Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap tanggung jawab siswa di SMK

Authors

  • Muthoharoh Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.20135

Keywords:

Karakter Islami, Lingkungan keluarga, Pendidikan tauhid

Abstract

This study aims to explain the importance of monotheism education in shaping Islamic character, identify effective strategies and methods in implementing monotheism education, and increase awareness of the importance of monotheism education in shaping individuals who are faithful and have noble morals. Monotheism education is an important foundation in shaping a strong and solid Islamic character. Monotheism as a central concept in Islam plays a crucial role in shaping individuals who are faithful, have noble morals, and have high spiritual awareness. This article discusses the importance of monotheism education in shaping Islamic character, effective methods in implementing monotheism education in the family environment, and the implications of monotheism education in shaping Islamic character. The results of this study conclude that monotheism education has profound implications for the formation of Islamic character. With a strong foundation of faith, individuals will grow into pious, noble, responsible, and just individuals. Therefore, monotheism education must be a top priority in the Islamic education system, both formal and non-formal, in order to be able to produce a generation that is not only intellectually intelligent, but also spiritually and morally strong.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pentingnya pendidikan tauhid dalam membentuk karakter islami, mengidentifikasi strategi dan metode efektif dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan tauhid dalam membentuk individu yang beriman dan berakhlak mulia. Pendidikan tauhid merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter islami yang kuat dan kokoh. Tauhid sebagai konsep sentral dalam Islam memainkan peran krusial dalam membentuk individu yang beriman, berakhlak mulia, dan memiliki kesadaran spiritual yang tinggi. Artikel ini membahas tentang pentingnya pendidikan tauhid dalam membentuk karakter islami, metode yang efektif dalam mengimplementasikan pendidikan tauhid di lingkungan keluarga, dan implikasi pendidikan tauhid dalam pembentukan karakter islami. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan tauhid memiliki implikasi mendalam terhadap pembentukan karakter Islami. Dengan landasan akidah yang kuat, individu akan tumbuh menjadi pribadi yang bertakwa, berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan adil. Oleh karena itu, pendidikan tauhid harus menjadi prioritas utama dalam sistem pendidikan Islam, baik formal maupun nonformal, agar mampu melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara spiritual dan moral.

References

Ahmadi. (2023). Esensi Ruhul Islam dalam Tantangan Spiritual Era Kontemporer”. Jurnal Ruhul Islam, 1(1), 17.

Alfiyah, A., & Khiyaroh, I. (2022). Teori Mujadalah Dalam Al-Qur’an Penerapan Metode Jidal (Debat) Dalam Konsep Dakwah. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 6(2).

Ali, M. (2013). Fungsi Perumpamaan dalam Al-Qur’an. Jurnal Tarbawiyah, 10(2).

Basir, A. (2021). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Al-Qur’an. Pejarakan Karya: Kanhaya Karya.

Daulay, Z. R., & Perangin-Angin, S. L. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Generasi Muda”. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 2722–7626.

Dayusman, E. A., & Alimudin, dan T. H. (2023). Kemanusiaan dan Kesejahteraan Sosial dalam Pemikiran Islam Kontemporer”.

Faizin, M., Aziz, Y., Putri, N. H., & Albab, A. U. (2023). Metode Hiwar dalam Pendidikan Islam Perspektif Al Ghazali”. Ta’limuna, 12(01), 52–60.

Fajri, M. D., Saepudin, D., & Bahrudin, I. (2023). The Concept of Tauhid Education in The Family Environment: Study of Hamka’s Perspective”. Profetika: Jurnal Studi Islam, 24(01), 33–45.

Haerullah, S. (2024). Tantangan Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Generasi Milenial”. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(mor 6), 4004-4021-2810-0395-2810–0042. doi: 10.58578/tsaqofah.v4i6.3940.

Hasnawati, S. N. (2020). Metode Targhib dan Tarhib dalam pendidikan Islam. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Kalsum, U., & Zulkarnen, Z. (2022). Pendidikan Tauhid dan Akidah Pada Anak dengan Membangun Cinta Pada Islam. Jurnal Reflektika, 17(2), ,.

