Tantangan Guru terhadap Perkembangan Teknologi Agar Memanfaatkan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa

Penulis

  • Ramadhoni Aulia Gusli Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supratman Zakir Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri Syaikh M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15418

Kata Kunci:

Teknologi, Pendidikan, Artificial Intelligence

Abstrak

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu masih sering sekali guru menyampaikan materi dengan cara seperti biasanya dan bila bisa memanfaatkan teknologi dan AI sedangkan dunia sudah berkembang salah satunya yaitu perkembangan teknologi dan AI di lembaga pendidikan. Jadi lembaga pendidikan harus mengikuti perkembangan teknologi dan AI di dalam proses belajar mengajar agar mutu pendidikan baik itu siswa, guru mapun lembaga pendidikan tersebut. Ini tantangan lembaga pendidikan agar berubah ke lebih baik lagi agar memanfaatkan teknologi dan AI di dalam proses belajar mengajar ini adalah sebuah tantangan yang harus diterapkan dilembag pendidikan. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu : observasi, wawancara, pengamatan dilapangan dan mendapatkan data-data penelitian dijurnal penelitian sebelumnya yang sesuai dengan judul yang peneliti angkat. Hasil dari penelitian yaitu: para pagu atau lembaga pendidik sudah merasakan dan memanfaatkan perkembangan teknologi dan AI dalam melaksanakaan proses belajar dan mengajar. Dengan manfaatkan AI banyak kemudahan dan keuntungna yang didapatkan salah-satunya mempermudah guru dan meningkatkan mutu pendidikan. Jadi dengan adanya pekembangan teknologi dan Ai ini sangatlah mebantu para tenaga pendidikan dalam proses belajar dan mengajar sehingga mutu pendidikan bertamabh meningkat secara efektif dan efesien.

Kata kunci: Teknologi, Artificial Intelligence, Pendidikan

Referensi

Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi AI Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. SINAR DUNIA Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393

Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731

Akmal, H., & Susanto, H. (2018). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphonr Sebagai Media Pengenalan Lokal Masa Revolusi Fisi Di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. 6.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Fadhlurrahman, Hanifah, Y., Aulassyahied, Q., Putri, A. K., Roihanah, & Sabilla, R. (2023). Peluang dan Tantangan Artificial Intelligenci Bagi Guru Tenaga Kependidikan MA Alam Muhammadiyah 5 Sidoharjo, Pulung, Ponorogo. PROSIDING SNPPM-5 (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Tahun 2023 Universitas Muhammadiyah Metro E-ISSN:, 5(c), 312–325.

Fauzi, A. (2017). Manajemen Dana Dan Sumber Dana Pondok Pesantren. Tasyri’, 24(1), 59–75.

Hidayah, Y., Kurniawan, I. D., & Ginusti, N. G. (2023). Penggunaan Literasi Informasi untuk Pengembangan Watak Kewarganegaraan: Interaksi antara Pendidikan Kewarganegaraan, Teknologi dan Bahasa. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 8(1), 65–75.

Mambu, J. G. Z., Pitra, D. H., Rizki, A., Ilmi, M., Nugroho, W., Leuwol, N. V, … Saputra, A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 06(01), 2689–2698.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55.

Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. rahma, & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Ngintung, R., Kurnia, N., Puspitasari, D., Sukamto, A., Wulansari, I., & Ristiana, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Desain Media Pembelajaran Bagi Guru SD Gugus 3 Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 65–71.

Nurfadhillah, S., Wahidah, Adelia Ramadhanty Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 289–298.

Rachbini, W., Evi, T., & Suyanto. (2023). Pengenalan Chatgpt: tips dan trik bagi pemula. CV. Aa Rizky.

Sembiring, S. N. B., Winata, H., & Kusnasari, S. (2022). Pengelompokan Prestasi Siswa Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Sistem Informasi Triguna Dharma (Jursi Tgd), 1(1), 31–4.

Sidabutar, H., & Munthe, H. P. (2022). Artificial Intelligence dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 76–90.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-11-17

Cara Mengutip

Aulia Gusli, R., Zakir, S., & Akhyar, M. (2023). Tantangan Guru terhadap Perkembangan Teknologi Agar Memanfaatkan Artificial Intelligence Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4(3), 229–240. https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i3.15418

Terbitan

Bagian

Articles