Analisis Pemahaman Guru Terhadap Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PTK) Di Tingkat SMP/MTS

Authors

  • Eva Karlina Dwi Astuti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Chaerul Rochman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ida Farida Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.3150

Keywords:

Pemahaman Guru, Standar Pendidik, Tenaga Kependidikan

Abstract

Teachers' understanding of aspects related to the standards of educators and education personnel is very important to realize quality education. For this reason, through this research, an analysis of the standards of educators and education staff has been carried out in order to achieve the success of an education. This study aims to interpret or illustrate the data accompanied by the achievement of an understanding of the standard of educators and education staff on PAI Teachers and Non PAI Teachers. This research method is quantitative descriptive. The instrument for collecting data uses questionnaires and interviews. Based on the analysis of data on the understanding of PAI Teachers and Non PAI Teachers that there are indicators whose percentage qualification scores are lacking, namely the 2nd and 17th indicators. The comparison of the percentage of PAI and Non-PAI teachers' understanding of the standards of educators and education personnel is 78.7% and 78.4%. The results of the triangulation of respondents there are three indicators: the 2nd indicator from PAI teachers and the 16th indicators and the 17th indicators from Non-PAI teachers, so there is a need for more attention and improvement by schools to the difficulties faced in the standards of educators and educational.

Abstrak

Pemahaman guru terhadap aspek-aspek yang terkait dengan standar pendidik dan tenaga pendidikan sangat penting untuk merealisasikan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Untuk itu melalui penelitian ini telah dilakukan analisis terhadap pemahaman standar pendidik dan tenaga kependidikan guna mencapai keberhasilan dari suatu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penafsiran atau menggambarkan data disertai dengan ketercapaian pemahaman standar pendidik dan tenaga kependidikan pada Guru PAI dan Guru Non PAI. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Instrumen untuk mengumpulkan data menggunakan angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data pemahaman Guru PAI dan Guru Non PAI bahwa terdapat indikator yang nilai kualifikasi prosentasenya kurang yaitu pada indikator ke-2 dan indikator indikator ke-17. Perbandingan prosentase pemahaman Guru PAI dan Non PAI terhadap standar pendidik dan tenaga kependidikan ialah 78,7 % dan 78, 4 %. Hasil triangulasi responden ada tiga indikator yaitu: indikator ke-2 dari Guru PAI dan indikator ke-16 serta indikator ke-17 dari Guru Non PAI, sehingga perlu adanya perhatian lebih dan perbaikan oleh sekolah terhadap kesulitan yang dihadapi pada standar PTK.

References

Ayuni, F. N. (2015). Pemahaman Guru terhadap Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Geografi. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 15(No. 2), Hlm 1-7.

Boyd, D., Goldhaber, D., Lankford, H., & Wyckoff, J. (2007). The effect of certification and preparation on teacher quality. The Future of Children, 45–68.

Budiada, K., & Lasia, K. (2014). Strategi Pelayanan Prima Di Laboratorium Jurusan Pendidikan Fisika Fmipa Undiksha Singaraja. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA, 267–274.

Darling-Hammond, L., Holtzman, D. J., Gatlin, S. J., & Heilig, J. V. (2011). Does teacher preparation matter? Evidence about teacher certification, Teach for America, and teacher effectiveness.” education policy analysis archives 13 (2005).Ida Kiantamani Dewi Hermawan. "Evalusi Program SMP Standar Nasional Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Pendidikn Dan Kebudayaan, Vol. 17.

Dewi, Laksmi, & Suhardini, A. D. (2014). Peran Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah/Madrasah. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Em Zul, F., & Senja, R. A. (2008). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Ed. Revisi). Difa Publishers.

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83–92.

Humphrey, D. C., Wechsler, M. E., & Hough, H. J. (2008). Characteristics of Effective Alternative Teacher Certification Programs. Teachers College Record 110, 1-63.

Karenina, A., Anjani, D., Amiela, S. D., & Sajidan, S. (2015). Profil Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan Ketuntasan Belajar Berbasis UN dan Proses Pembelajaran di Salah Satu Sekolah Menengah Pertama di Kab. Magetan. In Prosiding SNPS (Seminar NAsional Pendidikan Sains, Vol. 8, 676–684.

Nurmansyah, F. A. (n.d.). Analisis Kritis tentang Kebijakan Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik. Dosen Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi (IAI) Ngawi.

í–nal, H. ć°. (2005). New Developments On The Turkish School Library Scene. Journal of Librarianship and Information Science, 141–151.

Rahardjo, M. (2019). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. http://www.uin-malang.ac.id/blog/post/read/101001/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif.html

Rahmah, S. (2017). Sertifikasi Sebagai Bentuk Peningkatan Kinerja Pendidik. Jurnal At-Tafkir, Vol. 10(No. 1), 86–101.

Saputra, W. N. A., Jairi, & Rohaetin, S. (2019). Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Negeri 1 Tewang Sangalang Garing Kabupaten Katingan. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), Vol. 11(No. 2), 270–277.

Saputro, B. I., & Amir, C. (2018). Kompetensi Pustakawan Perpustakaan Khusus: Studi Kasus Di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39 (2), 207–218.

Setiawan, I., Rochman, C., & Arifin, B. S. (2019). Analisis Ketercapaian Indikator pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah Cipanas. At-Tarbawi, Volume. 4, 27–40.

Susilo, & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal Solma, Vol. 07, 1227–137.

Zamroni, Edris, & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1.

Downloads

Published

2020-12-29

How to Cite

Astuti, E. K. D., Rochman, C., Farida, I., & Hasanah, A. (2020). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PTK) Di Tingkat SMP/MTS. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 103–112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i2.3150

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)