Supervisi berbasis Islamic Worldview: Studi kasus peningkatan mutu standar Isi di SMP Al-Qur'an

Penulis

  • Zubair Qudsi El Hanif STIPI Maghfirah Bogor
  • Ardi Suryadin STIPI Maghfirah Bogor
  • Wido Supraha Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kasmen Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.21397

Kata Kunci:

Islamic worldview, Kurikulum, Pendidikan Islam, Standar Isi, Supervisi

Abstrak

supervisi berbasis Islamic Worldview dapat meningkatkan mutu standar isi di SMP Qur'an. Krisis terbesar umat Islam saat ini adalah tantangan internal dan eksternal, termasuk globalisasi dan sekularisasi sistem pendidikan yang telah mengubah keyakinan masyarakat Indonesia menjadi berlandaskan pandangan dunia sekuler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendapatkan hasil yang rinci dan mendalam. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi.Hasilnya menunjukkan bahwa, meskipun SMP Qur'an telah berhasil mengintegrasikan kurikulum umum dan agama, masih ada beberapa area yang perlu diperbaiki. Temuan utama yang perlu perbaikan meliputi belum diterapkannya konsep fardhu 'ain dan fardhu kifayah , kurikulum nasional yang belum sepenuhnya diislamisasi , serta Al-Qur'an yang belum menjadi inti dari kurikulum. Penelitian ini menyoroti pentingnya mendasarkan supervisi pendidikan pada Islamic Worldview untuk mengatasi masalah-masalah ini dan memastikan bahwa pendidikan benar-benar menumbuhkan iman dan akhlak mulia siswa. Dampak dari penelitian ini adalah pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan implementasi dan pemberian rekomendasi praktis untuk meningkatkan supervisi kurikulum di lembaga pendidikan Islam.

Referensi

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., … Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179. doi: 10.25157/wa.v9i2.7639

Ahmad, J. (2023). Self-Regulation & Self Regulated Learning Dalam Pendidikan Islam. Jakarta selatan: Islamic Character Development.

Amrullah, K., Khakim, U., Hadi, S., & Sidik, A. (2021). Dari Pembebasan Jiwa kepada Islamisasi Ilmu (Membaca Pemikiran Al-Attas). Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 19(2). doi: 10.21111/klm.v19i2.6655

Ardiansyah. (2020). Konsep Adab Syed Naquib Al Attas. Depok: At Takwa.

Arifandi, A. S. D., Faqih, R. B. & Kurniawan, S. (2020). Konsep Kepribadian Murid Kepada Guru Perspektif KH. M Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa AlMuta’aliim”. Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman, Vol. 4(No. 1).

Attas, S. N. Al. (2001). Risalah Untuk Kaum Muslimin. Kuala Lumpur: ISTAC.

Attas, S. N. Al. (2011). Islam dan Sekulerisme (2nd ed.). Bandung: PIMPIN.

Hanif, Z. Q. El. (2025). The Role of Tadabbur Al-Qur’an in Forming the Islamic Worldview. 10(1).

Hassanah, I., Pratidina, I., Untari, S., Sumardjoko, B., & Fauzi Ati, E. (2024). Peran Supervisi Pelaksanaan Kurikulum dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2119–2130.

Hosni, A. F. (2023). Iman Sebelum Al Qur’an. Sidoarjo: Pustaka Cahaya Peradaban.

Husaini, A. (2023). Pendidikan Islam. Depok: At Taqwa.

Kadir, I. (2021). Pendidikan Sebagai Ta’dib. Mataram: Pustaka Amanah.

Kilani, M. I. Al. (n.d.). Manahij At Tarbiyah Al Islamiyah Wa Al Murabbuna Al ’Amiluna Fiiha.

Maila Rahayu, A., Supraha, W., & Mansur Tamam, A. (2021). Pengembangan Supervisi Proses Pembelajaran Berbasis Worldview Islam Pada Pendidikan Dasar. Rayah Al-Islam, 5(02), 668–687. doi: 10.37274/rais.v5i02.492

Maunah, B. (2017). Supervisi Pendidikan Islam Teori dan Praktek. Depok: Kalimedia.

Rahman, R. A., Ashari, M. A., Amir Reza Kusuma, & Alfiansyah, I. M. (2024). Pendidikan Aqidah Sebagai Landasan Karakter Seseorang Di Perguruan Tinggi. Edunomika, 08(01), 1–23.

Rosyada, D. (2020). Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

S. Nasution. (2014). Asas-Asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Saifuddin, A. F., & Karomi, K. (2023). Analisis Respons Fazlur Rahman terhadap Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 21(2), 241–262. doi: 10.21111/klm.v21i2.12222

Sastra, A. (2014). Filosofi Pendidikan Islam. Bogor: Darul Muttaqien Press.

Sugiono. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan.

Suwaid, M. N. A. H. (2010). Prophetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-u Meida.

Tamam, A. M. (2017). Islamic Worldview Paradigma Intelektual Muslim. Jakarta: Spirit Media.

Thuraifi, A. A. A. (2018). Mukhtashor Lathoif Al Ma’arif Li Ibni Rajab. Riyadh: Dar Ibnu Al Jauzi.

Wido Supraha. (2020). Pemikiran Goerge Sarton & Panduan Islamisasi Sains. Depok: Adab Insan Mulia.

Zarman, W. (2020). Pendidikan IPA Berlandaskan Nilai Keimanan: Konsep dan Model Penerapannya. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Diterbitkan

2025-10-31

Cara Mengutip

El Hanif, Z. Q., Suryadin, A., Supraha, W., Lisnawati, S., & Kasmen. (2025). Supervisi berbasis Islamic Worldview: Studi kasus peningkatan mutu standar Isi di SMP Al-Qur’an. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(5), 466–480. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i5.21397

Terbitan

Bagian

Articles