Konsep bimbingan dan konseling ibu hamil dalam menstimulasi kecerdasan janin dan metode pendekatannya menurut perspektif Baihaqi

Authors

  • Imas Kania Rahman Universitas ibnu khaldun bogo
  • Lisa Hardiana Universitas Ibnu khaldun bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6325

Keywords:

Bimbingan dan Konseling, Ibu Hamil, Kecerdasan Janin

Abstract

Fetal intelligence can be influenced through stimulation and the physical and psychic health of pregnant women. Physical and psychic changes during pregnancy cause problems for pregnant women so that negative feelings arise that can inhibit the intelligence of the fetus. So there is a need for guidance and counseling for pregnant women to stimulate fetal intelligence with an approach method. This research method is a literature study by analyzing a book written by Baihaqi, 'Educating Children in the Womb'. The results of the study found that there are 11 methods of approach to stimulate the fetus according to the perspective of baihaqi, namely: prayer methods, worship methods, Qur'an methods, participation methods, compassion methods, methods of the following recitation in taklim assemblies, rewards methods, methods of dialogue and discussion, methods of tadzkirah, methods of story or storytelling, methods of songs or sholawat. Guidance and counseling of pregnant women involve midwives by paying attention to the physical and psychic efforts of pregnant women and providing knowledge and teaching pregnant women about how to stimulate brain boosters in the fetus for their intelligence with the 11 Baihaqi methods.

Abstrak                                  

Kecerdasan janin dapat dipengaruhi melalui stimulasi dan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil. Perubahan fisik dan psikis selama kehamilan menyebabkan problematika bagi ibu hamil sehingga muncul perasaan-perasaan negatif yang dapat menghambat kecerdasan janin. Sehingga perlu adanya bimbingan dan konseling ibu hamil sebagai upaya menstimulasi kecerdasan janin dengan metode pendekatan. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan menganalisis buku yang ditulis oleh Baihaqi, ‘Mendidik Anak dalam Kandungan'. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat 11 metode pendekatan untuk menstimulasi janin menurut perspektif Baihaqi, yaitu: metode doa, metode ibadah, metode qur'ani, metode mengikut sertakan, metode kasih sayang, metode mengikuti pengajian di majelis-majelis taklim, metode penghargaan, metode dialog dan diskusi, metode tadzkirah, metode kisah atau bercerita, metode lagu atau sholawat. Bimbingan dan konseling ibu hamil melibatkan bidan dengan memperhatikan upaya fisik dan psikis ibu hamil serta memberikan pengetahuan dan mengajarkan ibu hamil mengenai cara menstimulasi brain booster pada janin untuk kecerdasannya dengan ke 11 metode Baihaqi.

References

Abdullah, M. (2017). Analisis pendidikan prenatal: Telaah pemikiran ibn qayyim al-jauziyyah dalam kitab tuhfah al- maudud. Jurnal al-Murabbi. 2(2).

Aisyah, R. D., Fitriyani, & Suparni. (2017). IbM Harmoni Kecerdasan untuk Janin Melalui Ibu Hamil. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat "Implementasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untuk Peningkatan Kekayaan Intelektual”, pp 617.

Aprilia, W. (2020). Perkembangan pada Masa Prenatal dan Kelahiran. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Baihaqi. (2003). Mendidik Anak dalam Kandungan Menurut Ajaran Pedagogis Islam. Jakarta: Darul Ulum Press.

Bakar, A., & Luddin, M. (2010). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.

Diponegoro, A. M. (2011). Konseling Islami Panduan Lengkap Menjadi Muslim yang Bahagia, (pp.14-15). Yogyakarta: Gala Ilmu Semesta.

Hardiana, L. (2022). Program Pendidikan Prenatal Islami untuk Menstimulasi Kecerdasan Janin (Tesis). Sekolah Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Bogor.

Hidayatullah, M. F. (2009) Membangun Insan Berkarakter Kuat Dan Cerdas, Surakarta: Yuma Pustaka.

Islam, U. N. (2003). Mendidik Janin, Optimalisasi Potensi Anak Sejak Dini. Jakarta: Gema Insani Press.

Kementrian kesehatan (2019). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Tenaga Kesehatan. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2019/11/Salinan-PP-Nomor-67-Tahun-2019.pdf

Khuzaiyah. S, Kristiyanti. R. (2020). Paket Edukasi Ibu Hamil untukMewujudkan Anak Sehat dan Cerdas Melalui Pendekatan Asuhan Kebidanan Holistik. Jurnal Berdikari, 8(2), 71-72, https://doi.org/10.18196/bdr.8278

Mintarsih, W. (2017). Pendampingan Kelas Ibu Hamil Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling Islam untuk Mengurangi Kecemasan Proses Persalinan. Jurnal Sawwa 12 (2). 284-285

Mutia, T., Rahman, I. K., & Indupurnnahayu. (2020). Program Bimbingan Karir Islami untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Siswa Prokratinasi Akademik Tingkat SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 119. Doi: 10.30868/im.v3i02.716

Poltekkes Medan. (2015). Bahan Ajar Modul4 praktikum Kb1. Sumatera Utara: Universitas Negeri Medan http://www.poltekkes-medan.ac.id

Patimah, S., Widhiastuti, E., Tajmiat, A. (2016). Konsep Kebidanan dan Etikolegal Dalam Praktik Kebidanan, Modul bahan ajar cetak kebidanan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, pp 3. http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Konsep-Kebidanan-dan-Etikolegal-dalam-Praktik-Kebidanan-Komprehensif.pdf

Putri, Meidila. (2016). Hubungan Peran Tenaga Kesehatan Terhadap Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Fe. Naskah Publikasi. Fakultas Kedokteran dan ilmu keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, pp 12-13

Rahmatika, R. (2014). Hubungan antara Emotion-Focused Coping dan Stres Kehamilan. Jurnal Psikogenesis. 3(1), 93.

Sudjatmiko. 2012. Stimulasi Dini pada Janin dan Balita Untuk Mengembangkan Kecerdasan Multipel dan Kreativitas Anak. Diakses pada 7 Mei 2016, dari alamat http://www.idai.or.id

Sukardi, D. K., & Kusmawati, N. (2008) Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Tobroni, & Munir, A. (2010). Merekayasa anak cerdas sejak dalam kandungan. Yogyakarta: Cakrawala.

Widoyant, V., Hermanto, T.J, & Widjiati. (2020). Musik Mozart Memiliki Ekspresi Brain Deriverd Neurotrophic Factor Tertinggi Pada Serebrum dan Serebellum Rattus Norvegicus Dibandingkan dengan Gamelan Jawa, Sunda dan Bali Selama Kehamilan. Jurnal Ilmu Kesehatan. 8(2), 104 doi.org/10.32831/jik.v8i2.243

Za'im, M. (2016). Pendidikan Anak dalam Pengembangan Kecerdasan IQ, EQ dan SQ (Studi Kitab Tuhfat Al -Mawdud Bi Ahkam Al- Mawlud Karya Ibnu Al- Qayyim Al- Jauziyah), Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 91-92.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Rahman, I. K., & Hardiana, L. (2022). Konsep bimbingan dan konseling ibu hamil dalam menstimulasi kecerdasan janin dan metode pendekatannya menurut perspektif Baihaqi. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 73–84. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i1.6325

Issue

Section

Artikel