PELAJAR BERKARAKTER DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY'ARI
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8611Kata Kunci:
K.H. Hasyim Asy'ari, CharacterAbstrak
Seeing the importance of character education in the school environment K.H. Hasyim Asy'ari offers a solution through his work entitled Adabul Alim Wal Mutaalim. The book provides explanations and guidelines about character education in Islam. K.H. Hasyim Asy'ari is a scholar and national figure in Indonesia. His views on character education are very complete. According to him, the main goal of character education is the improvement of manners and morals. So it is necessary to cultivate adab and morality for students. In his work, K.H. Hasyim Asy'ari really upholds the problem of education, especially character education.
Melihat pentingnya pendidikan karakter di lingkungan sekolah K.H.Hasyim Asy'ari menawarkan sebuah solusi melalui karya beliau yang berjudul Adabul Alim Wal Mutaalim. kitab tersebut memberikan penjelasan dan pedoman seputar pendidikan karakter dalam islam. K.H.Hasyim Asy'ari adalah seorang ulama dan tokoh nasional di Indonesia. Pandangan beliau seputar pendidikan karakter sangatlah lengkap. Tujuan utama pendidikan karakter menurut beliau adalah penyempurnaan adab dan Akhlak. Sehingga perlu adanya penanaman adab dan Akhlak bagi peserta didik. Dalam karyanya K.H.Hasyim Asy'ari sangat menjungjung tinggi masalah pendidikan terlebih lagi pendidikan karakter
Referensi
Amiruddin, M. F. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 17–31.
Asy’ari, M. H. (2014). Pendidikan Karakter Khas Pesantren: Terjemah Adabul Alim wal Muta’allim. Genius Media.
Ibad, R., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter siswa di masa pandemi, siapa yang bertanggung jawab? Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 197–208.
Jama’ah, B. I. (2009). Tadzkirat al-Sami’wa al-Mutakallim fi Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Daar Al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1354.
Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Respect And Responsibility. New York: Bantam Books.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.
Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20.
Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.
Ramdani, S., Tafsir, A., & Sukandar, A. (2021). Etika Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’Allim Serta Relevansinya Terhadap Generasi-Z. Edukasi: Journal of Educational Research, 1(3), 100–123.
Ritonga, H. J. (2020). Manajemen waktu dalam islam. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen, 7(1).
Sholikah, S. (2015). Pendidikan Karakter Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adâb al-‘Âlim wa al-Muta ‘allim. Maraji: Jurnal Ilmu Keislaman, 2(1), 117–143.
Sholikah, S., & Mumtahanah, N. (2021). Konstribusi Kebangsaan Kiai Hasyim Asy’ari: Membangun Relasi Harmonis Islam dan Indonesia. Akademika, 15(1).
Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



