Dampak pendidikan tauhid berdasarkan analisis tafsir Surah Az-Zumar Ayat 29

Authors

  • Amir Faishol Fath STIU Dirasat Islamiyah al-Hikmah Jakarta
  • Dia Hidayati Usman STIU Dirasat Islamiyah al-Hikmah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i6.15763

Keywords:

Tauhid, Pendidikan, Ketenangan, Integritas

Abstract

The research explores the impact of tawheed education on shaping students' personalities, emphasizing traits such as honesty, calmness, and focus. Using an interpretive approach to Surah Az-Zumar 39:29 and other sources, the study demonstrates how the concept of tawheed, emphasizing submission solely to Allah SWT, contributes to clarity and balance in students' lives. It suggests that tawheed education fosters honesty, inner peace, productivity, and clear life objectives. Students who grasp and internalize tawheed are inclined towards strong moral principles, mental well-being, and pursuit of meaningful life objectives. The integration of tawheed values within the education system is deemed crucial for nurturing individuals with resilient character and facilitating genuine happiness and success.

 

Abstrak

Penelitian ini mengkaji peran pendidikan tauhid dalam membentuk kepribadian peserta didik yang berintegritas dan tenang. Penelitian ini menggunakan pendekatan tafsir terhadap Surat Az-Zumar 39:29 dengan sumber, penelitian ini menunjukkan bagaimana konsep tauhid, yang mengajarkan ketundukan hanya kepada Allah SWT, dapat menghindarkan kebingungan dan ketidakseimbangan dalam hidup peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendidikan tauhid mendorong kejujuran dan loyalitas, menciptakan ketenangan batin, meningkatkan produktivitas dan efektivitas, serta memberikan tujuan hidup yang jelas. Peserta didik yang memahami dan menginternalisasi tauhid cenderung memiliki standar moral yang kuat, kesejahteraan mental yang baik, dan fokus pada tujuan hidup yang lebih bermakna. Integrasi nilai-nilai tauhid dalam sistem pendidikan sangat penting untuk menghasilkan individu yang berkarakter kuat dan stabil, serta mampu mencapai kebahagiaan dan kesuksesan sejati.

References

Al-Andalusy, A. H. (1993). Tafsir al-Bahr al-Muhith. Daar Kutub Ilmiyah.

Al-Ghazaly, M. (1987). Khuluqul Muslim. Daar al-Qolam.

Al-Khin, M., Al-Bugha, M., Mastu, M., Al-Syirbiji, A., & Luhtfi, M. A. (1991). Nuzhatul Muttaqin. Muassasah al-Risalah.

Al-Razi. (1993). Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib (Vol. 13, pp. 277-279). Daar al-Fikr.

Al-Thabary. (2001). Jami’ al-Bayan an Takwil Al-Qur’an. Daar Ihya Turath al-Arabi.

Al-Zuhayli, W. (1991). Al-Tafsir al-Munir (pp. 284-285). Daar Fikr al-Mu’ashir.

An-Nablusy, M. R. (2016). Al-I’jâz Al-‘Ilmi fi Al-Qur’an wa As-Sunnah; Ayâtullah fi Al-Afâq. Mu’assasah Al-Fursan.

CNN Indonesia. (2023, November 22). Genosida Israel terhadap Palestina: Apa saja faktanya? Retrieved from http://www.cnnindonesia.com/internasional/ 20231122151522-120-1027594/genosida-israel-terhadap-palestina-apa-saja-faktanya/amp

Husaini, A. (2005). Wajah Peradaban Barat dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal (cet. 1). Gema Insani.

Husaini, A. (2009). Virus Liberalisme di Perguruan Tinggi Islam (cet-1). Gema Insani Press.

Ibnu-Asyur. (2000). Al-Tahrir wa Al-Tanwir. Muassah al-Tarikh.

Ibnu-Katsir. (1998). Tafsir Al-Qur’an al-Adzim. Riyadh: Maktabah Darr Salam; Dimashq: Maktabah Daar al-Faiha.

Ibnu-Taimiyah. (1980). Majmu al-Fatawa. Daar Fikr.

Ibrahim, J., Hidayah, N., Amin, L. H., & Elihami, E. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Nabi Ibrahim Dan Ismail (Studi Analisis Surat Ash Shaffat Ayat 99-107 Dalam Tafsir Ibnu Katsir). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 821-825.

Imam Nawawi. (1996). Riyadhushsholihin. Daar al-Warraq.

Irawan, H. (2023). Pengaruh Minat Belajar dan Self Confidence terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Thesis, UIN SUSKA RIAU).

Liriwati, F. Y., & Armizi, A. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, 117-124.

Makhromi. (2014). Istiqomah dalam Belajar (studi atas kitab Ta’lim wa Mutaallim). E-Journal UIT Lirboyo, 25(1).

Quthb, S. (1982). Fii Zhilaal Al-Qur’an. Daar Syuruq.

Sukrilah, S. (2015). Konsep Pendidikan Tauhid dalam Keluarga Studi Analisis Qur’an Surat al-Baqarah Ayat 132-133 dalam Tafsir Ibnu Katsir (skripsi, IAIN Salatiga).

Sya’rawi, S. M. (2015). Tafsir wa Khowathir Al-Qur’an al-Karim. Media Pro Tec.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Fath, A. F., & Usman, D. H. (2023). Dampak pendidikan tauhid berdasarkan analisis tafsir Surah Az-Zumar Ayat 29 . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(6), 583–597. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i6.15763

Issue

Section

Artikel