Revitalisasi karakter islami siswa melalui program Tahsinul Ibadah
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.19877Keywords:
Islamic Character, Worship Habits, Character Education, Karakter Islami, Pembiasaan Ibadah, Pendidikan KarakterAbstract
Various studies show that globalization and technological advances have an impact on the decline in the religiosity of the younger generation. To overcome this, Al Azhar 16 Semarang Islamic High School implemented the Tahsinul Ibadah Program as an effort to revitalize students' Islamic character through systematic worship habits. This study aims to analyze the implementation of the program and its impact on changes in student behavior, using a qualitative case study approach and data collection through observation, interviews, and documentation. The subjects consisted of PAI teachers, vice principal, and six active students from various grade levels. The results showed that the program succeeded in internalizing Islamic values through routine activities such as compulsory prayers in congregation, sunnah prayers, tahsin and tahfidz Al-Qur'an, recitation of the three-language pledge, and religious interactions between teachers and students. Positive changes are seen in the aspects of religiosity, discipline, and responsibility of students. The main contribution of this study is an integrative school culture-based Islamic character building model, which can be adapted by other Islamic education institutions. The sustainability of the program requires collaboration with parents as well as local context adjustment.
Abstrak
Berbagai studi menunjukkan bahwa globalisasi dan kemajuan teknologi berdampak pada menurunnya religiusitas generasi muda. Untuk mengatasi hal ini, SMA Islam Al Azhar 16 Semarang menerapkan Program Tahsinul Ibadah sebagai upaya merevitalisasi karakter Islami siswa melalui pembiasaan ibadah secara sistematis. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi program tersebut dan dampaknya terhadap perubahan perilaku siswa, dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus serta pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek terdiri dari guru PAI, wakil kepala sekolah, dan enam siswa aktif dari berbagai tingkat kelas. Hasil menunjukkan bahwa program berhasil menginternalisasi nilai-nilai Islami melalui kegiatan rutin seperti sholat wajib berjamaah, sholat sunnah, tahsin dan tahfidz Al-Qur’an, pembacaan ikrar tiga bahasa, serta interaksi religius antara guru dan siswa. Perubahan positif terlihat dalam aspek religiusitas, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa. Kontribusi utama studi ini adalah model pembentukan karakter Islami berbasis budaya sekolah yang integratif, yang dapat diadaptasi oleh lembaga pendidikan Islam lain. Keberlanjutan program memerlukan kolaborasi dengan orang tua serta penyesuaian konteks lokal.
References
Abidin, A. M. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.185
Alwi, T., Badaruddin, K., & Febriyanti, F. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur`An Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 756–766. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.466
Cahyo, S. dwi. (2017). Pembiasaan jabat tangan untuk pembentukan karakter santun, disiplin, dan tanggung jawab (penelitian kualitaif di mi ma’arif ngrupit jenangan kabupaten ponorogo). 1–100.
Citra, Y., & Aidah, A. (2024). Ekstrakurikuler Bina Mental Islam (Bintalis) Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di Sma Negeri 12 Medan. … : Jurnal Manajemen Pendidikan …, (02), 737–756. https://doi.org/10.30868/im.v7i02.7158
Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative research designs: Selection and implementation. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264.
Darmawan, W., & Radiansyah, R. (2023). Relevansi Adat Istiadat Gayo Lues dalam Konteks Perubahan Sosial: Perspektif Generasi Muda. Al Mabhats : Jurnal Penelitian Sosial Agama, 8(1), 21–36. https://doi.org/10.47766/almabhats.v8i1.543
Gularso, D., & Indrianawati, M. (2022). Taman Cendekia : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(1), 14–23.
Hadi, S. (2024). Penerapan Layanan Program Keagamaan Dalam Pembenetukan Akhlak Siswa di SMP Islam Asy-Syafi’iyah Desa Sisik Kecamatan Pringgarata. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2816–2823. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2875
Hamid, A., Prasetiya, B., & Santoso, S. A. (2022). Implementasi Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sumberasih. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 1–18.
Handayani, A. B., Widodo, H., & Wahyudi, W. E. (2020). Penerapan Kurikulum Ismuba Terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa Smp Muhammadiyah Banguntapan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 231–243. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4558
Handoko, Y. (2023). Disiplin dan nilai-nilai religius dalam membentuk perilaku tagguh dan tanggung jawab. Indonesian Journal of Islamic Religious Education (INJIRE), 1(2), 201–213. Retrieved from https://injire.org
Hidayanti, N. H. (2023). Upaya Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smp Darussalam Koposari Cileungsi-Bogor. CHATRA: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 33–51. https://doi.org/10.62238/chatrajurnalpendidikandanpengajaran.v1i1.2
Hilda, E. M. (2023). Membangun Koneksi Emosional: Pentingnya Hubungan Guru-Murid dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 241–245. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.100
Husna, R. (2023). Pembinaan Akhlak Terhadap Peserta Didik. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 136–145. Retrieved from https://ejournal.uinib.ac.id/murabby/index.php/murabby/article/view/3451
Kaira Junita, Abdullah Idi, A. R. (2022). Pelaksanaan Program Tahsin dan Tahfidz Al- Qur ’ an dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Muaddib : Islamic Education Journal, 5(2), 107–115.
