Konsep pendidikan akidah untuk menanggulangi bahaya pemurtadan di daerah bencana

Authors

  • Nina Dwi Ayu Santika Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Wisber Wiryanto Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rahmat Rosyadi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.18681

Keywords:

pendidikan akidah, pemurtadan, bencana, Ciranjang, program dakwah

Abstract

The phenomenon of apostasy that occurs in disaster-prone areas is a serious issue that needs to be addressed with a strategic approach, especially through creed education. This study aims to analyze the concept of creed education in overcoming the danger of apostasy in disaster-affected areas, especially in Kertajaya Village, Ciranjang District, Cianjur Regency. The focus of the study is directed at three main sources, namely the creed education program of the National Muallaf Center Founder Aya Sofya, the strategy to overcome apostasy in the Book of Sullamut Taufiq, and the implementation of the creed education program in Kertajaya Village. This research uses a qualitative method with a field study approach and documentation to explore the data in depth. The results show that the three approaches have an important role, but their implementation still requires optimization, especially in the aspects of material delivery and program sustainability. In conclusion, the integration of the concepts of creed education from the three sources can be the basis for developing a more systematic, comprehensive, and collaborative program in tackling apostasy in disaster areas.

Abstrak

Fenomena pemurtadan yang terjadi di daerah rawan bencana menjadi isu serius yang perlu ditanggapi dengan pendekatan strategis, khususnya melalui pendidikan akidah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan akidah dalam menanggulangi bahaya pemurtadan di wilayah terdampak bencana, khususnya di Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur. Fokus kajian diarahkan pada tiga sumber utama, yaitu program pendidikan akidah dari Founder Muallaf Center Nasional Aya Sofya, strategi penanggulangan pemurtadan dalam Kitab Sullamut Taufiq, dan implementasi program pendidikan akidah di Desa Kertajaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan dan dokumentasi untuk menggali data secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga pendekatan tersebut memiliki peran penting, namun implementasinya masih memerlukan optimalisasi, terutama dalam aspek penyampaian materi dan keberlanjutan program. Kesimpulannya, integrasi konsep-konsep pendidikan akidah dari ketiga sumber tersebut dapat menjadi dasar pengembangan program yang lebih sistematis, komprehensif, dan kolaboratif dalam menanggulangi pemurtadan di daerah bencana.

References

Abdillah, F. (2024). Peran perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di indonesia. EDUCAZIONE: Jurnal Multidisiplin, 1(1), 13–24.

Ardizal, A. (2023). Pemikiran Sayyid Quthb Dalam Kitab Ma’alim Fi At Thariq (Studi Tentang Teologi Pembebasan) (PhD Thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Retrieved from http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/1927/

Arini, C. N. (2018). Hukum Islam Dalam Naskah Sullam Taufiq (Kajian Filologis). Jurnal Muamalah, 1(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/23084

Hidayat, R., & Wijaya, C. (2016). Ilmu pendidikan Islam: Menuntun arah pendidikan Islam di Indonesia. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/2839/1/Ilmu%20Pendidikan%20Islam.pdf

Karimah, K. (2020). Konsep Pendidikan Ubudiyah dalam Kitab Sullamut Taufiq Karya Syekh Abdullah bin Husain bin Thohir Ba Alawi. Maharot: Journal of Islamic Education, 4(2), 147–162.

Mariya, A., Hikmah, D. U., Istivarini, D., & El M, H. N. (2021). Pelaksanaan Konsep Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 459–474.

Masturaini, M. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren (Studi Pondok Pesantren Shohifatusshofa NW Rawamangun Kecamatan Sukamaju Kabupaten Luwu Utara) (PhD Thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)). Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo). Retrieved from http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3610/1/MASTURAINI.pdf

Nikmah, M., & Haris, Y. S. (2025). Analisis Nilai-Nilai Toleransi Beragama Yang Terkandung Dalam Surah Al Kafirun: Membangun Pondasi Pendidikan Multikultural: Analysis of the Values of Religious Tolerance Contained in Surah Al-Kafirun: Building the Foundation of Multicultural Education. Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Alquran Dan Tafsir, 5(1), 44–68.

Prasetya, T. (2022). Strategi Penguatan Akidah Islam Pada Muslim Minoritas di Dukuh Purbo Desa Jolotigo Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan (PhD Thesis, IAIN Pekalongan). IAIN Pekalongan. Retrieved from http://etheses.uingusdur.ac.id/6105/

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardoko, A. (2018). Implementasi Pendidikan Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Nilai-nilai Karakter pada Peserta Didik di MTs Al-Hidayah Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat (PhD Thesis, IAIN Metro). IAIN Metro. Retrieved from http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/459/

Downloads

Published

2025-05-03

How to Cite

Santika, N. D. A., Wiryanto, W., & Rosyadi, R. (2025). Konsep pendidikan akidah untuk menanggulangi bahaya pemurtadan di daerah bencana. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 139–150. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.18681

Issue

Section

Artikel