ADAPTASI REBT KE DALAM MODEL BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI VANDALISME TINGKAT SMP

Penulis

  • Ilham Bahari Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Budi Handrianto Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Wido Supraha Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8115

Kata Kunci:

REBT, Konseling, Vandalisme

Abstrak

The Practice of Rational Emotive Behavior Therapy represents a compilation of years of theoretical and clinical insights distilled into a specific theory of disturbance and therapy and deducations for specific clinical strategies and techniques. Albert Ellis has an immense list of scholarly publications. He is an impressive intellectual force who is well read in philosophy, anthropology, and psycology. However, he is first a master clinician. A detailed chapter follows on the practice, and chapter on in-depth case study. The authors focus on using REBT in couples, family, group, and marathons sessions.

Referensi

Al-Ḥusaynī, (t.t.). Kifayatul al-Akhyar, Juz. I, Kairo: Isa al-Ḥalabī

Al-Qurṭubī, (t.t.). Tafsir al-Qurṭubī, Jilid VI, Kairo: Dār al-Sya’b

Ancok, D. & Suroso, F. N. (2005). Psikologi Islam: Solusi Islam akan problem psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

An-Ramli, (t.t.). Nihayat al-Muhtajj, Juz IV, Kairo: Mustafa al-Ḥalabī, tt.

Arief, Z. A., & Sc, M. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru dalam Penelitian Pendidikan. Bogor: Graha Widya Sakti.

Az-Zahrani, M. B. S. (2005). Konseling terapi. Jakarta: Gema Insani.

Budiman, H. (2015). Kesadaran beragama pada remaja islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 16-26.

Departemen Agama RI, (2002). Mushaf Al-Quran Terjemah, Jakarta: Pena Pundi Aksara

Ellis, A., & Dryden, W. (2007). The practice of rational emotive behavior therapy. Springer publishing company.

Fitriani, N., Wahyuni, E., & Marjo, H. K. (2016). Penerapan Teknik Dispute Cognitive Dalam Rebt Untuk Meningkatkan Resiliensi Pada Mahasiswa (Single Subject Research terhadap mahasiswa Program Studi Psikologi Angkatan 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 73–80. doi: 10.21009/INSIGHT.051.11

Hasan, W. A., Rahman, I. K., & Alim, A. (2019). Pendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) Islami Dengan Terapi Al-Qur'ān. Fikrah: Journal of Islamic Education, 3(2), 114-126.

Hasanah, H. (2013). Peran Strategis Aktivis Perempuan Nurul Jannah Al Firdaus dalam Membentuk Kesadaran Beragama Perempuan Miskin Kota. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 7(2), 473-492.

Mulia, G. (2017). Konsep pendekatan rational emotive behavior therapy (REBT) berbasis islam untuk membangun perilaku etis siswa.

Sartika, E. (2017). Konseling rational emotive behaviour therapy (rebt) berbasis rasa syukur untuk meningkatkan konsep diri remaja (studi eksperimen di mts negeri Wonokromo Pleret Bantul) (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K., (1985). Pengantar Teori Konseling, Jakarta: Ghalia Indonesia

Syahrur, M., (2015) Epistimologi Qur’an Tafsir Kontemporer ayat-ayat al-Qur’an Berbasis Materialisme-Dialektika Historis, Bandung: Penerbit Marja

Diterbitkan

2023-05-18

Cara Mengutip

Bahari, I., Handrianto, B., & Supraha, W. (2023). ADAPTASI REBT KE DALAM MODEL BIMBINGAN KONSELING ISLAMI DALAM MENGATASI VANDALISME TINGKAT SMP. TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 91–98. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8115

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>