Integrasi keterampilan mendengar dan berbicara bahasa Arab melalui ekstrakurikuler AC di pesantren

Authors

  • Bening Anjaswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Sopian Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.19244

Keywords:

Arabic Club, Audio visual, ekstrakurikuler, keterampilan mendengar, keterampilan berbicara

Abstract

Arabic language education in Islamic boarding schools tends to use a traditional approach that focuses on memorizing language rules and understanding Arabic with a translation system. This traditional approach is considered to be the cause of students becoming bored in the process of learning Arabic. Therefore, to improve students' Arabic language skills, the H. Muhammad Nadis Bukittinggi Islamic Boarding School implements an extracurricular Arabic Club (AC). AC is an Arabic language learning program that is interactive, innovative and practical. This study aims to explore the implementation of AC extracurricular as a whole and its impact on improving students' listening and speaking skills, as well as explore various obstacles faced in its implementation. This study uses a descriptive qualitative method, where data is collected through observation, interviews, and document analysis. The results of the study show that AC extracurricular can improve students' listening and speaking skills, so that they are more confident in communicating using Arabic and improve their learning achievement. However, the implementation of this program still faces several obstacles, such as limited facilities, difficulty in controlling student focus, and schedule constraints that affect student participation. To overcome the existing obstacles, cooperation between teachers, students, and pesantren managers is needed so that the implementation of AC extracurricular can achieve optimal results.

Abstrak

Pendidikan bahasa Arab di pesantren cenderung menggunakan pendekatan tradisional yang berfokus pada hafalan kaidah-kaidah bahasa dan pemahaman bahasa Arab dengan sistem terjemah. Pendekatan tradisional ini dianggap sebagai penyebab siswa menjadi jenuh dalam proses belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa, Pondok Pesantren H. Muhammad Nadis Bukittinggi menerapkan ekstrakurikuler Arabic Club (AC). AC merupakan program pembelajaran bahasa Arab yang bersifat interaktif, inovatif dan praktis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan ekstrakurikuler AC secara menyeluruh dan dampaknya terhadap peningkatan keterampilan mendengar dan berbicara siswa, serta mengeksplorasi berbagai kendala yang dihadapi pada pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler AC dapat meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa, sehingga mereka lebih percaya diri dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dan meningkatkan prestasi belajar mereka. Namun, pelaksanaan program ini masih menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan fasilitas, sulitnya mengontrol fokus siswa, dan kendala jadwal yang memengaruhi partisipasi siswa. Untuk mengatasi kendala yang ada, diperlukan kerja sama antara guru, siswa, dan pengelola pesantren agar pelaksanaan ekstrakurikuler AC dapat mencapai hasil yang optimal.

References

Abdullathif. (2005). Thuruq at-Tadris fi al-Qarni al-Wahid wa ’Isyrin. Daar al-Massira.

Abdurrahman. (2010). Idha’at li Mu’allimi al-Lughah al-Arabiyyah li Ghairi an-Nathiqin biha. al-Mamlakah al-Arabiyyah as-Su’udiyyah.

Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023). Analisis Tingkat Kosentrasi Belajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Tembong 2. Jurnal Holistika, 7(1), 1–5. https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.1-5

Auli, A., Hefni, H., & Melia, Y. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X. Jambura Sports Coaching Academic Journal, 2(2), 63–76. https://doi.org/10.37905/jscaj.v2i2.21343

Aziza, L. F., & Muliansyah, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Komprehensif. El-Tsaqafah : Jurnal Jurusan PBA, 19(1), 56–71. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v19i1.2344

Budiman, A., & Al-Ahyar, M. (2022). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 5827–5832.

Fakhrurrozi, A., & Mahyudin, E. (2012). Pembelajaran Bahasa Arab. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.

Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 3(2), 122–129.

