Eksplorasi Strategi BKPRMI untuk Meningkatkan Mutu Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal

Penulis

  • Ahmad Zarkasyi Mujahid Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Win Afgani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Afriantoni Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i5.16980

Kata Kunci:

BKPRMI, Mutu manajemen, Pendidikan Islam

Abstrak

Pentingnya kontribusi sebuah organisasi Islam dalam mendukung kemajuan lembaga pendidikan Islam, baik formal, informal maupun nonformal sehingga berpengaruh terhadap kualitas kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia) dalam meningkatkan kualitas TKA-TPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan pihak Kementerian Agama Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, pengurus DPK BKPRMI, dan 3 lembaga TKA-TPA. Data dikumpulkan menggunakan wawancara dan observasi serta dianalisis menggunakan teknik display data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi yang dilakukan BKPRMI berhasil meningkatkan kualitas TKA-TPA, yaitu memberikan sosialisasi kepada TKA-TPA tentang pengajuan IJOP (Ijin Operasional) dan BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) kepada Kementerian Agama, melaksanakan diklat dan standarisasi guru TKA-TPA, mengusulkan dana insentif kepada perangkat desa serta BPJS Ketenagakerjaan untuk guru TKA-TPA, dan melaksanakan munaqosyah dan safari wisuda santri serta FASI (Festival Anak Shaleh Indonesia) tingkat kecamatan. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan manajemen lembaga non-formal ditingkatkan di masa yang akan datang.

Referensi

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Aryanto, R. (2018). Pelaksanaan pembinaan TK/TPA oleh Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Palembang (Skripsi). UIN Raden Fatah Palembang.

Asrori, & Rusman. (2020). Filsafat pendidikan Islam. Malang: CV Pustaka Learning Center.

Choirunniswah. (2013). Organisasi Islam dan perannya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal TA’DIB, 18(1), 56–84.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi: Sebuah tantangan dan harapan. Jurnal AKADEMIKA, 20(1), 173–194.

Dedi Putra. (2021). Implikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di TPQ Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma (Skripsi). IAIN Bengkulu.

Fazlurrahman H., M. (2019). Politik pendidikan Islam. Surabaya: IMTIYAZ.

Hadi, A., dkk. (2021). Penelitian kualitatif: Studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. Banyumas: CV PENA PERSADA.

Ilyas, H. (2013). Pendekatan sosiologis (fungsional, konflik, interpretatif). Jurnal Shaut Al-’Arabiyah, 1(1), 1–18.

Kementerian Agama RI. (2011). Al-Fattah: Al-Qur’an 20 baris terjemah. Bandung: CV Mikraj Khazanah Ilmu.

Mardianti, S. (2017). Peranan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dalam pembinaan TK-TPA di Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nurfadilah, R. (2020). Strategi BKPRMI dalam meningkatkan dakwah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa (Skripsi). UIN Alauddin Makassar.

Rosidin. (2019). Ilmu pendidikan Islam: Berbasis maqashid syariah dengan pendekatan tafsir tarbawi. Depok: Rajawali Pers.

Samsu. (2017). Metode penelitian: Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Jambi: PUSAKA.

Septiani, A., & Kejora, M. T. B. (2021). Tingkat aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di masa pandemi COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2594–2606.

Sobri, R. (2019). Politik dan kebijakan: Pendidikan agama dan keagamaan di Indonesia (Analisis kebijakan PP No. 55 Tahun 2007). Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 109–124.

Syafi’i, A. (2018). Konsep pendidik dalam perspektif Al-Qur'an dan hadis. Jurnal Qiro’ah, 1(1), 1–24.

Sukenti, D., Tambak, S., & Charlina. (2020). Developing Indonesian language learning assessments: Strengthening the personal competence and Islamic psychosocial of teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4). https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20677

Sukenti, D., Tambak, S., & Siregar, E. (2021). Learning assessment for madrasah teacher: Strengthening Islamic psychosocial and emotional intelligence. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.552

Tambak, S., Ahmad, M. Y., & Sukenti, D. (2020). Strengthening emotional intelligence in developing the madrasah teachers’ professionalism. Akademika, 90(2). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, S., dkk. (2021). Islamic teacher development: Constructing Islamic professional teachers based on the khalifah concept. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.31538/nzh.v4i1.1055

Diterbitkan

2024-12-08

Cara Mengutip

Mujahid, A. Z., Afgani, M. W., & Afriantoni. (2024). Eksplorasi Strategi BKPRMI untuk Meningkatkan Mutu Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(5), 601–612. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i5.16980

Terbitan

Bagian

Articles