Laku, S. K., & Siga, W. D. (2016). Pengaruh Modernisasi dan Globalisai Terhadap Pemajknaan Nasionalisme di Kalangan Generasi Muda Katolik. Retrieved from https://journal.unpar.ac.id/index.php/Sosial/article/view/1739
Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1544–1550. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1134/1017
Miles, M., & Huberman, A. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/s0272-4944(05)80231-2.
Moh. Khoirul Anam, A. H. (2023). Implementasi Pembacaan Asmaul Husna Dalam Membentuk Karakter Islami Pada Siswa MTs Al-Azhar Menganti Gresik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Miazhar, 2(2), 51–57. Retrieved from https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/jpaimi/article/view/
Muhammad Abduh Tuasikal. (2009). Shalat Dhuha Dapat Menggantikan Sedekah dengan Seluruh Persendian. Retrieved from Word Press website: https://rumaysho.wordpress.com/2009/01/16/shalat-dhuha-dapat-menggantikan-sedekah-dengan-seluruh-persendian/
Muhammad Shobirin. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alqur’an Dalam Penanaman Karakter Islami. QUALITY, 6(1), 16–30. https://doi.org/10.62145/ces.v2i1.67
Nabilah, R. A. (2024). Makna dan Keutamaan Sholat Berjamaah, Lebih Banyak Orang Lebih Baik. Retrieved from Detik Hikmah website: https://www.detik.com/hikmah/khazanah/d-7166947/makna-dan-keutamaan-sholat-berjamaah-lebih-banyak-orang-lebih-baik
Nisa, A. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 102. https://doi.org/10.22373/je.v4i2.3282
Nur, F. (2011). Gambaran kenakalan siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Jurnal Psikologi, 9(1), 29–40.
Putri, A. R. E., Darmawan, C., & Walian, A. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Program Pembiasaan Sholat Berjamaah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di SMA Aisyiyah 1 Palembang. Social Science and Contemporary Issues Journal, 1(1), 153–160.
Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Jurnal Community Development, 1(2), 38–39. Retrieved from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Kegiatan+Religiusitas+Masyarakat+Marginal+di+Argopuro&btnG=
Rochmiyati, S., Putro, D. B. W., & Lestari, E. (2021). The Implementation Of Discipline And Responsibility Through Procedure Texts In High Schools Studentsâ€TM Textbooks. Tamansiswa International Journal in Education and Science, 2(2), 23–30. https://doi.org/10.30738/tijes.v2i2.9939
Sapitri, I. S. (2020). Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 31–48.
Setyawati, Y., Septiani, Q., Ningrum, R. A., & Hidayah, R. (2021). Imbas Negatif Globalisasi Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 306–315. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1530
Setyosari, P. (2013). Metode penelitian pendidikan dan pengembangan.
Skinner, B. F. (1953). Some contributions of an experimental analysis of behavior to psychology as a whole. American Psychologist, 8(2), 69.
Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Sinar Baru Algesindo. Bandung.
Sugiharto, R. (2017). Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Islami Siswa Melalui Metode Pembiasaan. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.21111/educan.v1i1.1299
Sugiyono, M. (2007). Kualitataif dan r&d, Bandung: Alfabeta, 2010. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D Bandung: Alfabeta, 200, 305.
Suwandi, S., & Widodo, H. (2021). Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 127. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400
Syifa, S. (2022). Dampak Globalisasi terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Retrieved from Kompasiana website: https://www.kompasiana.com/salsabillasyifa2517/62bdc207bb44866d3a2fe952/dampak-globalisasi-terhadap-karakter-peserta-didik-dan-kualitas-pendidikan-di-indonesia
Utami, V. P., & Fathoni, A. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an sebagai Penguatan Karakter Islami Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6329–6336.
Yaqin, M. A. (2016). Pendidikan Agama Islam Dan Penanggulangan Kenakalan Siswa (Studi Kasus MTs Hasanah Surabaya). Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 293. https://doi.org/10.15642/jpai.2016.4.2.293-314
Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., Gradini, E., Firmansyah, F., & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika di MTs Negeri 3 Aceh Tengah. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 205. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1031
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



