Adab Guru Menurut Pemikiran Imam Al-Nawawi dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta'allim
DOI:
https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4365Kata Kunci:
Adab, Guru, Imam NawawiAbstrak
This paper aims to know the adab of teachers when doing teaching activities according to the thinking of Imam al-Nawawi in his work Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'alim, which is also obtained other adab-adab for a teacher in this study consisting of adab as a teacher against himself, and adab teacher to his lessons and busyness. This research method uses descriptive methods whose analysis is done qualitatively. The technique of data collection is done through library research by reading, recording and processing research materials. The results of this study summarized four important points about a teacher's adab against him, then adab teacher to the lesson and his busyness consists of important issues that were successfully formulated by researchers, as well as approximately 14 adab that must be applied by a teacher when doing the process of teaching knowledge to his students.
Abstrak
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui adab guru ketika melakukan aktivitas pengajaran menurut pemikiran Imam al-Nawawi dalam karyanya Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'alim, yang mana didapatkan pula adab-adab yang lain bagi seorang guru dalam kajian ini yang terdiri dari adab seornag guru terhadapa dirinya, dan adab guru terhadap pelajaran dan kesibukannya. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang analisisnya dilakukan secara kualitatif. Tekhnik pengumpulan datanya dilakukan melalui studi kepustakaan (library research) dengan cara membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini dirangkum empat poin penting mengenai adab seorang guru terhadap dirinya, kemudian adab guru terhadap pelajaran dan kesibukannya terdiri dari tuju poin penting yang berhasil dirumuskan oleh peneliti, serta kurang lebih 14 adab yang mesti diterapkan oleh seornag guru ketika melakukan proses mengajarkan ilmu kepada peserta didiknya.
Referensi
al-‘Ied, I. D. (2013). Syarah Hadits Al-Arba'in. Solo: At-Tibyan.
Al-Baihaqi. (n.d.). Al-Madkhal Ilaa As-Sunan Al-Kubra; Bab Tauqir Al-‘Alim wal ‘Ilmi.
Al-Qarni, A. (2006). Memahami Semangat Zaman. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.
Al-Suyuthi. (n.d.). Al-Jaami' al-Shaghir fi Ahadits al-Basyir al-Nazir. al-Qathirah: Dar al-Fikr.
An-Nawawi, I. (1987). Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'allim. Maktabah Al-Shahabah.
Aprillah, A. (2014, June 10). Implementasi Kurikulum 2013 dan Kesiapan Guru, [Online]. Retrieved from https://www.academia.edu
Bensley, R. J., & Brookins, J. (2009). edisi terjemah: Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: EGC.
Husaini, A. (2011). Pendidikan Islam: Membentuk Manusia Berkarakter Dan Beradab. Komunitas Nuun Dan Pasca Sarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Islam, S. (n.d.). Tiga Gadis Diperkosa Sembilan Pemuda. Retrieved from http://news.okezone.com.
Lia. (2014). Guru Tuduh Siswi Tidak Perawan. Retrieved from http://www.merdeka.com/peristiwa/.
Munawwir, A. W. (2002). Kamus Al-Munawir Arab-Indonesia Lengkapr, edisi 2. Surabaya: Pustaka progresif.
Qayyim, I. (n.d.). Madaarij al-Saalikin (Vol. 2). Vol. 2.
Ramayulis. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sanusi. (2014). Guru Ngaji Cabuli Murid. Retrieved from http://www.tribunnews.com/regional/
Sidik, S. (2014). Guru Ngaji Cabuli Lima orang Santri. Retrieved from http://news.okezone.com.
Sunaryo, A. (2014). Pelipis Lebam dilempar Penghapus. Retrieved from http://www.merdeka.com/peristiwa.
Tafsir, A. (2008). Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Team Darul Haq, Imam An-Nawawi. (n.d.). Retrieved from http://www.darulhaq.com/
Zubaidah, N. (2014, June 10). Implementasi Kurikulum 2013 Banyak Guru Gagal Paham, [Online]. Retrieved from http://nasional.sindonews.com
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.