Konsep kisah teladan dalam kematangan beragama pada taman kanak-kanak

Authors

  • Suci Istriana Ibn Khaldun University
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16329

Keywords:

Bimbingan dan Konseling Islam, Psikologi Pendidikan Islam, konsep Pendidikan Islam

Abstract

Children aged 5-6 years or equivalent to Kindergarten level B should be presented with real stories that can be used as examples. Unfortunately, most parents at home and teachers at school still read their children more fictitious stories, commonly called fairy tales. Therefore, the intake of exemplary stories containing uswatun hasanah is needed to help children achieve religious maturity following the stages of their age development. This research aims to find the concept of exemplary stories in religious maturity in kindergarten. The researcher used a qualitative approach by using a literature study. The findings of this study are exemplary story materials in religious maturity that have been conceptualized specifically for kindergarten. The findings of this exemplary story concept material can be used by kindergarten teachers to increase the religious maturity of students in terms of faith, worship, and morals.

Abstrak

Anak-anak usia 5-6 tahun atau setara dengan Taman Kanak-kanak tingkat B seharusnya disuguhkan dengan kisah-kisah nyata yang dapat dijadikan teladan. Sayangnya, kebanyakan orang tua di rumah dan guru di sekolah masih lebih banyak membacakan anak-anaknya cerita-cerita khayalan yang bersifat fiktif atau biasa disebut dongeng. Oleh karena itu, asupan kisah-kisah teladan yang mengandung uswatun hasanah sangat dibutuhkan untuk membantu anak mencapai kematangan beragama sesuai dengan tahapan perkembangan usianya. Tujuan penelitian ini adalah menemukan konsep kisah teladan dalam kematangan beragama pada taman kanak-kanak. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi literatur. Temuan dari penelitian ini adalah materi kisah teladan dalam kematangan beragama yang telah dikonsep khusus untuk taman kanak-kanak. Temuan materi konsep kisah teladan ini dapat digunakan oleh para guru taman kanak-kanak dalam meningkatkan kematangan beragama anak didik dalam sisi akidah, ibadah, dan akhlak.

References

Al-Asyqar, (2022). Shahihul Qashash an-Nabawy (p. xiii). Jakarta: Penerbit AQWAM.

Al-'Arabiyah, M. '. (tt). Mu'jam 'Ulumi Lughah Al-'Arabiyah.

Aldilla Iradianty, M. B. (2023). Dongeng Literasi Keuangan Anak Usia Dini Kepada Siswa Siswi TK Telkomschools Buahbatu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 39-45. doi:https://doi.org/10.54099/jpma.v2i1.495

Danandjaja, J. (2007). Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Grafiti.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. In Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik (p. 9). Remaja Rosdakarya.

Huda, I. K. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Mendongeng Pada Kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 51-85. doi:https://doi.org/10.46244/buahhati.v1i2.527

Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng Di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 12 (2), 113-129. doi:https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49

Ifa Refli Hanita, K. Z. (2023). Upaya Sekolah Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Pada Anak Usia Dini Di TK Yabakii Kesugihan. As-SABIQUN. doi:https://doi.org/10.36088/assabiqun.v6i1.4380

Imas Kania Rahman, N. S. (2021, November). Bimbingan dan Konseling Islami Islami untuk Sekolah Dasar (Membangun Kemndirian Peserta Didik Memasuki Fase Baligh). In N. S. Imas Kania Rahman, Bimbingan dan Konseling Islami Islami untuk Sekolah Dasar (Membangun Kemndirian Peserta Didik Memasuki Fase Baligh) (p. 69). Bogor: UIKA Press.

Imas Kania Rahman, N. S. (2021). Bimbingan dan Konseling Islami untuk Sekolah Dasar (Membangun Kemandirian Peserta Didik Memasuki Fase Baligh). In N. S. Imas Kania Rahman, Bimbingan dan Konseling Islami untuk Sekolah Dasar (Membangun Kemandirian Peserta Didik Memasuki Fase Baligh) (p. 77). Bogor: UIKA Press.

Maghfiroh, N. T. (2020). Maghfiroh, Ning Tyas (2020) Upaya Meningkatkan Keterampilan Dalam Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Melalui Cerita Bergambar Kisah Islami Di Tk Negeri 3 Sungai Bertam. Skripsi Universitas Jambi.

Mazrur, S. &. (2020). Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. In S. &. Mazrur, Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia (p. 26). Bantul, Yogyakarta: K-Media.

Nasional, S. P. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.

Nasional, S. P. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 .

Nurbiana Dhieni, I. Y. (2020). Panduan Penegrian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 . (2009).

Purnama Sari, A. T. (2020). Analisis Kecerdasan Spiritual melalui Buku Cerita Bergambar Islami pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK FKIP Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jurnal Imiah Mahasiswa Pendidikan Universitas Bina Bangsa Getsempa. Retrieved April 24, 2024, from https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/62

Rahman, I. K. (2021). Bimbingan dan Konseling Islami untuk Sekolah Dasar. Dalam I. K. Rahman, Bimbingan dan Konseling Islami untuk Sekolah Dasar (hal. 5). Bogor: UIKA Press.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Indonesia. Retrieved 01 31, 2024, from https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.14113

'Ulwan, A. N. (2017). Tarbiyatul Aulad fil Islam. Solo: Insan Kamil Solo.

UU No.20. (2003).

Downloads

Published

2024-08-01

How to Cite

Suci Istriana, Rahman, I. K., & Indra, H. (2024). Konsep kisah teladan dalam kematangan beragama pada taman kanak-kanak. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 263–278. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16329

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>