Dampak implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam dengan penggunaan media digital

Authors

  • Faizudin STIT Al-Khairiyah Cilegon
  • Wasehudin Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i3.16542

Keywords:

Kurikulum Merdeka, konten digital, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran melalui telepon genggam

Abstract

This study aims to develop Islamic education-based guidance and counseling service media for LGBT perpetrators and victims, by utilizing advances in information technology through the cyber counseling model. The research method used is development research (Research and Development) with the ADDIE model, which includes five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results showed that cyber counseling services based on Islamic education can be an effective solution in helping LGBT perpetrators and victims return to heterosexual nature in accordance with Islamic law. This service is provided through a website specifically designed to provide virtual guidance and counseling. Feasibility testing was conducted involving experts in the fields of language, IT, Islamic education, and guidance and counseling, as well as potential users. The evaluation showed that the service was well received by users and experts, indicating great potential in its application.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media layanan bimbingan dan konseling berbasis pendidikan Islam bagi pelaku dan korban LGBT, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi melalui model cyber counseling. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan cyber counseling berbasis pendidikan Islam dapat menjadi solusi efektif dalam membantu pelaku dan korban LGBT kembali kepada fitrah heteroseksual yang sesuai dengan syariat Islam. Layanan ini disediakan melalui website (laman) yang dirancang khusus untuk memberikan bimbingan dan konseling secara virtual. Uji kelayakan dilakukan dengan melibatkan ahli di bidang bahasa, IT, pendidikan Islam, dan bimbingan dan konseling, serta pengguna potensial. Evaluasi menunjukkan bahwa layanan ini diterima dengan baik oleh para pengguna dan ahli, menunjukkan potensi besar dalam penerapannya.

 

References

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863–5873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3531

Amos, J., Ika Pratiwi, M., Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Padang, J., & penulis, K. (2023). Perubahan Perilaku Kesiagaan Bencana melalui Penggunaan Media Android-Based Digital Radio pada Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Padang Changes in Disaster Preparedness Behavior Using Android-Based Digital Radio Media for Students of Poltekkes Kemenkes Padang. Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 5(1), 42–52. https://doi.org/10.47034/ppk.v4i2.6811

Anam, S., & Septiliana, L. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Autoplay untuk Menunjang Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1228. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2502

Ariga, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 662–670. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.225

Ayuni, I., Winoto, Y., & Khadijah, U. L. (2022). Perilaku Literasi Informasi Pada Anak Di Media Sosial. Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 176. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7728

Hendrayani, N., Hardini, T. I., & Darmawangsa, D. (2023). The conformability of french listening skills learning materials in Frenchblabla Podcasts with the CEFR curriculum and the Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 20(2), 375–390. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.61298

Ikhwani, Y., Ratna, S., Rahman, F., & Rasyidan, M. (2021). Pelatihan Elearning Dan Konten Pembelajaran Digital Untuk Guru Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Anak Sholeh Mandiri Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 7(2).

Indriani, L., Suharto, T., & Qosim, M. N. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Al-Ihsan Colomadu. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 4(2), 604–608. https://doi.org/10.37274/ukazh.v4i2.869

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Jones, C., & Shao, B. (2011). The net generation and digital natives: Implications for higher education. Higher Education Academy.

Lubis, K., & Nirmalasari, S. (2023). Gambaran Literasi Media Sosial pada Guru RA di Kota Medan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1587–1597. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4116

Maulani, H., Saleh, N., Sopian, A., & Khalid, S. M. (2022). Sastra Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Dini Di Tk Al-Quran (TKQ). Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 175-185.https://doi.org/10.54471/tarbiyatuna.v15i2.1770

Mestika, Z. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Bogor Indonesia..

Paramita, E. P., Suadnya, W., Waru, T., & Kunci, K. (2019). Literasi Penggunaan Media Sosial Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Secara Bijak Di Kota Mataram. Prosiding PEPADU, 1(September), 175–180.

Pemikiran, J. J., Pengembangan, D. A. N., Dasar, S., Novita, L., Siti, F., Rohadatul, K., & Rabani, A. (2020). Penerapan Media Game Ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. 8(2), 126–137.

Pertiwi, I., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah—Sekolah Penggerak. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1364. https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2548

Pratycia, A., Dharma Putra, A., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 58–64. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Putra, R. P. T., Fardhana, I. A., Azzahra, G. Z., Ardiani, S. N., Kusumaningtyas, H. L., Navya, A. M. S., & Putri. (2023). Hubungan Antara Islam Dengan Perkembangan Teknologi Dalam Mempengaruhi Karakter Gen Z. 9(10), 356–363.

Ramadani, S. D. (2019). Internet Dan Perilaku Seksual Remaja Pesisir Madura: Studi Cross Sectional Di Desa Branta. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 21(2), 91. https://doi.org/10.26623/jdsb.v21i2.1621

Septiantono, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran audio visual dengan menggunakan aplikasi autoplay media studio dan wondershare quiz creator pada mata pelajaran Pengantar Adminis trasi Perkantoran (studi pada kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)/Dwi Septianton (skripsi, Universitas Negeri Malang).

Setyowati, W., Jason Moscato, & Chioke Embre. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379

Sharples, M. (2009). Methods for evaluating mobile learning. Researching mobile learning: Frameworks, tools and research designs, 17-39.

Sugiyarti.(2005). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi pada mata pelajaran Ekonomi SMA (studi kasus tentang pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Ekonomi kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Semarang. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

Suseno, S. (2023). Peran Baru Widyaiswara di Era Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Good Governance, 30–69. https://doi.org/10.32834/gg.v19i1.584

Traxler, J. (2010). Sustaining mobile learning and its institutions. International Journal of Mobile and Blended Learning (IJMBL), 2(4), 58-65.

Wahono, Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi: Paradigma pembelajaran orang dewasa pada era literasi digital. Jurnal Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 517–527.

Wicaksono, D., Suradika, A., Winata, W., & Shodiq, N. A. (2021). Pengembangan Model Kurikulum Digital dan Pembelajaran Berbasis Virtual Set Adaptif di SMK Atlantis Depok. Instruksional, 3(1), 40–49.

Widiyaningsih, P., & Narimo, S. (2023). Peran Guru dalam Memaksimalkan Semangat Belajar Peserta Didik pada Implementasi Program Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 1 Boyolali. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 6325–6332. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2753

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Faizudin, & Wasehudin. (2024). Dampak implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Agama Islam dengan penggunaan media digital. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(3), 200–210. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v13i3.16542

Issue

Section

Artikel