Handayani, S. & Syafi’i. (2022). Pemanfaatan Video Animasi Youtube Untuk Meningkatkan Pengembangan Maharah Istima’ Bahasa Arab. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 104–115. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i2.6138

Irawan, B., & Nurdin. (2021). Peran Pondok Pesantren Modern dalam Mengembangkan Bahasa Arab. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 651–660. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.2899

Kasmiati. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Rizquna.

Krashen, S. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Oxford Pergamon.

Mahmuddin, R., & Aswar. (2021). Stategi Pembelajaran Keterampilan Menyimak Bahasa Arab pada Program Persiapan Bahasa Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar. AL-MUALLAQAT: JOURNAL OF ARABIC STUDIES, 1(1), 54–70.

Nasution, A. F. (2023). Penelitian Metode Kualitatif. Harfa Creative.

Nurhasana, I. (2021). Penggunaan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 217–229. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v2i2.573

Qolbi, A. S. A., Khan, L. F., & Ulfiandi, I. Z. (2024). Tantangan dan Prospek Bahasa Arab di Era Modern: Tantangan dan Prospek Bahasa Arab di Era Modern. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 3(1), 25–30. https://doi.org/10.69966/mjemias.v3i1.51

Rahmawati, F. N., Rahmawati, N. L., & Ulya, R. (2022). Implementasi Media Audio Visual Film Kartun Berbahasa Arab Dalam Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas XI MA Darul Istiqomah Woro Kepohbaru. Al-Akhbar: Journal of Teaching Arabic as a Foreign Language, 2(2), 100–117.

Raudatussolihah, B. (2022). Pengembangan Teknologi Audio-Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 3(1), 53–60. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i1.140

Rizki, N., & Sinaga, A. I. (2024). Implementasi Program Arabic Club dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa di Lembaga Pendidikan Islam. 08(02), 359–368.

Rodgers, T. S., & Richards, J. C. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Saepudin. (2012). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Teori dan Praktik. TRUSTMEDIA.

Sanah, S., Odang, O., & Lutfiyani, Y. (2022). Model Pengembangan Keterampilan Berbahasa Arab di Pesantren. Ta’lim al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 271–293. https://doi.org/10.15575/jpba.v6i2.20164

Sihite, Y., Sihombing, L. N., & Sijabat, D. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Percontohan. Journal on Education, 06(01), 2905–2914.

Suroiyah, E. N. (2020). Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemahiran Istima’ (Mendengar). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 16–26.

Suryana, E., Lestari, A., & Harto, K. (2022). Teori Pemrosesan Informasi dan Implikasi dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1852–1863. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3498

Syarifah, & Juriana. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Al-Islam dan Darul Abror (Antara Tradisional dan Modern). Eduagama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(2), 142–169. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i2.1411

Tsaminah, D., Rahmatillah, R., Nur, A. W., & Taufiqurrochman, R. (2023). Pengaruh Media Podcast dalam Meningkatkan Maharah Istima’ Santri Pondok Pesantren Al-Yasini. Shaut al Arabiyyah, 11(1), 104–111. https://doi.org/10.24252/saa.v11i1.25597

Vandayo, T., & Hilmi, D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.55187/tarjpi.v5i2.3873

Wahdi, R., & Fakhrin, N. (2022). Penggunaan Media Video Lagu Bahasa Arab dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh. JURNAL KAJIAN DAN PENGEMBANGAN UMAT, 5(1), 42–51.

Zulqarnain, I., Rohman, M. M., Maftuhah, M., & Arifa, Z. (2019). Model Pembelajaran Program Ekstrakurikuler Bahasa Arab dan Implementasinya di Madrasah Aliyah Pesantren. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(1), 29–46. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.629

Downloads

Published

2025-05-04

How to Cite

Anjaswara, B., & Sopian, A. (2025). Integrasi keterampilan mendengar dan berbicara bahasa Arab melalui ekstrakurikuler AC di pesantren. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 233–254. https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i1.19244

Issue

Section

Artikel