Kompetensi kepribadian guru PAI menurut kitab Adabul Alim Wa Muta’alim KH. Hasyim Asy’ari
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i3.16275Keywords:
Adabul Alim wa Muta’alim, Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Hasyim Asy’ariAbstract
Education in Islam aims to build a perfect person, as exemplified by the Prophet Muhammad SAW, not just to produce good workers or citizens. The figure of an ideal Islamic Religious Education (PAI) teacher is key in building a generation with character. However, currently many PAI teachers lack exemplary behavior, such as playing games while teaching or joking when students are praying. This study aims to explore the concept of teacher personality competence according to KH. Hasyim Asy'ari in the book Adabul Alim wa Muta'alim as an ideal model that can be applied in the formation of PAI teacher personality. This research method uses a qualitative approach through text study and descriptive analysis. The results showed that the concept of personality competence in the book emphasizes trustworthiness, noble character, and exemplary. In conclusion, the application of this concept is relevant to forming a good PAI teacher personality and producing a golden generation with character and noble character.
Keywords: Adabul Alim wa Muta'alim; Hasyim Asy'ari; Islamic Religion Teacher; Personality Competence.
Abstrak
Pendidikan dalam Islam bertujuan membangun insan yang sempurna, sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW, bukan sekadar menghasilkan pekerja atau warga negara yang baik. Sosok guru Pendidikan Agama Islam (PAI) ideal menjadi kunci dalam membangun generasi berkarakter. Namun, saat ini banyak guru PAI yang kurang menunjukkan keteladanan, seperti bermain game saat mengajar atau bercanda saat siswa berzikir. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep kompetensi kepribadian guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul Alim wa Muta’alim sebagai model ideal yang dapat diterapkan dalam pembentukan kepribadian guru PAI. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui kajian teks dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kompetensi kepribadian dalam kitab tersebut menekankan sifat amanah, akhlak mulia, dan keteladanan. Kesimpulannya, penerapan konsep ini relevan untuk membentuk pribadi guru PAI yang baik dan menghasilkan generasi emas berkarakter serta berakhlak mulia.
References
Al-Attas, S. M. N. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.
Al-Bazzar, A. (n.d.). Musnad Al-Bazzar (hlm. 364).
Al-Ghazali, I. (2005). Ihya’ Ulumuddin. Libanon: Dar Ibnu Hazm.
Asy’ari, H. (1994). Adabul Alim wa Muta’alim. Jombang: Maktabah Turos Islamy.
Azzarnuji, B. (2020). Ta’limul Muta’alim. Libanon: Darul Kutub Al-Ilmiyah.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartawan, R. F. C. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah: Optimalisasi Kompetensi Kewirausahaan Siswa. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Hidayati, N. (2021). Kompetensi dan Komitmen Profesi Pendidikan. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
Ikhsanuddin, M., & Amrulloh, A. (2019). Etika guru dan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari dan Undang-Undang Guru dan Dosen. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 331-355.
Nizar, S., & Hasibuan, Z. E. (2018). Pendidik Ideal. Depok: Prenadamedia Group.
Permendiknas No. 16 Tahun 2007.
Pianda, D. (2018). Kinerja Guru. Sukabumi: CV Jejak.
Rif'an, A., & Azizi, N. (2020). Kompetensi kepribadian guru dan murid dalam interaksi edukatif perspektif Hadratusyaikh KH. Hasyim Asy’ari. Jurnal Piwulang, 2(2), 144-166.
Riswadi. (2019). Kompetensi Profesional Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sholikah. (2017). Relevansi kompetensi pendidik menurut K.H. Hasyim Asy’ari dengan UU Sisdiknas Tahun 2003. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), Maret.
Silitonga, B. N., et al. (2021). Profesi Keguruan: Kompetensi dan Permasalahan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis . Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113
Sudamin. (2022). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru melalui Pendekatan Supervisi Kolaboratif. Yogyakarta: Lakeisha.
Suwarsi, S. (2022). Manajemen SDM Berbasis Kompetensi dan Manajemen Pengetahuan dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi. Bandung: Media Sains Indonesia.
Syaikhul Alim, M. (2021). Mendongkrak Kompetensi Guru. Tangerang: Pascal Books.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.