Analisis metode pendidikan adab anak kepada orang tua dalam kitab Adab Al Mufrad

Authors

  • Lukman Nol Hakim Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.18095

Keywords:

Pendidikan Adab, anak, orang tua, kitab Adab al-Mufrad, metode islami

Abstract

Education of children's manners to parents is an important aspect in character building, but is often neglected in educational practices both at home and at school. This study aims to analyze the educational methods of children's manners to parents based on the perspective of the book of Adab al-Mufrad by Imam al-Bukhari. This research uses a qualitative approach with the content analysis method of the relevant hadith texts in the book. The results showed that there are twelve methods of adab education that can be applied to children, including: the method of interesting communication, prayer as a form of affection, the method of silence and listening, raising the voice in teaching, advice, parables, recording, exemplary, dialog (hiwar), reinforcement (takrir), stories, and the method of targhib and tarhib. All of these methods show that adab education in Islam is holistic and applicable. These findings can be utilized by parents and educators as guidelines in instilling the values of manners to children from an early age.

Abstrak

Pendidikan adab anak kepada orang tua merupakan aspek penting dalam pembentukan karakter, namun sering terabaikan dalam praktik pendidikan baik di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pendidikan adab anak kepada orang tua berdasarkan perspektif kitab Adab al-Mufrad karya Imam al-Bukhari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) terhadap teks-teks hadis yang relevan dalam kitab tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua belas metode pendidikan adab yang dapat diterapkan kepada anak, di antaranya: metode komunikasi yang menarik, doa sebagai bentuk kasih sayang, metode diam dan mendengarkan, mengeraskan suara dalam pengajaran, nasihat, perumpamaan, pencatatan, keteladanan, dialog (hiwar), penguatan (takrir), kisah, serta metode targhib dan tarhib. Keseluruhan metode ini menunjukkan bahwa pendidikan adab dalam Islam bersifat holistik dan aplikatif. Temuan ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua dan pendidik sebagai pedoman dalam menanamkan nilai-nilai adab kepada anak sejak dini.

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), Article 01. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Bagchee, J., & Adluri, V. (2016). Who’s Zoomin’ Who? Bhagavadgītā Recensions in India and Germany. International Journal of Dharma Studies, 4(1), 4. https://doi.org/10.1186/s40613-016-0026-8

Firmansyah, M. I. (2024). Analisis Aksesibilitas Buku Teks PAI dan Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).

Hakim, L. N. (2018). Hubungan Keteladanan Orang Tua Dengan Adab Siswa Tingkat Sekolah Dasar Di Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1581

Hakim, L. N. (2019). Hubungan Keteladanan Guru Dengan Adab Siswa Tingkat Sekolah Dasar (SDN, SDIT, MI, Homeschooling Group) Di Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), Article 1.

Hakim, L. N. (2024). Model Kepemimpinan Keluarga Sebagai Institusi Pendidikan Islam. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.746

Halim, A. (2024). Peran Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa pada MIN 19 Bireuen. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i3.2951

Hamka, M., & Alim, A. (2024). Implementasi pengajaran Adab di Kuttab Ummul Quro. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16284

Husin, G. M. I. (2023). Analisis Cerita-Cerita Rakyat Kalimantan Selatan Dalam Konteks Konstruksi Perilaku Religius Pada Anak Usia Dini. Serumpun : Journal of Education, Politic, and Social Humaniora, 1(2), 161–172. https://doi.org/10.61590/srp.v1i2.96

Jaya, I. K. A. (2021). Merekonstruksi Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Disekolah. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 1(02), Article 02. https://doi.org/10.25078/japam.v1i2.2797

McDaniel, J. (2017). Religious change and experimentation in Indonesian Hinduism. International Journal of Dharma Studies, 5(1), 20. https://doi.org/10.1186/s40613-017-0056-x

Nešković, M. (2024). Embodied spirituality: Shaolin martial arts as a Chan Buddhist practice. International Journal of Anthropology and Ethnology, 8(1), 3. https://doi.org/10.1186/s41257-024-00104-8

Nurhadi, N. (2020). Character Education in the Book of Adab Al-Mufrad Concerning Customs Education and Their Relevance of Education in Indonesia. NUSANTARA, 2(1), 15–41.

Palmer, S. (2015). Toxic Childhood: How The Modern World Is Damaging Our Children And What We Can Do About It. Orion.

Rahman, A., & Masudi, M. (2024). Kerjasama Pendidik dan Orang Tua Menanamkan Nilai-Nilai Karakter kepada Anak Didik Melalui Lembaga Pendidikan Non Formal. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31539/joeai.v7i1.9808

Rahman, A. P., Zuhroh, N., Fahma, A., Rahma, M. F., Tazkia, M. N., Zultianda, R., Baihaqi, M. A., & Nihayah, A. Z. (2024). Penguatan Nilai Etika dan Moral Melalui Sosialisasi Anti Bullying: Studi Kasus SD Negeri 02 Desa Banyuurip. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 1(3), 25–34. https://doi.org/10.62951/jpm.v1i3.459

Sartell, E., & Padela, A. I. (2015). Adab and its significance for an Islamic medical ethics. Journal of Medical Ethics, 41(9), 756–761. https://doi.org/10.1136/medethics-2014-102276

Schwartzman, M. (2012). What If Religion Is Not Special. University of Chicago Law Review, 79, 1351.

Simbolon, I., & Pasaribu, A. G. (2024). Pelayanan Pastoral Konseling Dalam Pengentasan Low Self Esteem Peserta Didik Kelas 6 SD Negeri Sipaholon. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3(4), 2016–2043.

Sukriyah, E., Sapri, S., & Syukri, M. (2024). Internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam bagi remaja di lingkungan keluarga di kota Subulussalam. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.29210/1202423633

The Golden Rule in Islam: Ethics of Reciprocity in Islamic Traditions - ProQuest. (n.d.). Retrieved October 29, 2024, from https://www.proquest.com/openview/f39f1d551944a295bb25c8656b4dc5ca/1?pq-origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Hakim, L. N. (2025). Analisis metode pendidikan adab anak kepada orang tua dalam kitab Adab Al Mufrad. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 121–138. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.18095

Issue

Section

Artikel