Program mentoring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum

Authors

  • Ridwan Abdul Gani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.17606

Keywords:

Mentoring, Pendidikan Agama Islam (PAI), Perguruan Tinggi Umum (PTU)

Abstract

Learning Islamic Religious Education (PAI) in public universities still faces various challenges, such as learning strategies, quality of lecturers, as well as curriculum and number of credits. This research aims to: (1) analyze Hasan Al-Banna's Usrah program in the book Wasailut Tarbiyah Inda Ikhwanil Muslimin by Ali Abdul Halim Mahmud, (2) analyze the PAI Assistance program at Bogor Agricultural University (IPB University), and (3) formulate a PAI Mentoring program design that can be applied in public universities. This research used a qualitative approach with literature study and field research methods. The literature study was conducted through book content analysis to understand the structure and components of the usrah program, while the field study was conducted by observing the practice of PAI Mentoring program at IPB. The results showed that there are fundamental similarities between the two programs, which consist of 12 main components including objectives, participants, educators, management, time, place, methods, curriculum, regulations, evaluation, facilities, as well as financial management and problems. These similarities are then synthesized into a PAI Mentoring program model that can be a reference for implementation at PTU. The conclusion of this study confirms the importance of preparing a clear, relevant, sustainable, innovative, and collaborative mentoring program to be effective in fostering students.

Abstrak

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum masih menghadapi berbagai tantangan, seperti strategi pembelajaran, kualitas dosen, serta kurikulum dan jumlah SKS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis program Usrah Hasan Al-Banna dalam kitab Wasailut Tarbiyah Inda Ikhwanil Muslimin karya Ali Abdul Halim Mahmud, (2) menganalisis program Asistensi PAI di Institut Pertanian Bogor (IPB University), dan (3) merumuskan desain program Mentoring PAI yang dapat diterapkan di perguruan tinggi umum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka dan penelitian lapangan. Studi pustaka dilakukan melalui analisis isi kitab untuk memahami struktur dan komponen program usrah, sedangkan studi lapangan dilakukan dengan mengamati praktik program Asistensi PAI di IPB. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesamaan mendasar antara kedua program, yaitu terdiri dari 12 komponen utama yang meliputi tujuan, peserta, pendidik, manajemen, waktu, tempat, metode, kurikulum, peraturan, evaluasi, sarana, serta pengelolaan keuangan dan masalah. Kesamaan ini kemudian disintesis menjadi model program Mentoring PAI yang dapat menjadi acuan pelaksanaan di PTU. Simpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya penyusunan program mentoring yang jelas, relevan, berkelanjutan, inovatif, dan kolaboratif agar efektif dalam membina mahasiswa.

References

Al-Banna, H. (2015). Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin Jilid I (cetakan ketiga belas. Solo: Era Adicitra Intermedia.

Fuad, A. J. (2019). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Pada Perguruan Tinggi Umum Swasta Berbasis Agama. Conference on Islamic Studies Fai 2019, 194–205. Retrieved from https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cois/article/view/8064

Hambali, D., & Asyafah, A. (2020). Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam di pendidikan tinggi vokasi. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 18(2).

Indonesia, P. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , (2003).

Mahmud, A. A. H. (1999). Perangkat-perangkat Tarbiyah Hasan Al-Banna. Solo: Era Adicitra Intermedia.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif.

Nasih, A. M., Syafaat, A. S., Rif’an, A., & Amrullah, Z. (2015). Menyemai Islam Ramah di Perguruan Tinggi. Malang: Dream Litera.

Nurmela, S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2025). Tantangan Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi Umum. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 33–41.

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. doi: 10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif,dan kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TPAI, I. P. (2022). Pedoman Asistensi PAI. IPB press.

Downloads

Published

2025-04-26

How to Cite

Gani, R. A., & Indra, H. (2025). Program mentoring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 71–82. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.17606

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>