Hubungan pembelajaran Alquran Hadits dengan kemampuan baca tulis Alquran di MAN 2 Bogor

Penulis

  • Siti Rakhmawati Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasan Basri Tanjung Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Bahrum Subagiya Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18155

Kata Kunci:

Pembelajaran Alquran Hadits, MAN 2 Bogor, Baca Tulis Alquran

Abstrak

Many fundamental problems today are that students in madrasah educational institutions are somewhat behind in reading and understanding the Qur'an. The purpose of this study was to understand the results of the influence of Alquran Hadith learning on the ability to read and write the Qur'an of class XI MAN 2 Bogor, and to analyze the obstacles faced by Alquran Hadith subject teachers of MAN 2 Bogor. This study uses a combination of quantitative descriptive and qualitative descriptive methods. The results of this study are that: (1) the results of the correlation test show a strong or high relationship between variable X and variable Y. The Sig. value is 0.000 <0.05 which means that the relationship between variables X and Y is significant so that Ha is accepted and Ho is rejected, (2) the results of interviews regarding the obstacles faced by Alquran Hadith subject teachers are the lack of time given, there are students who do not yet have the basic ability to read and write the Qur'an, the lack of student responsibility in maintaining and caring for the facilities provided by the school, and the time used in learning activities does not support.

Abstrak

Banyak permasalahan mendasar saat ini adalah peserta didik pada lembaga pendidikan madrasah agak tertinggal dalam membaca dan memahami Alquran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami hasil dari pengaruh pembelajaran Alquran Hadits terhadap kemampuan Baca Tulis Alquran kelas XI MAN 2 Bogor, dan menganalisis hambatan yang dihadapi oleh guru mata pelajaran Alquran Hadits MAN 2 Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini bahwa: (1) hasil uji korelasi menunjukkan kekuatan hubungan yang kuat atau tinggi antara variabel X dengan variabel Y. Adapun nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hubungan antara variabel X dan Y adalah signifikan sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil wawancara mengenai hambatan yang dihadapi guru mata pelajaran Alquran Hadits yaitu kurangnya waktu yang diberikan, terdapat siswa yang belum memiliki dasar kemampuan membaca dan menulis Alquran, kurangnya tanggung jawab peserta didik dalam menjaga dan merawat fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan waktu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tidak mendukung.

Referensi

Ariani Hrp, N., Masruro, Z., Zahara Saragih, S., Hasibuan, R., Suharni Simamora, S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Husna, N. A., Jalil, A., & Dewi, M. S. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Alquran Siswa SMK YPM 12 Tuban. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Khair, H. (2022). Alquran Dan Hadits Sebagai Dasar Pendidikan Islam. Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.62815/darululum.v13i1.74

Khairani, M., & Trisno, B. (2024). e-ISSN: 3031-6960. 2(11), 555–566.

Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 76–89. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05

Mahdali, F. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Alquran Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan. Mashdar: Jurnal Studi Alquran Dan Hadis, 2(2), 143–168. https://doi.org/10.15548/mashdar.v2i2.1664

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Razali, G., Syamil, A., Hurit, R. U., Lestariningsih, A. A., Bagenda, L. E. R. C., Amane, N. F. A. P. O., Saloom, C. P. T. G., S, S., Fadhilatunisa, N. B. G. Della, Fakhri, M. M., & Rosidah. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).

Rifky, S., Suhrman, L., Kurniawati, I., Abdurrahman, A., Sutiyatno, S., Santika, T., Nurjanah, Fihrisi, F., Nur, M. D. M., Patriasih, R., Kalip, & Indiati, I. (2024). Buku Ajar Model dan Strategi Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. In Journal Pustaka (Issue May). http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PDGK4105-M1.pdf

Yasir, M., & Jamaruddin, A. (2016). Studi Al-Quran. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Zuhdi, A., Musafa’ah, S., Kholid, A., Rohman, A., & Khoiroh, M. (2016). Bahan Ajar Studi Alquran. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue Mkb 7056).

Diterbitkan

2025-02-28

Cara Mengutip

Rakhmawati, S., Tanjung, H. B., & Subagiya, B. (2025). Hubungan pembelajaran Alquran Hadits dengan kemampuan baca tulis Alquran di MAN 2 Bogor. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(1), 94–101. https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i1.18155

Terbitan

Bagian

Articles