Model pendidikan dasar Islam berbasis hikmah dalam Tafsir Ar-Razi terhadap QS. Luqman: 12–19

Authors

  • Dia Hidayati Usman STAI Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta
  • Didin Hafidhuddin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ibdalsyah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abbas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Amir Faishol Fath STAI Dirosat Islamiyah Al-Hikmah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i1.19397

Keywords:

hikmah, Ar-Razi, pendidikan dasar islam, tafsir tematik, karakter

Abstract

This study aims to examine the concept of ḥikmah in Fakhruddin al-Razi’s exegesis of QS. Luqman: 12–19 and to formulate its implications for Islamic elementary education. Using a qualitative method through thematic interpretation and library research, this research analyzes the educational principles of Luqman’s advice based on al-Razi’s Mafātīḥ al-Ghayb. The findings reveal that ḥikmah integrates knowledge, faith, and action, contributing to the formation of monotheistic awareness, morality, self-control, and social etiquette. The study proposes a hikmah-based education model with principles of spirituality, exemplary character, integrity, and social engagement. The implications include the transformation of teachers into murabbis and the development of curricula and school culture rooted in Qur’anic values. This research contributes to bridging classical tafsir traditions with the practical needs of contemporary Islamic education through a philosophically grounded framework.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali konsep hikmah dalam tafsir Fakhruddin Ar-Razi terhadap QS. Luqman: 12–19 serta merumuskan implikasinya terhadap pendidikan Islam dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tafsir tematik dan studi pustaka, penelitian ini menganalisis pilar-pilar pendidikan dalam wasiat Luqman berdasarkan penafsiran Ar-Razi dalam Mafātīḥ al-Ghayb. Hasil kajian menunjukkan bahwa hikmah mencakup integrasi antara ilmu, iman, dan amal, serta berperan dalam pembentukan karakter tauhid, akhlak, kontrol diri, dan kesantunan sosial. Penelitian ini merumuskan model pendidikan berbasis hikmah dengan prinsip spiritualitas, keteladanan, integritas, dan keterlibatan sosial. Implikasi dari temuan ini mencakup transformasi peran guru menjadi murabbi serta pengembangan kurikulum dan budaya sekolah yang menanamkan nilai-nilai Qur’ani secara integral. Studi ini berkontribusi dalam menyambungkan khazanah tafsir klasik dengan kebutuhan praksis pendidikan Islam masa kini secara aplikatif dan filosofis.

References

Abdullah, M. A. (2014). Pendekatan hermeneutika dalam studi Islam: Antara teks dan konteks. Jurnal Studi Islam, 43(1), 23–36. https://doi.org/10.14421/jsi.2014.431.23-36

Abdullah, M. A. (2015). Islam dan ilmu pengetahuan: Membangun paradigma integratif-interkonektif. LKiS.

Al-Attas, S. M. N. (1991). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. International Institute of Islamic Thought and Civilization.

Al-Faruqi, I. R. (1982). Islamization of knowledge: General principles and work plan. IIIT.

Al-Razi, F. (1420 H). Mafātīḥ al-Ghayb. Beirut: Dār Ihyāʾ al-Turāth al-ʿArabī.

Asy’ari, A. (2020). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam: Tauhid, akhlak, dan adab. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 23–35. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i1.6537

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi menuju milenium baru. Kencana.

Departemen Agama RI. (2005). Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Hasan, N. (2020). Pendidikan Islam di tengah arus sekularisasi dan pragmatisme global. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 45–58. https://doi.org/10.21043/jpii.v5i1.6723

Hidayah, N., & Zahro, L. (2021). Penanaman nilai bakti kepada orang tua melalui pembelajaran berbasis nilai-nilai Al-Qur’an. Jurnal Tarbiyatuna, 12(2), 87–98. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v12i2.5198

Hidayat, S. (2019). Relevansi nilai-nilai hikmah dalam Al-Qur’an terhadap pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Al-Tadzkiyyah, 10(2), 120–135. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4763

Hidayati, L., & Machfiroh, N. (2020). Internalization of character education values in learning for early grade students in elementary schools. International Journal of Education and Learning, 2(2), 95–102. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i2.169

Hidayati, L., & Wibowo, A. (2020). Pendidikan syukur dalam pengembangan karakter anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 67–78. https://doi.org/10.21043/jpiaud.v5i1.7032

Husaini, A. (2009). Liberalisasi pendidikan: Telaah kritis terhadap liberalisme di perguruan tinggi Islam. Gema Insani.

