Peningkatan kecerdasan spiritual Islam perspektif Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al-Tuhfah al-‘Iroqiyyah

Authors

  • Taufik Nur Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Wido Supraha Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Ahmad Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.7732

Keywords:

kecerdasan Spiritual, Ibnu Taimiyah, At-Tuhfah al-‘Iroqiyyah.

Abstract

Islamic education always upholds spiritual values such as faith and piety to Allah in every educational process and instills these spiritual values into the hearts of students so that they believe that spiritual values are the main basis in carrying out their lives. Spiritual intelligence is closely related to intellectual intelligence and emotional intelligence even intellectual and emotional intelligence cannot be balanced without being accompanied by spiritual intelligence. Knowing the magnitude of the benefits of spiritual intelligence for students in an educational process, it is necessary to have a method in increasing spiritual intelligence to make it easier to achieve the goals of Islamic education itself. This paper aims to find out how to increase the spiritual intelligence of the perspective of Sheikh al-Islam Ibn Taimiyah in the At-Tuhfah al-'Iroqiyyah book. This study uses a qualitative approach with library research type, the primary data source in this study is At-Tuhfah al-'Iroqiyyah by Sheikh al-Islam Ibn Taimiyah while the secondary data in this study is the work of Muslim scholars and scholars who focus on discussing soul cleansing and spiritual intelligence. Based on the analysis of the book At-Tuhfah al-'Iroqiyyah by Shaykh al-Islam Ibn Taimiyah, it can be concluded that increasing spiritual intelligence must be based on cleansing the soul of things that can hinder the increase in spiritual intelligence.

Abstrak

Pendidikan Islam selalu menjunjung tinggi nilai-nilai spiritual seperti keimanan dan ketakwaan kepada Allah ï‰ dalam setiap proses pendidikannya serta menanamkan nilai-nilai spiritual tersebut ke dalam hati peserta didiknya agar mereka yakin bahwa nilai spiritual itulah yang menjadi dasar utama dalam menjalankan kehidupannya. Kecerdasan spiritual sangatlah berkaitan erat dengan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional bahkan kecerdasan intelektual dan emosional tidak dapat seimbang tanpa diiringi dengan kecerdasan spiritual. Mengetahui besarnya manfaat kecerdasan spiritual bagi peserta didik dalam sebuah proses pendidikan maka perlu adanya sebuah metode dalam meningkatkan kecerdasan spiritualnya guna mempermudah dalam mencapai tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui cara peningkatan kecerdasan spiritual perspektif Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah Dalam Kitab At-Tuhfah al-‘Iroqiyyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis library research, sumber data primer pada penelitian ini adalah At-Tuhfah al-‘Iroqiyyah karya Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah sedangkan data sekunder pada penelitian ini adalah karya para ulama dan cendekiawan muslim yang fokus membahas tentang pembersihan jiwa dan kecerdasan spiritual. Berdasarkan analisa terhadap kitab At-Tuhfah al-‘Iroqiyyah karya Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kecerdasan spiritual harus didasari dengan membersihkan jiwa dari hal-hal yang dapat menghambat peningkatan kecerdasan spiritualnya.

References

Agustian, A.G. (2001). ESQ (Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam. Jakarta: Arga.

Al Wardi., bin. Umar. Z.A. (1696). Tarikh Ibn al-Wardi. Najaf: Pustaka Haidariyah.

Al Qayyim, I. (2003). Madarij Al Salikin. Bairut: Daar Al-Kitab Al-‘Arabi.

Al Qayyim, I. (2012). Al Fawaid. Mesir: Markaz Al Wahyayin.

Al Utsaimin, S. bin M. (2008). Syarh Tsalatsah Al Ushul. Mesir: Daar Al Kautsar.

Akmal, Masyhuri. (2018). KONSEP SYUKUR (GRATEFULNES) (Kajian Empiris Makna Syukur bagi Guru Pon-Pes Daarunnahdhah Thawalib Bangkinang Seberang, Kampar, Riau). Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.36668/jal.v7i2.86

Ariadillah, R., Soliha, Y.Y., Indrawati, D. (2021). Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Program Keberagamaan di Mi Jam'iyyatul Khair Ciputat Timur. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1).

Barlian, E. (2016). Metodelogi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Suka Bina Press.

Basrowi., & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah, S.W. (2018). Perbandingan Tingkat Kecerdasan Spiritual Antara Siswa MTS Negeri 4 Sleman Dan SMP Negeri 5 Sleman. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.82

Fathurrohman, M. (2016). Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 19-42. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.19-42

Husain, A.L. (1977). Tarbiyah Fi Sunnah Nabawiyah. Riyadh: Daar Al Liwa

Nurmiati, Bakar, A.A., Parhani, A. (2021). Nilai Tawakal Dalam Al Quran. Palita: Journal of Social Reli gion Research, 6(1), 81-98. http://dx.doi.org/10.24256/pal.v6i1.1985

Prastowo, A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Putra, N., & Lisnawati, S. (2012). Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Qani'ah, S. (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Pada Peserta Didik Melalui Aktivitas Keagamaan. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 5(1), 60-72. https://doi.org/10.31102/ahsana..5.1.2019.60-72

Rahmawatim U. (2016). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri: Studi terhadap Kegiatan Keagamaan di Rumah TahfizQu deresan Putri Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1). http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1332

Supriaji, U. (2019). Konsep Pendidikan Spiritual. Cakrawala: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1), 16-46. http://www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/cka/article/view/112

Suryati, N., Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Research & Learning in Education, 3(2), 578-588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349

Sarkati, S. (2020). Cinta, Takut dan Harap Kepada Allah Swt. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1). https://dx.doi.org/10.18592/jt%20ipai.v10i1.3762

Taufiqurrohman. (2020). Ikhlas dalam Perspektif Al Quran (Analisi Terhadap Konstruk Ikhlas Melalui Metode Tafsir Tematik). Eduprof: Islamic Education Journal, 1(1), 279-312. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.3

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Rahman, T. N., Supraha, W., & Ahmad, A. (2022). Peningkatan kecerdasan spiritual Islam perspektif Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah dalam Kitab Al-Tuhfah al-‘Iroqiyyah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(3), 397–408. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.7732

Issue

Section

Artikel