Analisis penggunaan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDS Tisa Islamic School
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.20000Keywords:
Coaching, Metode Ummi, Mutu Pendidikan, Supervisi pendidikanAbstract
This study is motivated by the lack of maximum differences in the application of supervision and coaching in improving the quality of Qur'an learning in educational institutions SDS Tisa Islamic School, which uses the Ummi method in the Cikarang area. Coaching-based supervision is seen as a more effective approach because it emphasizes assistance that is dialogical, reflective, and sustainable. Through coaching, teachers are encouraged to develop their competence independently but still under systematic and directed guidance. The purpose of this study is to analyze the role of coaching-based supervision in Qur'anic learning and identify its impact on improving learning quality. This study also aims to find out how the application of coaching in the context of the Ummi method. The benefit of this research is that it contributes to the development of effective supervision strategies, as well as being a reference for managers of Islamic education institutions who apply similar methods. This research uses a qualitative approach with a case study type. Data collection techniques were conducted through observation, in-depth interviews, and documentation. The results showed that coaching-based supervision significantly improved teachers' competence, work motivation, and the quality of planning and evaluation of Al-Qur'an learning at SDS Tisa Islamic School.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum maksimalnya perbedaan penerapan antara supervisi dan coaching dalam meningkatkan mutu pembelajaran Al-Qur’an di lembaga pendidikan SDS Tisa Islamic School, yang menggunakan metode Ummi di wilayah Cikarang. Supervisi berbasis coaching dipandang sebagai pendekatan yang lebih efektif karena menekankan pada pendampingan yang bersifat dialogis, reflektif, dan berkelanjutan. Melalui coaching, guru didorong untuk mengembangkan kompetensinya secara mandiri namun tetap dalam bimbingan yang sistematis dan terarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran supervisi berbasis coaching dalam pembelajaran Al-Qur’an serta mengidentifikasi dampaknya terhadap peningkatan mutu pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan coaching dalam konteks metode Ummi. Adapun manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi supervisi yang efektif, sekaligus menjadi rujukan bagi pengelola lembaga pendidikan Islam yang menerapkan metode serupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi berbasis coaching secara signifikan meningkatkan kompetensi guru, motivasi kerja, serta kualitas perencanaan dan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an di SDS Tisa Islamic School.
References
Almas, A. F. (2024). Universal Religious Learning Model (Studi Pengamalan Al Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125): Studi pengamalan Alquran surat An-Nahl Ayat 125. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (1), 227–244.
Andriana, N. (2024). Pengembangan suplemen bahan ajar akhlak terhadap diri dan sesama manusia untuk Sekolah Dasar. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (3), 613–626.
Anshori, Z. (2024). Metode menghafal Al-Qur’an untuk siswa SMA: Studi komparasi metode tahfidz Sulaimaniyah dan metode Sabaq, Sabqi, Manzil. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (3), 665–676.
Bashori, K. (2015). Pengembangan kapasitas guru. Pustaka Alvabet.
Budi, S., Sastra, A., & Rahman, I. K. (2024). Studi pengembangan bakat remaja melalui program mentoring islami. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (3), 733–746.
Da Silva, A., Hariyati, N., Karwanto, K., Khamidi, A., & Wulandari, A. (2025). Penerapan Coaching dan Mentoring dalam supervisi Akademik sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8 (3), 2680–2686.
Darmawan, R. A. E. A., Hariyati, N., & Khamidi, A. (2025). Penerapan Keterampilan Coaching Alur TIRTA Kepala Sekolah dalam Supervisi Akademik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8 (2), 2202–2208.
Dunst, C. J., Hamby, D. W., Howse, R. B., Wilkie, H., & Annas, K. (2019). Metasynthesis of preservice professional preparation and teacher education research studies. Education Sciences, 9 (1). https://doi.org/10.3390/educsci9010050
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Gani, R. A., & Indra, H. (2025). A Program mentoring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18 (1), 71–82.
Hamka, M., & Alim, A. (2024). Implementasi pengajaran Adab di Kuttab Ummul Quro. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (2), 347–372.
Harahap, S. B. (2020). Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Scopindo Media Pustaka.
Hasanah, H. N., Asha, L., & Yanuarti, E. (2022). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Tahfidz di Sd It Rabbi Radhiyya 02 Curup Rejang Lebong. IAIN Curup.
Holter, H., Williams, A., Chidi, T., Karlström, M., Hanson, F., & Bogren, M. (2025). Exploring care quality in midwifery clinical practice settings in Ghana – a qualitative study. BMC Medical Education, 25 (1). https://doi.org/10.1186/s12909-025-06861-0
Jam’an, M., Sofyan, A., Nidhom, M., & Harris, T. (2024). Manajemen Profesionalitas Guru Melalui Coaching. Journal Educatione, 1 (3), 65–73.
Junaidi. (2025). Wawancara Kordinator.
