Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa di Sekolah Dasar Ta’miriyah Surabaya

Authors

  • Miftahul Alam Al Waro' airlangga university
  • Rifqi Minchatul 'Ulya airlangga university
  • Yuris Ahmadi Utomo airlangga university

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i5.15065

Keywords:

Efikasi Diri, Dukungan Sosial, Motivasi Menghafal Alquran

Abstract

This research aims to investigate the influence of self-efficacy and social support on the motivation to memorize the Quran among elementary school students at Ta'miriyah Surabaya. The hypothesis proposed in this study is that there is an influence of self-efficacy and social support on the motivation to memorize the Quran. The research sample consisted of 47 Ta'miriyah elementary school students in the specialized class, selected using the a priori power analysis simulation technique. The research instruments used the Self-Efficacy scale with reliability (α=0.748), the Social Support scale with reliability (α=0.712), and the Memorization Motivation scale with reliability (0.855) based on previous theoretical aspects. The results of the data analysis using multiple linear regression analysis show that self-efficacy and social support simultaneously have a positive influence on the motivation to memorize the Quran among Ta'miriyah elementary school students. Partially, self-efficacy significantly influences the motivation to memorize the Quran. This means that both self-efficacy and social support have an impact on the motivation to memorize the Quran in Ta'miriyah Elementary School. Therefore, self-efficacy and social support variables can serve as motivation for memorizing the Quran.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa sekolah dasar Ta’miriyah Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran. Sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa SD Ta’miriyah kelas Takhasus diambil dengan teknik simulasi a priori power analysis. Instrumen penelitian menggunakan skala Efikasi Diri dengan reliabilitas (α=0,748), Dukungan Sosial reliabilitas (α=0,712), dan Motivasi Menghafal reliabilitas (0,855) berdasarkan aspek teori terdahulu. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Alquran siswa SD Ta’miriyah. Secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran. Artinya baik efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi menghafal Alquran di SD Ta’miriyah. Dengan demikian variabel efikasi dan dukungan sosial dapat menjadi motivasi menghafal Alquran.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa sekolah dasar Ta’miriyah Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran. Sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa SD Ta’miriyah kelas Takhasus diambil dengan teknik simulasi a priori power analysis. Instrumen penelitian menggunakan skala Efikasi Diri dengan reliabilitas (α=0,748), Dukungan Sosial reliabilitas (α=0,712), dan Motivasi Menghafal reliabilitas (0,855) berdasarkan aspek teori terdahulu. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Alquran siswa SD Ta’miriyah. Secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran. Artinya baik efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi menghafal Alquran di SD Ta’miriyah. Dengan demikian variabel efikasi dan dukungan sosial dapat menjadi motivasi menghafal Alquran.

References

Asnili, N. (2017). Dukungan Sosial Dengan Motivasi Menghafal AlQur’an Di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1992). Self-efficacy mechanism in psychobiologic functioning. Self-efficacy: Thought control of action.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W H. Freeman & Co.

Cherniss, C., & D, G. (2001). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations (1st ed.).

Farida, U. (2014). Pemikiran Islamil Raji Al-Faruqi tentang Tauhid, Sains dan Seni, Fikrah (Vol. 2, Nomor 2).

Fathurrahman, M. (2017). Prinsip dan Tahapan Pendidikan Islam (Kajian Telaah Tafsir Al-Qur’an. Garudhawaca.

Faza, W., & Ratna Kustanti, E. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Efikasi Diri Menghafal Alquran pada Santri Hafidz di Pondok Pesantren Modern Alquran Dan Raudlotul Huffadz (Vol. 7, Nomor 1).

Friedman, H. S. (2000). Long‐term relations of personality and health: Dynamisms, mechanisms, tropisms. Journal of personality, 68(6).

Hasanah, M. (2021). The Role of Parents in Children Memorizing the Qur’an in Middle School Based on the Amanatul Ummah Islamic Boarding School. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 139–156. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.43

Hasanah, N.A. (2022). Hubungan Self Efficacy Dengan Flow Pada Santri Penghafal Al-Quran Di Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kabupaten Banyumas (Skripsi, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).

Isaksson, G., Lexell, J., Skär, L., & Ot, R. (2007). Social Support Provides Motivation and Ability to Participate in Occupation (Vol. 7, Nomor 1).

Keswara, I. (2017). Pengelolaan Pembelajaran tahfidzul Qur’an(Menghafal Alquran) Di Pondok Pesantren Al Husain Magelang. Jurnal Hanata Widya, 6(2), 62–73.

Latifah, N. Y. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Menghafal Alquran Siswa MI Ma’arif Pulutan Salatiga. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/

Lisry, F., Tarigan, B., & Hilda, N. (2019). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI SMK Putra Anda Binjai. GARNISH: Jurnal Pendidikan Tata Boga. https://doi.org/10.24114/gni.v3i1.26312

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68–74.

Pajares, F., & Schunk, D. (2001). Self-Beliefs and School Success: SelfEfficacy, Self-Concept, and School Achievement. Dalam R. J. Riding & S. G. Rayner (Ed.), International Perspectives on Individual Differences: SelfPerception (Vol. 2, hlm. 239–265). Ablex.

Santrock, J. W. L.-S. D. P. M. H. (2003). Edisi Kelima. Jilid, 2.

Sinaga, D. H., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan efikasi diri wirausaha pada mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas diponegoro. Jurnal Empati, 6(1), 74–79.

Syarifah, M. S. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Akademik Pada Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Dompu Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Widanarti, N., & Indati, A. (2002). Hubungan antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Self Efficacy pada Remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. Jurnal psikologi, 29(2), 112–123.

Yusuf, W. F. (2015). Hubungan Dukungan Sosial dan Self Acceptance dengan Motivasi Menghafal Alqurandi Pondok Pesantren Alquran Nurul Huda Singosari Malang. Jurnal Psikologi, III(1), 1–11. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/ILMUPSIKOLOGI/article/view/763

Zaini, M. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Guru Tahfidz terhadap Motivasi Menghafal Al-Quran. Jurnal Imiah Psikologi, 8, 529–540. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of personality assessment, 52(1), 30-41.

Ziyad, M., Ibdalsyah, & Alim, A. (2022). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kedisiplinan dan Motivasi Santri Penghafal Al Quran di Pondok Tahfidzul Quran Ibnu Jauzi Bogor. KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1(ue 3)). https://koloni.or.id/index.php/koloni/article/view/125

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Al Waro’, M. A., ’Ulya, R. M., & Utomo, Y. A. (2023). Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa di Sekolah Dasar Ta’miriyah Surabaya. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(5), 472–481. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i5.15065

Issue

Section

Artikel