Khairiyah, D. (2019). Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Moral dan Agama Anak Usia Dini”. Darul ‘Ilmi, 7(2).

Labaso, S. (2018). Konsep Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1).

Ma’rufin, M. (2015). Pesantren, Pondok Modern, Metode Targhib dan Tarhib,(Reward dan Punishment dalam Pendidikan Islam). Risalah, 2(1), 67–77.

Maulana, A., & Noviah, S. (2023). Konsep Pendidikan Islam Dalam Keluarga Menurut Dr. Moh Haitami Salim”. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). doi: 10.56146/edusifa.v7i2.42.

Mohd Shahar, A. F., Amat Misra, M. K., & Arshad, M. H. (2018). Konsep Metode Maucizah Al-Hasanah dalam Dakwah: Satu Analisis. 4th International Conference On Islamiyyat Studies 2018 Faculty Of Islamic Civilisation Studies. Malaysia: International Islamic University College Selangor.

Muhadjir, N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Andi Offset.

Muhlisun, M. F., Hamzah, M., & Nugroho, Y. A. (2024). Pendidikan Islam di Lingkungan Keluarga Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat As-Saffat Ayat (102). Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(3), 85–94.

Mukmin, T. (2016). Tauhid dan Moral Sebagai Karakterutama dalam Pendidikan Islam”. el-Ghiroh, X(01).

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam”. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(mor 1), 2443-2741-2579-5503.

Nata, A. (2021). Kebijakan pendidikan Islam dan pendidikan umum di Indonesia: The policy of Islamic education and general educational in Indonesia. Rajawali Pers.

Nurdin. (2019). Penerapan Metode Bilhikmah, Mau’izatul Hasanah, Jadil dan Layyinah Pada Balai Diklat Keagamaan Aceh. Jurnal Mudarrisuna, 9(1). doi: 10.22373/jm.v9i1.3807.

Putri, A. C., Maulida, F., & Adawiyah, S. R. (2024). Tuhan, Manusia, dan Alam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam”. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(mor 6). doi: 10.5281/zenodo.11657909.

Rifai, A., & Husin, dan F. (2022). The Concept pf PAUD Education in The Family Environment According To Islamic Education”. The International Conference on Education, Social Sciences and Technology, 1(1).

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika”. Al-Ibrah, 8(30).

Saleh, H. (2023). Landasan Filosofis Pendidikan Islam (Peran Tauhid dalam Konsep Pendidikan Islam Ismail Raji al-Faruqi). Fakta; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 2775–0906.

Sanubari, S. D., Rafni, Y. N., Nuraeni, V., & Wahid, Z. N. (2023). Mendidik Tauhid dengan Mengimplementasikan Metode Pembelajaran”. Gunung Djati Conference Series, 22, 2774–6585.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahid, N. (2024). Peran Filsafat Pendidikan Islam dalam Membangun Paradigma Pendidikan Berbasis Tauhid. Khatulistiwa Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 2808–8379. doi: eISSN: 2008-8298.

Tanjung, A. (2023). Memahami Esensi Tauhid Melalui Al-Qur’an. Al-Kauniyah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 4(2), 2746-9050.

Waqiah, S. Q., & Arifin, S. (2024). Escalation of Tauhid Education in Families to Address Teenage Promiscuity. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 5(2). doi: 10.46963/asatiza.v5i2.1808.

Yuliharti. (2018). Pembentukan Karakter Islami dalam Hadis dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal”. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2).

Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2024). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami”. Page: 1-12. doi: 10.47134/pjpi.v1i2.115.

Yusrina, I. (2021). Penerapan Pendidikan Berbasis Tauhid dalam Pembentukan Karakter Spiritual Anak di TK YAA Bunayya Kota Pekalongan”. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 204–211.

Zainudin. (2023). Pentingnya Mewujudkan Pengembangan Religiusitas Pada Lembaga Pendidikan Sekolah dan Madrasah”, eL-Huda. eL-Huda, 14(1).

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Muthoharoh. (2025). Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap tanggung jawab siswa di SMK. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(2), 471–486. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.20135

Issue

Section

Artikel