
Sagitarini, N. M. D., Ardana, I. K., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Konkret Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 315–327.
Sari, A., Khoiriyah, M., & Ikrom, F. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar. MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion, 1(2), 445–452. https://doi.org/10.57235/mesir.v1i2.3021
Sari, H. P. (2023). Pendidikan Karakter di Era Society 5.0: Analisis Pemikiran Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(2), 356–357. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(2).15026
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Vol.6). Jakarta: Jakarta: Lentera Hati.
Surahman, C. (2019). Tafsir Tarbawi di Indonesia Hakikat, Validitas, dan Kontribusinya bagi Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Maghza Pustaka.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93. Retrieved from https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/pedagogik/article/view/529
Tobing, D. E. L. (2021). Hubungan Tujuan Hidup dan Optimisme dengan Subjective Well Being pada Aparatur Sipil Negara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Tapanuli Tengah. Tesis. Retrieved from https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16370%0Ahttps://repositori.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/16370/2/181804066 - Dewi Eunike L.Tobing - Fulltext.pdf
Umkabu, T., & Lestari, N. S. (2023). Strategi Pembelajaran Experential Learning terhadap Peningkatan Akademik Siswa di SD Muhammadiyah Abepura. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 459–468. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.284
Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pustaka Diamond. Yogyakarta. Retrieved from https://repository.usd.ac.id/7333/1/3. Filsafat Ilmu Pengetahuan (B-3).pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Restu Rizki Amanda, Cucu Surahman, Elan Sumarna, Faiz Aswa Nazhan, Rifqi Fathan Saepudin Muzakki

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.