Membangun karakter positif generasi Z dan Alpha: Peran metode pengajaran PAI ala Rasulullah

Authors

  • Kafa Muhammad Maulida Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Anisa Dwi Makrufi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.19991

Keywords:

Generasi Alpha, Generasi Z, Metode Pengajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

This research analyzes the importance of fostering positive character development in Generation Z and Alpha growing up in a transformative digital ecosystem. The contemporary socio-technological dynamics have resulted in significant changes in the construction of identity, interaction patterns, and value orientations of both generations, creating challenges and opportunities in the character education process. Islamic Religious Education (PAI) provides an epistemological and methodological foundation based on tawhid to build strong personal integrity through the application of prophetic learning strategies inspired by the prophetic biography, including uswatun hasanah, ta'widiyah, and ta'ziz al-qiyam. Comparative analysis shows that the distinctive characteristics of both generations require a pedagogical approach that is adaptive, contextual, and integrated within the digital ecosystem, taking into account their visual-experiential learning preferences and collaborative orientation. This study concludes that the tri-central synergy of education is crucial in creating a coherent educational environment. Furthermore, the development of transformative learning models that integrate Islamic values with 21st-century competencies is necessary to produce resilient, integrity-driven Muslim generations capable of making constructive contributions in a global context, without compromising their Islamic identity.

Abstrak

Penelitian ini menganalisis pentingnya pembentukan karakter positif pada Generasi Z dan Alpha yang berkembang dalam ekosistem digital yang transformatif. Dinamika sosio-teknologis kontemporer telah mengakibatkan perubahan signifikan dalam konstruksi identitas, pola interaksi, dan orientasi nilai kedua generasi, menciptakan tantangan dan peluang dalam proses pendidikan karakter. Pendidikan Agama Islam (PAI) menyediakan dasar epistemologis dan metodologis yang berlandaskan tauhid untuk membangun integritas pribadi yang kuat melalui penerapan strategi pembelajaran profetik yang terinspirasi oleh sirah nabawiyah, termasuk uswatun hasanah, ta'widiyah, dan ta'ziz al-qiyam. Analisis komparatif menunjukkan bahwa karakteristik distingtif kedua generasi memerlukan pendekatan pedagogis yang adaptif, kontekstual, dan terintegrasi dalam ekosistem digital, dengan mempertimbangkan preferensi belajar visual-eksperiensial serta orientasi kolaboratif mereka. Studi ini menyimpulkan bahwa sinergi tri-sentral pendidikan sangat penting dalam menciptakan lingkungan edukatif yang koheren. Selain itu, pengembangan model pembelajaran transformatif yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan kompetensi abad ke-21 diperlukan untuk menghasilkan generasi Muslim yang resilien, berintegritas, dan mampu memberikan kontribusi konstruktif dalam konteks global, tanpa mengurangi identitas keislamannya.

References

Arsyad, J. (2017). Metode Perumpamaan Dalam Praktik Mengajar Rasulullah. 1.

Ashley Fell, M. M. (n.d.). Understanding Generation Alpha, Jurnal ke 10.

Aulia, M. F., & Makrufi, A. D. (2025). Pengaruh karakteristik generasi alpha terhadap efektivitas implementasi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Aulia, M. F., & Makrufi, A. D. (2025). Pengaruh karakteristik generasi alpha terhadap efektivitas implementasi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Bafadhol, I. (2017). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol. 06 No.12, Januari 2017. 06.

Dari, U. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara Bagi Mahasiswa Generasi Z. 3.

Effendy, E. N., Az-Zahra, F., Syafina, N. N., Yanti, S. D., Nurbayinah, W., & Nurjaman, A. R. (n.d.-a). Islamic Parenting Sebagai Solusi Generasi Alpha Yang Kecanduan Gadget. 3(2).

Effendy, E. N., Az-Zahra, F., Syafina, N. N., Yanti, S. D., Nurbayinah, W., & Nurjaman, A. R. (n.d.-b). Islamic Parenting Sebagai Solusi Generasi Alpha Yang Kecanduan Gadget. 3(2).

Gade, S. (2019). Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia Anak Usia Dini. In Al-Tarbiyah al-Khuluqiyah.

Hamdani, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Kehidupan Bersosialisasi Dan Membangun Karakter Bangsa Pada Siswa Sekolah Dasar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 13(1), 105–113. doi: 10.35457/konstruk.v13i1.1469

Hardivizon, H. (2017). Metode Pembelajaran Rasulullah SAW (Telaah Kualitas Dan Makna Hadis). BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 101. doi: 10.29240/bjpi.v2i2.287

Heryanto, B., Sarifudin, A., Herman, H., Maulida, A., & Jabar, A. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 819. doi: 10.30868/ei.v11i03.3174

Hidayat, F., Dalimunthe, A. W., Rambe, S. A. Br., Hafiz, M., & Julaiha, J. (2024). Metode Pendidikan Berdasarkan Hadits Rasulullah SAW. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 71–83. doi: 10.31943/counselia.v5i1.151

Jha, A. K. (2021). Understanding Generation Alpha jurnal ke 11.

Prismanata, Y., & Sari, D. T. (2022). Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfa pada Era Society 5.0. 2.

Putri, R., Lestari, P. T., Anisa, D. S., Mustofa, R., & Maruti, E. S. (2024). Memahami Karakteristik Generasi Z dan Generasi Alpha: Kunci Efektif Pendidikan Karakter di Sekolah. 5.

Rasyidah, A. (2020). Pendidikan Pada Masa Rasulullah Saw Di Makkah Dan Di Madinah. 2(1).

Rifa’i, A. (2016). Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak. 9(17).

Rusmiatiningsih, R., & Rizkyantha, O. (2022). Analisis Karakteristik Literasi Generasi Alpha Dan Implikasinya Terhadap Layanan Perpustakaan. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 295. https://doi.org/10.29240/tik.v6i2.5134

Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024a). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 1–8. doi: 10.53863/kst.v6i01.1006

Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital: Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.

Samsudin, U., & Darmiyanti, A. (2022). Model Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Rasulullah pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 898–908. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2006

Sonin. (2021). Metode Pendidikan Rasulullah Saw dan Relevansinya Dengan Metode Pendidikan Islam Masa Kini. Vol. 1 No. 1 (2021).

Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(2), 362–381.

Utama, F. T., Suja, A., & Setyawan, C. E. (2021). Metode Pembelajaran Ala Rasulullah Saw (Kajian Tentang Metode Pengajaran Rasulullah Saw Ditinjau Dari Hadist). Al-Manar, 10(2), 62–73. doi: 10.36668/jal.v10i2.270

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Maulida, K. M., & Makrufi, A. D. (2025). Membangun karakter positif generasi Z dan Alpha: Peran metode pengajaran PAI ala Rasulullah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 277–294. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.19991

Issue

Section

Artikel