PELAJAR BERKARAKTER DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY'ARI

Penulis

  • Farhad Ali Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8611

Kata Kunci:

K.H. Hasyim Asy'ari, Character

Abstrak

Seeing the importance of character education in the school environment K.H. Hasyim Asy'ari offers a solution through his work entitled Adabul Alim Wal Mutaalim. The book provides explanations and guidelines about character education in Islam. K.H. Hasyim Asy'ari is a scholar and national figure in Indonesia. His views on character education are very complete. According to him, the main goal of character education is the improvement of manners and morals. So it is necessary to cultivate adab and morality for students. In his work, K.H. Hasyim Asy'ari really upholds the problem of education, especially character education.

Melihat pentingnya pendidikan karakter di lingkungan sekolah  K.H.Hasyim Asy'ari menawarkan sebuah solusi melalui karya beliau yang berjudul Adabul Alim Wal Mutaalim. kitab tersebut memberikan penjelasan dan pedoman seputar pendidikan karakter dalam islam. K.H.Hasyim Asy'ari adalah seorang ulama dan tokoh nasional di Indonesia. Pandangan beliau seputar pendidikan karakter sangatlah lengkap. Tujuan utama pendidikan karakter menurut beliau adalah penyempurnaan adab dan Akhlak. Sehingga perlu adanya penanaman adab dan Akhlak bagi peserta didik. Dalam karyanya K.H.Hasyim Asy'ari sangat menjungjung tinggi masalah pendidikan terlebih lagi pendidikan karakter

Referensi

Amiruddin, M. F. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 17–31.

Asy’ari, M. H. (2014). Pendidikan Karakter Khas Pesantren: Terjemah Adabul Alim wal Muta’allim. Genius Media.

Ibad, R., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter siswa di masa pandemi, siapa yang bertanggung jawab? Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 197–208.

Jama’ah, B. I. (2009). Tadzkirat al-Sami’wa al-Mutakallim fi Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Daar Al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1354.

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Respect And Responsibility. New York: Bantam Books.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20.

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.

Ramdani, S., Tafsir, A., & Sukandar, A. (2021). Etika Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’Allim Serta Relevansinya Terhadap Generasi-Z. Edukasi: Journal of Educational Research, 1(3), 100–123.

Ritonga, H. J. (2020). Manajemen waktu dalam islam. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen, 7(1).

Sholikah, S. (2015). Pendidikan Karakter Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adâb al-‘Âlim wa al-Muta ‘allim. Maraji: Jurnal Ilmu Keislaman, 2(1), 117–143.

Sholikah, S., & Mumtahanah, N. (2021). Konstribusi Kebangsaan Kiai Hasyim Asy’ari: Membangun Relasi Harmonis Islam dan Indonesia. Akademika, 15(1).

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Ali, F., & Alim, A. (2023). PELAJAR BERKARAKTER DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY’ARI. TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 143–154. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8611

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>