Implementasi bimbingan teknis kurikulum merdeka dalam meningkatkan kompetensi guru bidang studi agama di MIN Bukittinggi

Authors

  • Susanda Febriani Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16436

Keywords:

kompetensi guru, kurikulum merdeka, implementasi kurikulum

Abstract

Supporting the vision of Indonesian education, and as part of efforts to restore learning, the independent curriculum was developed as a curriculum framework that is more flexible, while focusing on essential material and developing the character and competence of students. Efforts to implement the independent curriculum at this time, is one of the efforts to be able to implement in the implementation of the curriculum, and teachers become very important in playing and implementing this independent curriculum to the fullest and can run well. The implementation of technical guidance in the form of training on the implementation of an independent curriculum for teachers was delivered to religious teachers at MIN Bukittinggi. This training is delivered systematically and simply so that it can be understood easily and can have a significant impact in realizing learner-centered education. This research is a qualitative research. The implementation of the activity is divided into 3 stages, namely the preparation stage, the implementation stage, and the reporting stage. The result was an increase in teachers' understanding in three aspects; (1) theoretically, (2) how to implement it, and (3) how to develop the curriculum. The approach of this activity uses a training model (Technical Guidance) so that the improvement of psychomotor aspects is the main aspect to be achieved. In addition to the presentation of material, participants were provided with assignments in the form of worksheets so that in addition to the cognitive aspects, the psychomotor aspects of the participants increased.

Abstrak

Mendukung visi pendidikan Indonesia, dan sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran, kurikulum merdeka dikembangkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel, sekaligus berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Upaya menjalankan kurikulum merdeka pada saat ini, merupakan salah satu usaha untuk dapat mengimplemetasi dalam pelaksanaan kurikulum, dan guru menjadi sangat penting dalam memerankan dan melaksanakan kurikulum merdeka ini secara maksimal dan dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan bimbingan teknis yang dilaksanakan berupa pelatihan tentang implementasi kurikulum merdeka pada guru di sampaikan untuk guru agama yang bernaung di MIN Bukittinggi. Pelatihan ini di sampaikan secara sistematis dan sederhana sehingga mampu difahami dengan mudah serta dapat memberikan dampak yang signifikan dalam mewujudkan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap persiapan, tahap implementasi, dan tahap pelaporan. Hasilnya terjadi peningkatan pemahaman guru dalam tiga aspek; (1), secara teoretis, (2), bagaimana mengimplementasikannya, dan (3), bagaimana mengembangkan kurikulum. Pendekatan kegiatan ini menggunakan model pelatihan (Bimbingan Teknis) sehingga peningkatan aspek psikomotorik menjadi aspek utama yang ingin dicapai. Selain penyajian materi, peserta dibekali dengan penugasan dalam bentuk lembar kerja sehingga selain aspek kognitif, aspek psikomotorik peserta mengalami peningkatan.

References

Abd. Rahim Ruspa, Nirwana, Jusrianto, Busra Bumbungan, Haspidawati Nur, & Daniel Parubang. (2022). Bimbingan Teknis Pemahaman CP, Penyusunan TP/ATP, dan Modul Ajar di SD Negeri 7 Ponjalae Palopo. Abdimas Langkanae, 2(2), 140–149. doi: 10.53769/abdimas.2.2.2022.78

Ahmal, A., Supentri, S., Pernantah, P. S., & Hardian, M. (2020). Peningkatan kompetensi pedagogik guru melalui pelatihan perangkat pembelajaran abad-21 berbasis merdeka belajar di Kabupaten Pelalawan Riau. Unri Conference Series: Community Engagement, 2, 432–439. doi: 10.31258/unricsce.2.432-439

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Melalui Pengintegrasian Kurikulum Merdeka Di Sman 1 2x11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 147–164.

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2024). The Influence Of The Profile Strengthening Of Pancasila Students (P5) Project On Student Character At SMPN 5 Payakumbuh. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).

Budiyono, S. (2021). Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Utbk Tahun 2021. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(3), 291–299. doi: 10.32699/ppkm.v8i3.1870

Deswita, D., Atiyyah, R., Kusuma, A. P., & ... (2023). Bimbingan Teknis Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru Di Ra Al Kautsar. Journal of Social …, 2(2), 174–182.

Diana Kusumaningrum, Yuris Indria Persada, Nanik Ulfa, Abdur Rohman, D. N., & Al-addawiyah, Imro’atus Sa’diyah, Nurlaili Fauziah, Fauziah Apriani, F. ‘Arfatul ‘Iyad. (2024). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Workshop Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(1), 20–25.

Fauziah, F., Firman, F., & Ahmad, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Keguruan, 1(1), 126–132.

Febriani, S., Iswantir, M., & Sari, F. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam Di Min Kota Bukittinggi. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 200–215.

Febrianningsih, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3335–3344. doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4686

Habibah, M. (2022). Pengembangan Kompetensi Digital Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Dalam Kerangka Kurikulum Merdeka. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 76–89. doi: 10.30762/sittah/v3i1.11

Haetami, A., Hamsiah, A., Hayati, N., Pratiwi, E. Y. R., & others. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 173–179.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, T., & Ali Fakhrudin, Hamdani, S. (2022). PENGEMBANGANN KURIKULUM MERDEKA. In Экономика Региона. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Metty Agustine Primary, Rahmat, Neni Marlina, F. S. (2024). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Sebagai Bentuk Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Profesi Guru Bahasa Inggris Smp Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 12–16.

Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., & ... (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani : Indonesian Journal Of Civil Society, 5(1), 72–82. doi: 10.35970/madani.v1i1.1697

Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Lembaga Pendidikan Islam Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 5(1), 43–57. doi: 10.15642/japi.2023.5.1.43-57

Nirmala, S. D. (2023). Bimbingan Teknis Penguatan Kinerja Kepala Sekolah Dan Guru Andalan Di Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi. Community Development Journal …, 4(2), 3255–3261.

Pujiarti, E., Purba, F. D., Ahmadi, K. D., & Mulya, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di SMKS 2 Tamansiswa Pematangsiantar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(1), 11–18. doi: 10.30596/jppp.v4i1.13586

Rima Meilita Sari, Tengku Muhammad Sahudra, Faiz Urfan, dan R. (2024). Penguatan Kompetensi Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pelatihan Teknologi Digital Berbasis Website Terintegrasi pada Guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 90–98.

Saputra, F. R. (2023). Inovasi Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Penggunaan Platform Merdeka Mengajar. Conferences Series Learning Class, 36, 338–350.

Sinaga, M. N. (2023). Strategi Praktis Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Lansia Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional “Peran Manajemen Pendidikan Untuk Menyiapkan Sekolah Unggul Era Learning Society 5.0” Departemen Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, 150–156.

Syahtriatna Djusar, Elvira Asril, Ahmad Zamsuri, F. A. S. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bengkalis Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service, 4(1), 92–101.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Susanda Febriani, Sesmiarni, Z., & Akhyar, M. (2024). Implementasi bimbingan teknis kurikulum merdeka dalam meningkatkan kompetensi guru bidang studi agama di MIN Bukittinggi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), 113–122. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16436

Issue

Section

Articles