Pelajar berkarakter dalam filsafat pendidikan KH. Hasyim Asy'ari

Authors

  • Farhad Ali Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Akhmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8611

Keywords:

Pendidikan Adab, Pelajar Berkarakter, Filsafat Pendidikan

Abstract

Thomas Licona identified ten signs of a nation's decline and destruction, including increased violence among teenagers, deteriorating language use, peer group influence in violence, self-destructive behaviour, blurred moral guidelines, declining work ethic, low respect, low individual responsibility, a culture of dishonesty, and mutual suspicion and hatred. Some of these signs have been seen among teenagers today, so it is important to instil good manners education. The purpose of this research is to trace the educational philosophy of KH. Hasyim Asy'ari, an Indonesian scholar and national figure, who offers solutions to educational problems through his work entitled "Adabul Alim Wal Mutaalim". The method used in this research is literature study. The summary results show that character education based on the work of K.H. Hasyim Asy'ari can help improve student character. In conclusion, character education with the approach of adab and morals is important to form a generation that has good morality.

Abstrak

Thomas Licona mengidentifikasi sepuluh tanda kemunduran dan kehancuran suatu bangsa, di antaranya meningkatnya kekerasan di kalangan remaja, penggunaan bahasa yang memburuk, pengaruh peer group dalam tindak kekerasan, perilaku merusak diri, kaburnya pedoman moral, menurunnya etos kerja, rendahnya rasa hormat, rendahnya tanggung jawab individu, budaya ketidakjujuran, dan rasa saling curiga dan kebencian. Tanda-tanda tersebut sebagian sudah terlihat di kalangan remaja saat ini, sehingga penting untuk menanamkan pendidikan adab yang baik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan penelusuran filsafat pendidikan KH. Hasyim Asy'ari, seorang ulama dan tokoh bangsa Indonesia, yang menawarkan solusi permasalahan pendidikan melalui karyanya yang berjudul "Adabul Alim Wal Mutaalim". Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Hasil ringkasan menunjukkan bahwa pendidikan karakter berdasarkan karya K.H. Hasyim Asy'ari dapat membantu meningkatkan karakter siswa. Simpulannya, pendidikan karakter dengan pendekatan adab dan akhlak penting untuk membentuk generasi yang memiliki moralitas yang baik.

References

Amiruddin, M. F. (2018). Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Hasyim Asy’ari. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 17–31.

Asy’ari, M. H. (2014). Pendidikan Karakter Khas Pesantren: Terjemah Adabul Alim wal Muta’allim. Genius Media.

Ibad, R., & Muhid, A. (2022). Pendidikan karakter siswa di masa pandemi, siapa yang bertanggung jawab? Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 197–208.

Jama’ah, B. I. (2009). Tadzkirat al-Sami’wa al-Mutakallim fi Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Daar Al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1354.

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Respect And Responsibility. New York: Bantam Books.

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan karakter menurut kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57.

Pakpahan, P. L., & Habibah, U. (2021). Manajemen Program Pengembangan Kurikulum PAI dan Budi Pekerti dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa: Management of IRE Curriculum Development Program and Character in Forming Student’s Religious Character. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 1–20.

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317–329.

Ramdani, S., Tafsir, A., & Sukandar, A. (2021). Etika Pembelajaran Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’Allim Serta Relevansinya Terhadap Generasi-Z. Edukasi: Journal of Educational Research, 1(3), 100–123.

Ritonga, H. J. (2020). Manajemen waktu dalam islam. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen, 7(1).

Sholikah, S. (2015). Pendidikan Karakter Menurut KH Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adâb al-‘Âlim wa al-Muta ‘allim. Maraji: Jurnal Ilmu Keislaman, 2(1), 117–143.

Sholikah, S., & Mumtahanah, N. (2021). Konstribusi Kebangsaan Kiai Hasyim Asy’ari: Membangun Relasi Harmonis Islam dan Indonesia. Akademika, 15(1).

Syafri, U. A. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Ali, F., & Alim, A. (2023). Pelajar berkarakter dalam filsafat pendidikan KH. Hasyim Asy’ari . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 143–154. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8611

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>