Koesoema, D. A. (2016). Pendidikan karakter: Strategi mendidik anak di zaman global. Grasindo.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (2020). Survei persepsi dan pengalaman korupsi di Indonesia. https://kpk.go.id

Muhaimin, & Asy’ari, A. (2021). Konsep pendidikan karakter berbasis eskatologi dalam perspektif Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–70. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i1.7396

Muhaimin. (2011). Rekonstruksi pendidikan Islam: Dari paradigma pengembangan, manajemen, kurikulum hingga strategi pembelajaran. Rajagrafindo Persada.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. PT Remaja Rosdakarya.

Muslih, M. (2018). Metodologi tafsir tematik: Teori dan aplikasi. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis, 19(2), 150–164. https://doi.org/10.14421/qolamuna.v19i2.1024

Mutakin, A. (2016). Dinamika tafsir tematik dan kontribusinya dalam studi Al-Qur'an kontemporer. Jurnal Ilmu Ushuluddin, 15(2), 123–138. https://doi.org/10.24014/jiu.v15i2.2882

Muzakki, A. (2021). Konsep Hikmah dalam Pendidikan Perspektif Fakhruddin Al-Razi. Jurnal Fikrah, 9(1), 85–100. https://doi.org/10.21043/fikrah.v9i1.10554

Nasution, H. (2019). Pendekatan filosofis dalam tafsir Fakhruddin Ar-Razi: Analisis atas integrasi akal dan wahyu. Jurnal Studi Ilmu-ilmu Al-Qur'an dan Hadis, 20(2), 211–228. https://doi.org/10.14421/qolamuna.v20i2.1841

Nugroho, L. E., & Suyatno. (2020). Dehumanisasi pendidikan dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. Jurnal Filsafat, 30(1), 59–76. https://doi.org/10.22146/jf.49273

Rahman, A. (2022). Nilai sabar dalam perspektif pendidikan karakter Islam. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–58. https://doi.org/10.21043/tarbiyatuna.v6i1.8150

Ramadan, T. (2009). In the footsteps of the prophet: Lessons from the life of Muhammad. Oxford University Press.

Rohman, M. (2020). Pendidikan berbasis hikmah dalam wasiat Luqman kepada anaknya. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 29–42. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.5890

Santrock, J. W. (2018). Child development (14th ed.). McGraw-Hill Education.

Suryani, C. (2013). Konsep pendidikan keluarga dalam Al-Qur’an surat Luqman ayat 12–19. Serambi Tarbawi, 1(1), 33–45.

Sutrisno, E. (2018). Relevansi pendidikan nilai dalam Al-Qur’an dengan pendidikan karakter di Indonesia. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i1.2231

Suyadi, & Ulfah, H. M. (2017). Integrasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 45–58. https://doi.org/10.15575/jpi.v3i1.2025

Suyadi. (2019). Desain pendidikan Islam holistik integratif: Konsep dan implementasi. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 20–35. https://doi.org/10.21043/jpii.v4i1.5670

Ulwan, A. N. (2011). Pendidikan anak dalam Islam. Gema Insani.

Wahyudi, A., Arifin, Z., & Raharjo, M. (2021). Korelasi antara kecerdasan spiritual dan perilaku sosial mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(2), 157–172. https://doi.org/10.21093/sy.v9i2.3915

Yanto, M. (2022). The concept of Islamic religious education management contained in Surah Luqman verses 12–19. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 816–829. https://doi.org/10.31538/nzh.v5i2.1986

Yusuf, M., & Nurwati, N. (2020). Problematika pendidikan karakter dalam sistem pendidikan Islam di Indonesia. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 198–210. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i2.6347

Yusuf, M., & Sari, N. (2020). Pendidikan karakter berbasis resiliensi dalam pembelajaran sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.31292

Zakaria, M., & Faris, M. (2019). Reorientasi pendidikan Islam dalam menghadapi krisis moral generasi milenial. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 155–170. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.4524

Zarkasyi, H. (2016). Pendidikan karakter dan akhlak dalam perspektif eskatologi Islam. Jurnal Al-Tadzkiyyah, 7(2), 149–160. https://doi.org/10.24042/atjpi.v7i2.1754

Zuhdi, M. (2018). Pendidikan Islam dan pembangunan karakter: Transformasi nilai spiritual dalam pendidikan dasar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 85–98. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i2.6482

Zuhdi, M. (2019). Pendidikan karakter berbasis adab dalam perspektif Islam. Tadrib: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 45–60. https://doi.org/10.19109/tadrib.v6i1.7519

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Usman, D. H., Hafidhuddin, D., Ibdalsyah, Tamam, A. M., & Fath, A. F. (2025). Model pendidikan dasar Islam berbasis hikmah dalam Tafsir Ar-Razi terhadap QS. Luqman: 12–19. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 84–103. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i1.19397

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>