PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) KOTA BOGOR

Penulis

  • Devi Fatimah Oktaviani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Santi Lisnawati Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.14445

Kata Kunci:

Metode joyfull learning berbasis teams games tournament, hasil belajar, akidah akhlak

Abstrak

Metode pembelajaran adalah suatu cara dan upaya yang ditempuh oleh pendidik dalam mengajar demi tecapainya tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran pendidik kurang bervariasi dalam menggunakan metode belajar alhasil pembelajaran terkesan tidak menyenaangkan dan mudah terasa bosan karena cenderung menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran akidah akhlak yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik MTs Persatuan Ummat Islam (PUI) Kota Bogor yaitu dengan adanya penerapan metode joyfull learning berbasis teams games tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode joyfull learning berbasis teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Persatuan Ummat Islam (PUI) Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII-1 dan VIII-2 yang berjumlah 46 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh menggunakan metode joyfull learning berbasis teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Persatuan Ummat Islam (PUI) Kota Bogor. Terlihat dari hasil uji hipotesis menggunakan rumus t tabel yang menunjukan t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 7,023 > 2,015. Kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 61,74 dan nilai posttest sebesar 67,39. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 56,96 dan nilai posttest sebesar 90,00. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar pendidik dapat menerapkan metode joyfull learning berbasis teams games tournament dalam pembelajaran akidah akhlak dengan materi yang lain.

Referensi

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214–220. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825

Asmara, P., Dzulmandho, J., Zakiyah, S., & Hidayat, M. (2021). Analisis Penggunaan Model Kooperatif Tipe Nht & Tgt Pada Masa Pandemi Dalam Pembelajaran Fisika Disman 2 Muratara. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 1–7. https://prosiding.biounwir.ac.id/article/view/193

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=A6fRDwAAQBAJ

EduChannel. (2021). Model Pembelajaran Teams Games Tournament. https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-teams-games-tournament.html

Elisa, E. (2022). Pengertian Pembelajaran. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-pembelajaran.html

Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362

Hamzah, N. M. (2022). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran Yang Bercirikan Palkem. 7.

Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111.

Hasibuan, A. T., Ananda, F., Mawaddah, Putri, R. M., & Siregar, S. R. A. (2022). Kreativitas Guru menggunakan Metode Pembelajaran PKn di SDN 010 Hutapuli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9946–9956. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/3997

Hasil. (n.d.). https://kbbi.web.id/hasil

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20821

Marlina, L., & Solehun. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 66–74. https://unimuda.e-journal.id/jurnalbahasaindonesia/article/download/952/582

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Musbhirah, Q. U., Muntari, M., & Idrus, S. W. Al. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Media Kartu Aksi Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Pada Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Model Mataram. Chemistry Education Practice, 1(1), 27–33.

Nurjaman, A. (n.d.). Joyful Learning Mencuatkan Kreativitas Siswa (Guepedia (Ed.)). Guepedia.

Nurjanah, S., Yahdiyani, N. R., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns, 2(1), 366–377.

Prawiro, M. (2020). Pengertian Metode: Apa Itu Metode, Bagaimana Karakteristiknya. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-metode.html

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Roberta Uron Hurit, Majidatun Ahmala, Tasdin Tahrim, Suwarno, Uswatun Chasanah, Dwi Maryani Rispatiningsih, Rahmawida Putri, Rachmat Satria, Moh. Isbir, R. J. (2021). Belajar dan Pembelajaran (M. Suardi (Ed.)). Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=vLc8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=belajar+adalah&ots=-Hqn83xutQ&sig=zKSjg1khdHcOBHIVXXnkkFnviDw&redir_esc=y#v=onepage&q=belajar adalah&f=false

Rohani, A., Nurhalizah, Wandini, R. R., & Ritonga, S. (2021). Pengaruh metode joyfull learning terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial peserta didik kelas V sekolah dasar. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 208–215.

Rusydi, I. (2018). Pengaruh pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak hubungannya dengan akhlak siswa di sekolah (penelitian di mts al-ghozali kab. indramayu). Risalah; Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(December), 133–140. https://doi.org/10.5281/zenodo.1255354

Santoso, I., Madiistriyatno, H., & Rachmatullah, A. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media. https://books.google.co.id/books?id=bRFTEAAAQBAJ

Seran, E. B., Ladyawati, E., & Susilohadi, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2:), 115–120. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.2:.1749.115-120

Solihin, R. (2021). AKIDAH AKHLAK DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9dIeEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=akidah+akhlak&ots=rGnjxiV-K2&sig=i7aarpAF8oS0C35EEsYh-Mc7Rxs&redir_esc=y#v=onepage&q=akidah akhlak&f=false

Sudarta, I. N. (2019). Nomor 26 Tahun XXI Oktober 2019 ISSN 1907 – 3232 Nomor 26 Tahun XXI Oktober 2019 ISSN 1907 – 3232. 102–112.

Sufiani, S., & Marzuki, M. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 7(1), 121. https://doi.org/10.31332/zjpi.v7i1.2892

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Y. Yuniarsh (Ed.); 1st ed.). Alfabeta.CV.

Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.

Wahyudi, D. (2017). Pengantar Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. Perpustakaan Nasional. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=iUI9DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=akidah+akhlak&ots=kfDBEmHaM1&sig=zV5CNJjsmHttFVepcCkoqkiyn2I&redir_esc=y#v=onepage&q=akidah akhlak&f=false

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 1(1), 111.

Diterbitkan

2023-08-28

Cara Mengutip

Devi Fatimah Oktaviani, & Lisnawati, S. (2023). PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS PERSATUAN UMMAT ISLAM (PUI) KOTA BOGOR . Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(2), 141–156. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.14445

Terbitan

Bagian

Articles