Peran transformatif perguruan tinggi Islam bagi kemajuan ilmu, kebudayaan dan peradaban di Indonesia

Authors

  • Abuddin Nata Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.9118

Keywords:

Ilmu, Kebudayaan, Peradaban, PTI, Transformasi

Abstract

Indonesia is a country that has the largest number of Islamic universities in the world. Currently, there are fifty-eight state Islamic universities under the Ministry of Religion of the Republic of Indonesia, and thousands of Islamic universities under community (private) management. The presence of Islamic tertiary institutions in various forms and types has encouraged the birth of vertical and horizontal mobility of santri and rural communities to subsequently appear as a new middle class and social elite capable of occupying various strategic positions in government, private sector, and others. Through the role of Islamic university graduates, there has been a transformation of Islamic teachings in all aspects of life: social, economic, political, cultural, artistic, and so on. With this transformation, Islamic tertiary institutions have made a huge contribution to the realization of justice and prosperity, not only for Muslims themselves but for all Indonesian people and the world in general.

 

Abstrak

Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah perguruan tinggi Islam terbanyak di dunia. Saat ini terdapat lima puluh delapan perguruan tinggi Islam negeri yang berada di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia, dan ribuan perguruan tinggi Islam yang berada di bawah pengelolaan masyarakat (privat). Kehadiran perguruan tinggi Islam dengan berbagai bentuk dan jenisnya telah mendorong lahirnya mobilitas vertikal dan horizontal bagi kaum santri dan masyarakat perdesaan untuk selanjutnya tampil sebagai kelas menengah dan elite sosial baru yang mampu menduduki berbagai posisi strategis baik di pemerintahan, swasta dan lainnya. Melalui peran yang dilakukan oleh para lulusan perguruan tinggi Islam, telah berlangsung transformasi ajaran Islam dalam seluruh aspek kehidupan: sosial, ekonomi, politik, budaya, seni, dan lain sebagainya. Dengan transformasi ini perguruan tinggi Islam telah memberikan sumbangan yang amat besar bagi terwujudnya keadilan dan kesejahteraan bukan hanya untuk orang Islam sendiri, melainkan bagi seluruh masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya.

Author Biography

Abuddin Nata, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia

Google Scholar: zrGQ-rAAAAAJ

Downloads

Published

2023-02-28

How to Cite

Nata, A. (2023). Peran transformatif perguruan tinggi Islam bagi kemajuan ilmu, kebudayaan dan peradaban di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 84–104. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.9118

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>