Universal Religious Learning Model (Studi Pengamalan Al Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125)

Studi pengamalan Alquran surat An-Nahl Ayat 125

Penulis

  • Afiq Fikri Almas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.16368

Kata Kunci:

Pembelajaran Agama Universal, Hikmah, Mau’idzhah Hasanah, Mujaadalah

Abstrak

Manusia berpegang teguh pada Al Quran sebagai sumber pendidikan, mengajarkan cara hidup, dan menawarkan banyak wawasan tentang keberadaan hidup yang menghidupkan. Aspek pendidikan agama juga banyak terkandung di dalam Al Qur'an yang salah satunya adalah pengelolaan proses pembelajaran dengan mengimplementasikan model universal untuk semua kelompok manusia. Pokok bahasan dalam tulisan ini yaitu (1) Esensi model pembelajaran agama yang universal terkandung dalam Q.S. An-Nahl ayat 125, (2) Implementasi model pembelajaran agama dengan menggunakan model Bil Hikmah, model Al Mau’idzhah Hasanah dan model Mujaadalah Billatii Hiya Ahsan sangat relevan untuk tingkat SMP dan SMA sederajat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan tafsir tahliliy atau tajzi'iy, serta book survey atau studi literatur digunakan untuk mengumpulkan pendapat para mufasirin dan dilengkapi dengan sumber data dari kitab yang relevan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa novelty yaitu: (1) Berdasarkan pengamalan dari Al Qur'an surat An-Nahl ayat 125 dalam kajian pendidikan terdapat tiga model pembelajaran agama yang universal yang meliputi model pendidikan dengan melalui bil-hikmah, model pendidikan dengan melalui Al Mau'idzah Al Hasanah, dan model pendidikan dengan melalui Mujaadalah Billatii Hiya Ahsan. (2) Universal Religious Learning Model (URLM) dapat diterapkan dalam pembelajaran-pembelajaran agama Islam khusunya dan juga dapat diterapkan dalam pembelajaran agama selain agama Islam melalui konten materi sesuai keyakinan dan agamanya masing-masing di SMP ataupun SMA.

Referensi

Abunawas, Sakban, Harahap, N., Octavia, A., Harahap, N., Putra, Y. E., & Ardiansyah. (2022). Implementasi Kebijakan Pendidikan Agama SD IT Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6618–6626. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7759

Al-Jazairi, A. B. J. (2003). Aisar At-Tafâsir li Al-Kalâmi Al-Aliyyi Al-Kabîr (Jilid V). Madinatul Munawarah: Maktabah Al-Ulum wal Hikam.

Al-Mahalli, A. bin A. B., & As-Suyuthi, A. bin A. B. (2010). Tafsir Jalalain. Kairo: Darul Hadîts.

Al-Qutub, S. (2000). Tafsir fii Dzhilal Al-Qur’an. Beyrut: Darul Asy-Syuruf.

Al-Zuhaeli, W. (1991). Tafsir Munir. Damasqus: Darul Fikri.

Brutu, J. H. A., Masri, D., Alfiansyah, M., Hasubuan, A., & Rudi, R. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Munasabah Qur’an Pada Surah an-Nahl 125 Dengan Surah Al-Alaq 1 Sampai 5. Tabsyir: Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(3), 166–178. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/tabsyir.v4i3.141

Courtad, C. A. (2019). Making Your Classroom Smart: Universal Design for Learning and Technology. Singapura: Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-13-8260-4_44

Depag RI. (1984). Al-Qur’an Dan Tafsirnya. Semarang: CV. Toha Putra.

Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2015). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMA Lab Singaraja. Tesis, 1. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/5192-ID-pengaruh-pelaksanaan-pembelajaran-dan-kebiasaan-belajar-terhadap-hasil-belajar-e.pdf

Edyburn, D. L. (2021). Universal Usability and Universal Design for Learning. Intervention in School and Clinic, 56(5), 310–315. https://doi.org/10.1177/1053451220963082

Fitri, R. A., Masri, D., Fattah, M. M. Al, Risdi, M. F., & Lubis, S. I. (2023). Metode Pembelajaran Pada Q. S An-Nahl Ayat 125 Berdasarkan Tafsir Al Misbah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.2028

Harahap, B. (2019). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Telaah Surah An-nahl Ayat 125). UIN Sumatera Utara Medan.

Hefni, H. (2003). Metode Dakwah (M. Suparta, Ed.). Jakarta: Kencana.

Katsir, I. (1980). Tafsir Ibnu Katsir. Beyrut: Darul Fikri.

Khairi, A., Masri, D., Pratama, R., & Situmorang, S. E. Z. (2023). Metode Pembelajaran di dalam Q.S An-Nahl Ayat 125 Berdasarkan Tafsir Al-Misbah. HIBRUL ULAMA, 5(2), 47–58. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v5i1.510

Lexy J. Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

McGhie Richmond, Sung, D., & N, A. (2013). Applying Universal Design for Learning to Instructional Lesson Planning. International Journal of Whole Schooling, 9(1).

Moore, S. L. (2007). David H. Rose, Anne Meyer, Teaching Every Student in the Digital Age: Universal Design for Learning. Educational Technology Research and Development, 55(5), 521–525. https://doi.org/10.1007/s11423-007-9056-3

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Nasaruddin, N., & Mubarak, F. (2022). Metode Pengajaran dalam Perspektif Al-Quran (Tinjauan Q.S. An-Nahl Ayat 125). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 135–148. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i2.1190

Nata, A. (2005). Filsafat Pendidikan Islam (I). Jakarta: Gaya Media Pratama.

Nata, A. (2010). Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan (IV). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ningtyas, Y. D. W. K., Amilia, F., & Kamilah, N. (2021). Inovasi Model Desain Universal untuk Pembelajaran Kebutuhan Khusus di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 5(2), 24–29. https://doi.org/10.26740/jp.v5n2.p24-29

Nursyaid, D., Surana, D., & Ali, A. (2020). Implementasi Pendidikan Berdasarkan Q.S. An-Nahl terhadap Metode Pembelajaran. Prosiding Pendidikan Agama Islam SPeSIA, 6(2), 66–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.23180

Prof. Dr. H. Abdul Malik Abdul Karim Amrullah (Hamka). (1988). Tafsir Al Azhar Jilid 5. Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd.

Rakasiwi, R. N. (2018). Metode Pendidikan dalam Perspektif Alquran Surah an-Nahl ayat 125-127. Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya.

Rose, D. (2001). Universal Design for Learning. Journal of Special Education Technology, 16(2), 66–67. https://doi.org/10.1177/016264340101600208

Saputra, W. (2012). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santosa, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan, 177–188. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Misbah (Volume I). Jakarta: Lentera Hati.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, & Albarobis, M. (2012). Pendidikan Islam berbasis problem sosial (1st ed.; R. K. Ratri, Ed.). Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29184

Sutrisno, Martani, E., Moh., F. W., Nur, M. H., Wahyuni, Yunus, S. H., … Rizqi, T. (2021). Pendidikan Islam Berbagai Perspektif (1st ed.). Yogyakarta: Elmatera.

Yandika Fefrian Rosmi, & Muhammad Nurrohman Jauhari. (2023). Universal Design for Learning pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Inklusi. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 3(2), 40–48. https://doi.org/10.36456/j-stand.v3i2.7180

Yasin, A. F. (2008). Dimensi-Dimensi Pendidikan. Malang: UIN Press.

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

Almas, A. F. (2024). Universal Religious Learning Model (Studi Pengamalan Al Qur’an Surat An-Nahl Ayat 125): Studi pengamalan Alquran surat An-Nahl Ayat 125. TAWAZUN: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 227–244. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.16368

Terbitan

Bagian

Artikel