Kurniasari, A. N., Ana, S., & Salma, K. N. (2024). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah. Social Science Academic, 577–590.
Lilik Karimul Akbar, L. K. A. (2024). Implementasi Pembelajaran Turjuman Alqur’an Metode Ummi Pada Siswa Kelas Vii Smp Islam Hidayatullah Banyumanik Tahun2024. UNDARIS.
Mahato, R. K., Ghimire, U., Bajracharya, B., Binod, K., Bam, D., Ghimire, D., Pyakurel, U. R., Hayman, D. T., Pandey, B., Das, C. L., & Paudel, K. P. (2023). Healthcare Performance of Leprosy Management in Peripheral Health Facilities of Dhanusa and Mahottari, Nepal. MedRxiv, 2022.12.28.22284024. https://doi.org/10.1186/s12913-025-12334-3
Mulyana, A., Vidiati, C., Danarahmanto, P. A., Agussalim, A., Apriani, W., Fiansi, F., Fitra, F., Aryawati, N. P. A., Ridha, N. A. N., & Milasari, L. A. (2024). Metode penelitian kualitatif. Penerbit Widina.
Nazula, D. (2024). (tambahkan kesediaan publikasi).. Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). IAIN PONOROGO.
Nurhasanah, R. (2022). Sikap siswa terhadap kompetensi profesional guru PAI dan hubungannya dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa menggunakan metode Ummi: Penelitian korelasional terhadap siswa Kelas VI di SD Ibnu Taimiyah Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Prasetyo, I. (2012). Teknik analisis data dalam research and development. Jurusan PLS FIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Prayoga, A. S., & Sahri, I. K. (2024). Transformasi karakter religius: Implementasi nilai-nilai agama Islam pada Standar Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17 (2), 315–330.
Qothrunnada, N. (2024). Perbandingan Pembelajaran Metode Iqra’dan Ummi dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta.
Reinders, H., Chong, W., & Liu, Q. (2024). Conceptualisations of and research on language teacher leadership: A Scoping Review. 1–10. https://doi.org/10.1002/tesj.70007
SDS TISA ISLAMIC SCHOOL. (2012). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kemdikbud.Go.Id. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=69900029
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12 (1), 49–58.
Simanjuntak, M. I. (2024). Pengembangan metode ummi dengan media pembelajaran berbasis android dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada siswa di SDN 17 Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Solikah, A. N., Rohman, M. A. A., & Putra, W. H. (2021). Problematika Pembelajaran Qira’ah Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Ummi di MI Darul Falah Ponorogo. AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies, 1, 65–73.
Syaikhu, A. (2022). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-QurAn di MI As-Sunniyyah Lumajang. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4 (1), 89–101.
Tarmizi, A. (2021). Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi di SDIT Nur Hikmah Bekasi. Institut PTIQ Jakarta.
Tarmizi, A. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan Al-Qur’an Metode Ummi Di Sdit Nur Hikmah Bekasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4 (03), 440–466.
The Coalition for Physician Accountability ’ s Undergraduate Medical Medical Education Review Committee ( UGRC ): Recommendations for Comprehensive Improvement of the UME-GME Transition. (n.d.).
Tomlinson, J. (2015). Using clinical supervision to improve the quality and safety of patient care: A response to Berwick and Francis Career choice, professional education and development the Many Meanings of “Quality” in Healthcare: Interdisciplinary Perspectives. BMC Medical Education, 15 (1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12909-015-0324-3
ummi foundation. (2007). Metode Ummi. Https://Ummifoundation.Org/. https://ummifoundation.org/metode
ummi foundation. (2025a). 7 Program Dasar Metode Ummi. https://ummifoundation.org/7-program-dasar
ummi foundation. (2025b). 7 Tahapan Pembelajaran Metode Ummi. Ummifoundation.Org. https://ummifoundation.org/7-tahapan-pembelajaran
ummi foundation. (2025c). Metode Ummi. Ummifoundation.Org. https://ummifoundation.org/metode
Vijn, T. W., Fluit, C. R. M. G., Kremer, J. A. M., Beune, T., Faber, M. J., & Wollersheim, H. (2017). Involving Medical Students in Providing Patient Education for Real Patients: A Scoping Review. Journal of General Internal Medicine, 32 (9), 1031–1043. https://doi.org/10.1007/s11606-017-4065-3
Wawancara (2025).
Yana Mulyana. (2025). Wawancara, Kepsek.
Zahroh, R., & Umam, K. (2025). Implementasi Program Ekstrakurikuler Tahfidz Al-Qur’an Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa di SMA Negeri Ngoro Jombang. Millatuna: Jurnal Studi Islam, 2 (02), 133–141.
Zulkarnain, Z. (2021). Pembelajaran Alquran Melalui Metode Ummi. Inteligensia, 6 (2), 1–15.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



