HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFOMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA GURU

Penulis

  • Enung Wahyuni Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1530

Kata Kunci:

kepemimpinan transformasional, kecerdasan emosional, kepuasan kerja guru.

Abstrak

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mempelajari hubungan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kecerdasan emosional dengan kepuasan kerja guru. Metode yang digunakan yaitu survei dan teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi sederhana dan korelasi ganda serta uji regresi linier sederhana, uji regresi linear ganda dan uji korelasi parsial. Dari hasil penelitian menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: pertama, terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dan kepuasan kerja guru (Y). Kedua, Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara Variabel Kecerdasan Emosional (X2) dengan Kepuasan Kerja Guru (Y). Ketiga Terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) dan Kecerdasan Emosional (X2) secara bersama-sama dengan Kepuasan Kerja Guru (Y). Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan kerja guru dapat ditingkatkan melalui kepemimpinan Transformasional kepala sekolah dan Kecerdasan Emosional.

Biografi Penulis

Enung Wahyuni, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT III/a

Unduhan

Diterbitkan

2019-03-23

Cara Mengutip

Wahyuni, E. (2019). HUBUNGAN ANTARA KEPEMIMPINAN TRANSFOMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA GURU. TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 211–226. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1530

Terbitan

Bagian

Artikel