Konsep kepemimpinan guru dalam perspektif pendidikan Islam

Authors

  • Rahmad Fuad Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.17208

Keywords:

Kepemimpinan, Guru, Pendidikan Islam, Keteladanan, Manajemen Pendidikan

Abstract

This paper aims to describe the leadership role of teachers in Islamic education. This research uses the literature study method by analyzing primary sources from books and journals. The results of the study show that leadership is a crucial element in organizations, including in education. Effective leadership is the main key in determining the success of education, especially because of the many managerial aspects that must be managed. In the Islamic perspective, the Prophet Muhammad PBUH has shown ideal leadership traits, such as honesty, trustworthiness, communicativeness and intelligence. In addition, teacher leadership in Islamic education emphasizes the importance of exemplary and good communication skills as part of leadership duties. Thus, a teacher not only acts as an educator but also as a leader who is able to provide positive examples for students.

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan peran kepemimpinan guru dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menganalisis sumber-sumber primer dari buku dan jurnal. Hasil studi menunjukkan bahwa kepemimpinan merupakan elemen krusial dalam organisasi, termasuk dalam dunia pendidikan. Kepemimpinan yang efektif menjadi kunci utama dalam menentukan keberhasilan pendidikan, terutama karena banyaknya aspek manajerial yang harus dikelola. Dalam perspektif Islam, Nabi Muhammad saw. telah menunjukkan sifat-sifat kepemimpinan yang ideal, seperti jujur, amanah, komunikatif, dan cerdas. Selain itu, kepemimpinan guru dalam pendidikan Islam menekankan pentingnya keteladanan serta keterampilan komunikasi yang baik sebagai bagian dari tugas kepemimpinan. Dengan demikian, seorang guru tidak hanya bertindak sebagai pendidik tetapi juga sebagai pemimpin yang mampu memberikan contoh positif bagi peserta didik.

References

Afriyanto, D. (2022). Relevansi Kepemimpinan Muhammad Al-Fatih Dengan Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2 (1), 63–81.

Akhyar, M., Batubara, J., & Deliani, N. (2024). The central role of the Quran in the development of the Islamic educational paradigm. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 9 (1), 25–38.

Akhyar, M., & Kosim, M. (2024). Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif KH Ahmad Dahlan. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12 (1), 1–19.

Azizi, A. F. (2018). Nilai-nilai Kepemimpinan Islam dalam AL-Qur’an dan Relevansinya dengan Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fatmawati. (2020). Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9 (1), 25–35.

Febriani, S., Iswantir, M., & Sari, F. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di Min Kota Bukittinggi. Jurnal Al-Fatih, 6 (2), 200–215.

Gusli, R. A., Iswantir, M., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Inovasi kurikulum pendidikan Islam Era 4 . 0 di MTsN 1 Pariaman. 5 (2), 77–88. https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16401

Kholifah, N. R., Putri, F., Desy, I., & Martin, S. (2020). Kepemimpinan Guru PAI dalam Pembelajaran di Kelas. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5 (1), 106–118.

Lutfiana, A., Mutiara, E., Putri, H. K., & Nurhidayati, R. P. (2022). Implementasi Kepemimpinan Guru PAI di SMPIT Ar-Raihan terhadap Pengembangan Karakteristik Peserta Didik. ARZUSIN, 2 (1), 21–37.

Nasution, K. (2016). Kepemimpinan guru dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 4 (1).

Ningrum, M. K. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9 (3), 1581–1590.

Noviyanti, N., & Baisa, H. (2018). Hubungan Kompetensi Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Islam dengan Karakter Siswa. Annual Conference on Madrasah Studies, 1 (1), 321–330.

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Yamin, M. (2016). Kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan budaya islami di MTs Negeri Bangil. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Fuad, R., Junaidi, & Supriadi. (2025). Konsep kepemimpinan guru dalam perspektif pendidikan Islam . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(1), 154–161. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.17208

Issue

Section

Articles