Desain buku panduan muhadatsah berbasis pendekatan komunikatif untuk santri di Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor

Authors

  • Muhammad Ibnu Tamam Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abdul Wahab Rosyidi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nuril Mufidah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Neng Vivie Nurfauziah Rukmini Universiti Utara Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.19142

Keywords:

Buku Panduan, Muhadatsah, Pendekatan Komunikatif

Abstract

The purpose of this research is to design and develop a student Muhadatsah guidebook based on a Communicative Approach for students at the Daarul Uluum Bantarkemang Islamic Boarding School in Bogor. This research uses the research and development (RnD) method with the ADDIE model approach which consists of five stages, namely analyze, design, develop, implement, and evaluate. This method was chosen to design and develop conversational teaching modules in muhadatsah activities to improve students' Arabic speaking skills. This research was carried out at the Daarul Uluum Bantarkemang Islamic Boarding School in Bogor with a total of 22 respondents. Data sources were obtained through observations, interviews, and questionnaires. Then, the data obtained was analyzed using Miles and Huberman's qualitative research theory which included three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawn. This research resulted in a Muhadatsah Guidebook entitled 'Abbir Lughataka! based on the Communicative Approach of Finocchiaro and Brumfit theories, which have been considered feasible by material experts and media experts to be used as a guide for students in muhadatsah 'usbu'iyyah activities and to improve students' Arabic speaking skills (maharah kalam) at the Daarul Uluum Bantarkemang Islamic Boarding School Bogor. With this research, it is hoped that it can contribute to providing a solution for pesantren to solve existing problems and can develop the muhadatsah process of students to be more directed and meet the targets to be achieved.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan buku panduan Muhadatsah santri berbasis Pendekatan Komunikatif untuk santri di Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development atau RnD) dengan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Metode ini dipilih untuk merancang dan mengembangkan modul ajar percakapan dalam kegiatan muhadatsah untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab santri. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor dengan jumlah responden sebanyak 22 santriwati. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Kemudian, data yang diperoleh dianalisis menggunakan teori penelitian kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan Buku Panduan Muhadatsah berjudul ‘Abbir Lughataka! berbasis Pendekatan Komunikatif teori Finocchiaro dan Brumfit, yang telah dinilai layak oleh ahli materi dan ahli media untuk dapat digunakan sebagai pegangan bagi santri dalam kegiatan muhadatsah ‘usbu’iyyah dan untuk meningkatkan keterampilan berbicara (maharah kalam) bahasa Arab santri di Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih jalan keluar bagi pesantren untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dan dapat mengembangkan proses muhadatsah santri menjadi lebih terarah dan terpenuhinya target yang ingin dicapai.

References

Ahmad Faizul Walida Ismani, Imam Asrori, Mohammad Ahsanuddin, Najmah Alhinduan, & Fakhrur Rozi. (2022). The Development of a Communicative Arabic Exercise Book Based on Madarij Al-Durus Al-Arabiyah Book using Quick Response Code (QR-Code) Technology: Pengembangan Buku Latihan Bahasa Arab Komunikatif Berbasis Buku Madarij Al-Durus Al-Arabiyah Menggunakan Teknologi Quick Response Code (QR-Code). Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 214–230. doi: 10.14421/almahara.2022.082-02

Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Shaut al Arabiyyah, 7(1), 13–30. doi: 10.24252/saa.v1i1.8269

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Boston, MA: Springer US. doi: 10.1007/978-0-387-09506-6

Fauzan, M. (2020). Peta Konsep: Teori Dan Praktiknya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Kemahiran Kalam. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 98–111.

Finocchiaro, M., & Brumfit, C. (1983). The Functional-notional Approach: From Theory to Practice. Oxford University Press.

Holis, Fitria, Firmaningrum, F., Ichwani, I., & Qomari, N. (2024). Model Tes Keterampilan Produktif: Maharah Kalam dan Kitabah. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(3), 1146–1162. doi: 10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1077

Khalilah, Z., Afif, M. N., Gamal, M., & Amalia, S. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Berbahasa Arab Pada Alumni Pondok Pesantren Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Uin Sumatera Utara. Nashr al-Islam: Jurnal Kajian Literatur Islam, 6(3). Retrieved from https://journalpedia.com/1/index.php/jkli/article/view/3226

Mabrurrosi, M., Aziz, L., & Ruji, R. (2023). Pendekatan Komunikatif David Nunan (Studi Kasus dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Markas Bahasa Arab Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan). Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 152–161. doi: 10.55352/edu.v1i2.772

Miladya, J. (2015). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1). Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/21

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE.

Mulazamah, S. (2024). Peningkatan Efektivitas Pengajaran Bahasa Arab melalui Pendekatan Komunikatif: Studi Kasus di Sekolah Menengah di Blora. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1183–1190. doi: 10.37680/almikraj.v4i02.5149

Muradi, A. (2014). Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48. doi: 10.15408/a.v1i1.1129

Qudrotulloh, A. (2021). Direct Method: Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Metode Langsung. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 119–131. doi: 10.30997/tjpba.v2i2.4241

Richards, J. C. (2006). Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University Press. Retrieved from https://www.professorjackrichards.com/wp-content/uploads/Richards-Communicative-Language.pdf

Rohmah, M. N., Syarifah, A. L., Rahmi, S. A. A., & Setiabudi, D. I. (2023). Efektivitas Pendekatan Komunikatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa. Sabda: Jurnal Sastra Dan Bahasa, 2(2), 20–28. doi: 10.572349/sabda.v2i2.632

Sa`diyah, H. (2018). Bermain Peran (Role Playing) dalam Pembelajaran Maharah Al-Kalam di PKPBA UIN Maliki Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 1–29.

Setiyadi, A. C., Hidayah, N., Wahyudi, M., & Br Maha, M. (2023). Bī’ah Lughawiyah Programs in Arabic Language Learning to Improve Student’s Arabic Speaking Skills. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 7(1), 29–46. doi: 10.15575/jpba.v7i1.24173

Syfa Rachmana Ningsih. (2022). Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor Tahun 1960-2000 (Doctoral, Universitas Negeri Jakarta). Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from http://repository.unj.ac.id/33447/

Tamam, M. I., Fitra, M. N., & Ilahi, M. M. K. (2025). المدخل الإتصالي في تعلّم مهارة الكلام بناء على احتياجات المعاهد العصرية بإندونيسيا. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 3(1), 352–358.

Tamam, M. I., Ilahi, M. M. K., & Cholilah, Z. (2025). الذكاء الاصطناعي: الإبداع والابتكار والتحديات في تعلم اللغة العربية: Arabic | Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/tatsqifiy/article/view/16028

Ubaidillah, M. N., & Mufidah, N. (2022). Language Environment Control Management Strategy Center for Ma’had Al-Jamiah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. At-Ta’dib, 17(2), 315–326. doi: 10.21111/at-tadib.v17i2.8921

Zaid, A. H. (2012). Pendekatan Komunikatif Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor). At-Ta’dib, 7(2). doi: 10.21111/at-tadib.v7i2.77

Zainudin, U. (2024). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Implementasinya untuk Meningkatakan Maharatul Kalam. HASBUNA : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 351–356. doi: 10.70143/hasbuna.v4i2.309

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Tamam, M. I., Rosyidi, A. W., Mufidah, N., & Rukmini, N. V. N. (2025). Desain buku panduan muhadatsah berbasis pendekatan komunikatif untuk santri di Pesantren Daarul Uluum Bantarkemang Bogor. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 167–192. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.19142

Issue

Section

Artikel