Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya terhadap tanggung jawab siswa di SMK
DOI:
https://doi.org/10.32832/tawazun.v18i2.20424Keywords:
Karakter siswa, Kepribadian guru, Tanggung jawabAbstract
Responsibility is a core element in the formation of student character, particularly in vocational schools that emphasize discipline and integrity. This study aims to determine the extent to which the personality competence of Islamic Education (PAI) teachers influences students' sense of responsibility at SMKN 1 Bawen. A quantitative approach was employed using a correlational survey method, involving a randomly selected sample of 100 tenth-grade students. Data were collected through questionnaires and analyzed using the Spearman Rank correlation technique. The final analysis revealed a positive and significant relationship between the personality competence of PAI teachers and students’ sense of responsibility, with a correlation coefficient of 0.515 and a significance level of 0.000 (p < 0.01). These findings suggest that strong personal qualities in teachers, such as honesty and exemplary behavior, play a vital role in fostering students’ sense of responsibility. Therefore, character development among students can be effectively initiated by enhancing the personal competence of teachers.
Abstrak
Sikap tanggung jawab merupakan elemen utama saat pembentukan karakter siswa, khususnya di sekolah kejuruan yang menuntut kedisiplinan dan integritas. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada tanggung jawab siswa di SMKN 1 Bawen. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional, dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 100 siswa kelas X yang telah dipilih secara acak. Data didapat dari kuesioner dan dianalisis dengan teknik korelasi Spearman Rank. Hasil akhir analisis memaparkan ada hubungan positif dan signifikan pada kompetensi kepribadian guru PAI dan sikap tanggung jawab siswa, dengan angka nilai koefisien korelasi sebesar 0,515 dan tingkat signifikansi 0,000 (p < 0,01). Pada temuan ini telah ditarik kesimpulan bahwa kualitas pribadi guru yang baik, seperti kejujuran dan keteladanan, memiliki peran penting dalam mendorong tumbuhnya rasa tanggung jawab pada siswa. Oleh karena itu, penguatan karakter siswa dapat dimulai dengan peningkatan kualitas kepribadian guru.
References
Agustin, I. T. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SD Negeri Margorejo Vi/524 Surabaya. Education and Human Development Journal, 4(2), 21–32.
Aulia, M. F., & Makrufi, A. D. (2025). Pengaruh karakteristik generasi alpha terhadap efektivitas implementasi Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 31–48. doi: 10.32832/tawazun.v18i1.19320
Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). Peran Guru Pai Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMPN 03 Jombang. 1(1).
Harahap, N. R., & Wulandari, P. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Islamiyah Petangguhan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 85–92.
Huda, M. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru Dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi Pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2), 237–266. doi: 10.21043/jupe.v11i2.3170
Husnazaen, A. H., Nashir, M. J., & Sulistyowati, S. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 14–29. doi: 10.54090/alulum.108
Indana, N., & Roifah, R. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa: (Studi Kasus di MTs Al-Ma’arif Brudu Sumobito Jombang). Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 46–65. doi: 10.54437/ilmuna.v3i1.250
Limbong, P. N. O. (2025). Kompetensi Kepribadian Guru PAI dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Komprehenshif, 3(1), 32–40.
Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847
Mulyati, M., Hidayati, M., & Hariyanto, M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru dan Orang Tua terhadap Sikap Kejujuran Siswa SMK Klaten, Jawa Tengah. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 14(2), 183–195. doi: 10.30957/cendekia.v14i2.641
Mutia Nur Putri, R., Nulhakim, A., Junaidi Nasution, H., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573. doi: 10.58258/jupe.v8i2.5549
Rahmad, R., Abas, E., & Iqbal, R. (tt.). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdi Nur Ismail Cahaya Sunnah Kota Prabumulih Tahun Pelajaran 2022-2023.
Ramli, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 3 Parepare. Al-Ibrah, 9(1), 38–44. doi: https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah
Safitri, E., Setiawati, Y. H., & Suryana, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Akhlak Siswa di SMK Cendekian Muslim Nanggung-Bogor. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 30–53. doi: 10.47467/manageria.v1i1.270
Sasmita, R., & Arqam, Mhd. L. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Perpektif Muhammadiyah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 21. doi: 10.30659/jpai.5.1.21-31
Solikhin & Ali Mustofa. (2019). Pengembangan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Primaganda Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 111–138. doi: 10.37286/ojs.v5i2.59
Sugiyono, S. (2017). "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta., 142–148.
Susantika, I., & Umam, H. (2023). Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Jujur Siswa di Mts Darul Hikmah Bojongsoang. Ulul Albab: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 19–44. doi: 10.30999/ululalbab.v1i1.2794
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. doi: 10.61104/jq.v1i1.49
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Jurnal Al-Musthafa STIT Al-Aziziyah Lombok Barat, 2(3), 43–56.
Tomas, I. (2024). Penanaman Nilai Karakter Jujur Dan Tanggung Jawab Pada Siswa Di SMAN 2 Danau Sembuluh. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(2), 52–57. doi: 10.69688/jpip.v2i2.86
Undang-Undang Republik Indonesia. (tt.).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![]()
The author grants copyright of his/her work to the journal licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License which allows others to use the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.



