The Articel Strategi pembinaan anggota LDK Al-Intisyar dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman di Universitas Ibn Khaldun Bogor

Penulis

  • Inas Yamina Salsabila Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fahmi Irfani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hambari Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19887

Kata Kunci:

Nilai Islam, Aktivis Dakwah, Lembaga Dakwah Kampus

Abstrak

Fenomena dakwah yang dinamis berbeda dari satu zaman ke zaman lainnya, tidak sama dengan masa para Nabi dan para sahabat. Ali bin Abi Thalib pernah berpesan, “Didiklah anakmu sesuai zamannya,” yang menegaskan pentingnya pendekatan yang relevan di setiap era. Seiring perkembangan zaman, para aktivis dakwah semakin menyadari urgensi strategi dalam berdakwah. Penelitian ini bertujuan menjadi referensi bagi civitas akademika UIKA, para aktivis dakwah, mahasiswa, dan masyarakat umum.Dengan pendekatan kualitatif etnografi, penelitian ini menggali data secara mendalam melalui wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Metode etnografi menekankan kerahasiaan, pengalaman pribadi, dan partisipasi aktif, bukan sekadar pengamatan. Arikunto (2013) menjelaskan bahwa pengumpulan data adalah proses sistematis dengan prosedur baku untuk mengukur variabel dan menjawab pertanyaan penelitian (Fadilla, 2023: 36).Penelitian menemukan tiga strategi utama: metode pengkaderan, penanaman nilai, dan keteladanan. Faktor pendukung yang ditemukan adalah keaktifan komunikasi serta manfaat yang dirasakan anggota dalam aspek sosial, kognitif, dan afektif. Faktor penghambatnya meliputi kurangnya efektivitas pembinaan dan keterbatasan fasilitas. Hasil penelitian menegaskan bahwa strategi dan metode dakwah Islam sangat beragam, disesuaikan dengan tantangan dan kondisi zaman. Kesimpulan yang diperoleh: (1) Strategi pembinaan dilakukan untuk menjaga anggota tetap berada di jalan kebaikan. (2) Nilai-nilai keislaman anggota dipengaruhi oleh keberlangsungan dan efektivitas pembinaan. Hal ini menunjukkan pentingnya strategi dakwah yang terus berkembang dari masa ke masa.

Referensi

Darwis, D. (2020). Peranan Tarbiyah Halakah Pada Wahdah Islamiyah, Lembaga Dakwah Kampus Al-Insyirah, Dan Forum Komunikasi Mahasiswa Islam Al-Balagh Dalam Membentuk Akhlak Pemuda Muslim Di Watampone. Jurnal Al Qayyimah, 2(2), 112-121.

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Jakarta.

Awaluddin, R., Fauzi, R., & Harjadi, D. (2021). Perbandingan Penerapan Metode Peramalan Guna Mengoptimalkan Penjualan (Studi Kasus Pada Konveksi Astaprint Kabupaten Majalengka). Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis dan Manajemen, 3(1), 12-18.

Hasan, M., Harahap, T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, C. U., ... & Arisah, N. (2023). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Tahta Media.

Jailani, M. S., & Saksitha, D. A. (2024). Tehnik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam penelitian ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 79-91.

Julia, M., & Masyruroh, A. J. (2022). Literature Review Determinasi Struktur Organisasi: Teknologi, Lingkungan Dan Strategi Organisasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 383-395. Kabupaten Lampung Utara. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kurnia, S. (2024). Komunikasi Organisasi Karang Taruna Dalam Pembinaan Generasi Muda Di Desa Way Perancang Kecamatan Abung Kunang Kabupaten Lampung Utara (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Najah, Z., & Lindasari, L. M. (2022). Pendidikan Islam: wajah baru menghadapi tantangan globalisasi. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 9-18.

Novianti, E. (2021). Metode Pembinaan Agama dalam Pembentukan Perilaku Sosial Anak di Yayasan Islam Media Kasih Tangerang (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Oktania, E. (2022). Implementasi Metnoring Di Lembaga Dakwah Kampus Al-Izzah Dalam Membentuk Kepribadian Religius Di Kalangan Mahasiswa UINSU (Doctoral dissertation, State Islamic University of North Sumatera).

Putri, A. M. (2020). Strategi Dakwah Channel Youtube Film Maker Muslim dalam Menanamkan Pemahaman Nilai-Nilai Islam (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Putri, H. S., Rizal, S., & Nafrial, N. (2021). Implementasi Program Mentoring dalam Membentuk Kepribadian Islam Mahasiswa IAIN Curup (Studi di Lembaga Dakwah Kampus Cahaya Islam IAIN Curup) (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Rewanata, M. (2020). Pola Konseling Kelompok Dalam Kegiatan Halaqah

Sriyanti, L., & Ramadhani, L. R. (2021). Pembinaan kepribadian islami dan solidaritas sosial remaja. Journal of Gender and Social Inclusion in Muslim Societies, 2(2), 111-124.

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23-33.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.

Diterbitkan

2025-09-07

Cara Mengutip

Salsabila, I. Y., Irfani, F., & Hambari. (2025). The Articel Strategi pembinaan anggota LDK Al-Intisyar dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(4), 390–404. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i4.19887

Terbitan

Bagian

Articles