Model pembelajaran market place activity digital dalam meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama

Authors

  • Alfiatus Syarifah Universitas Islam Negeri Madura
  • Nor Hasan Universitas Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i3.21857

Keywords:

Market place activity digital, Minat belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

The Digital Market Place Activity model is an innovative learning model that adapts the concept of buying and selling knowledge to increase student interaction, participation, and learning motivation. This study aims to analyze the effect of using the Digital Market Place Activity learning model on the interest in learning Islamic Religious Education (PAI) of eighth-grade students of SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan. The research method used is a quantitative approach with 31 students as respondents. Data were collected through a questionnaire based on two variables, namely the effectiveness of the learning model (X) and student learning interest (Y), then analyzed using descriptive statistics, validity and reliability tests, normality tests, Pearson Product Moment correlation tests, simple linear regression analysis, t-tests, and coefficient of determination (R²) tests with the help of IBM SPSS. The results showed that the data were valid, reliable, and normally distributed, with a correlation value of r = 0.662 and a significance of 0.000 <0.05, which means there is a positive and significant relationship between the two variables. The R² value of 0.439 indicates that 43.9% of student learning interest is influenced by the effectiveness of the Digital Market Place Activity model. Thus, this model has a positive and significant influence in increasing students' interest in learning Islamic Education subjects.

Abstrak

Model Market Place Activity Digital merupakan model pembelajaran inovatif yang mengadaptasi konsep jual beli pengetahuan guna meningkatkan interaksi, partisipasi, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Market Place Activity Digital terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pademawu Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 31 siswa. Data dikumpulkan melalui angket berdasarkan dua variabel, yaitu efektivitas model pembelajaran (X) dan minat belajar siswa (Y), kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi linier sederhana, uji t, serta uji koefisien determinasi (R²) dengan bantuan IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data valid, reliabel, dan berdistribusi normal, dengan nilai korelasi r = 0,662 dan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara kedua variabel. Nilai R² sebesar 0,439 menunjukkan bahwa 43,9% minat belajar siswa dipengaruhi oleh efektivitas model Market Place Activity Digital. Dengan demikian, model ini berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

References

Arifin, M. S., In’am, A., & Nurhakam, Moh. (2025). Strategi Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Ummpres.

Arifin, S., Sucipto, & Sunarjo. (2025). Penerapan Model Market Place Activity dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih di MAN 3 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 9(1), 55–66. https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/download/1241/808/3875

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Renika Cipta.

Bramasto, A., Astin, N., & Harisssa, P. (2022). Analisis Kinerja Karyawan Melalui Faktor-Faktor Budaya Organisasi Dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Bandung). Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 4(2), 701–712. https://jan.jurnal.feb.untad.ac.id/index.php/jan/article/view/8

Darojah, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Akidah Akhlak melalui Metode Market Place Activity pada Siswa Kelas XI-MIPA 4 MAN 3 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), 249–255. https://doi.org/10.14421/jpm.2019.42-13

Firdaus, M. L., Usman, A. T., & Amirudin, J. (2025). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Market Place Activity Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 145–156. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPAI/article/download/2961/1658/9125

Irwan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity Berbantuan Internet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pai Kelas Viii Smpn 3 Lembang Kab. Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Studi Pendidikan, 15(1), 54–67. https://doi.org/10.35905/alishlah.v15i1.560

Jakfar, M. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Fikih melalui Model Market Place Activity di MAN 3 Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1), 103–114. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/31-09.

Kulsum, N. U. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Market Place Activity Plus Upaya Meningkatkan Pemahaman Sejarah Kebudayaan Islam. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2(1), 187–199. https://doi.org/10.51878/teacher.v2i2.1321

Mahkotawati, R., Rijanto, T., & Rusimamto, P. W. (2025). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian: Angket Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) pada Siswa SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1830–1835.

Muhammad Isnaini, Muhammad Win Afgani, Al Haqqi, & Ilham Azhari. (2025). Teknik Analisis Data Uji Normalitas. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 1377–1384. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i2.7007

Observasi Langsung Tahap Pra Lapangan (2025).

Perwithasari, R., & Kurniawan, M. (2022). Analisis Sosial Media Instagram Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi Bilik Tropical Sepatan. Dynamic Management Journal, 6(2), 160–174. http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v6i2.6905

Ramadhan, D. T., Astuti, R. D., & Iftadi, I. (2021). Uji Kelayakan Desain Kuesioner Budaya Keselamatan ECAST: Feasibility Test Using the Pearson Method and the Cornbach Method. Matrik: Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 21(2), 101–102. https://doi.org/10.30587/matrik.v21i2.1473

Solehudin. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Market Place Activity (MPA) Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pai Dan Budi Pekerti Pada Materi Haji Dan Umroh Siswa Kelas IX A Smp Negeri 1 Tonjong Tp. 2017/ 2018. Dialektika Jurnal Pendidikan, 3(1), 53–76. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/dfkip/article/view/484

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sulaiman W & Sulaiman Ismail. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Market Place Activity Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Aceh Tamiang). Pendidikan Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 895–910. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/download/4318/1643/9541

Sulistyowati, R., Listiadi, A., Subroto, W. T., & Ramadhani, S. N. (2025). Pembelajaran Ekonomi Digital: Konsep, Transformasi Pasar Dan Kesiapan Teknologi. CV. Tahta Media Group.

Suwele, F. A., Arifin, I. N., Abdullah, G., & Panai, A. H. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di kelas V SDN 3 Kabila Bone, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1131–1141. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4599

Utami’, Y., Rasmanna, P. M., & Khairunnisa. (2023). Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrument Penilaian Kinerja Dosen. SAINTEK (Jurnal Sains Dan Teknologi), 2(21), 21–24. https://doi.org/10.55338/saintek.v4i2.730

Downloads

Published

2025-12-17

How to Cite

Syarifah, A., & Hasan, N. (2025). Model pembelajaran market place activity digital dalam meningkatkan minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(3), 503–522. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i3.21857

Issue

Section

Artikel