Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Sahid Bogor
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.16283Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, studi kasus, Sekolah Menengah Kejuruan, Kurikulum Merdeka, implementasi programAbstract
This research is motivated by the importance of implementing the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in a vocational education environment as part of the Merdeka Curriculum. The purpose of this study is to describe in depth the process of implementing P5 at Sahid Vocational High School (SMK), especially in the aspects of implementation management and school community involvement. This research uses a qualitative approach with a case study method, which allows researchers to explore in detail the phenomena that occur at one research location within a certain period. Data were collected through interviews, observations, and documentation of informants such as the head of curriculum, head of student affairs, and student activity coaches. The results showed that Sahid Vocational High School has implemented the P5 program in a systematic and structured manner, supported by good school management, adequate infrastructure, and active collaboration between school parties. The conclusion of this study shows that the implementation of P5 at Sahid Vocational High School can be an effective implementation model in developing student character in accordance with the values of Pancasila.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lingkungan pendidikan kejuruan sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam proses pelaksanaan P5 di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sahid, khususnya dalam aspek manajemen pelaksanaan dan keterlibatan warga sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang memungkinkan peneliti menggali secara rinci fenomena yang terjadi di satu lokasi penelitian dalam periode tertentu. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap informan seperti waka kurikulum, waka kesiswaan, dan pembina kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMK Sahid telah melaksanakan program P5 secara sistematis dan terstruktur, didukung oleh manajemen sekolah yang baik, sarana prasarana yang memadai, dan kolaborasi aktif antar pihak sekolah. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 di SMK Sahid dapat menjadi model pelaksanaan yang efektif dalam mengembangkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
References
Darmani, H. (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: Konsep Dasar, Teori, Strategi, Dan Implementasi Dalam Pendidikan Globalisasi. Jakarta: Anlmage.
Harahap, E., & dkk. (2022). Inovasi Kurikulum. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. 19(1).
‘Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. doi: 10.56404/jels.v1i1.7
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah.
Kemendibudristek. (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada kurikulum Merdeka.
Purnama, C. S. (2020). Pemikiran Soedjatmoko tentang Pendidikan dan Relevansinya pada Abad Ke-21 di Indonesia.
Rachmawati dkk. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.
Satria, Rizky, Adiprima, & Wulan. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan. Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



