Kompetensi pengasuh santri putri pondok pesantren tingkat SMP

Authors

  • M. Nurman Ardiansyah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Hasbi Indra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abdul Hayyie Alkattani Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.16105

Keywords:

Karakter Rasulullah, Kompetensi pengasuh santri, Pondok pesantren

Abstract

This study analyzes the competence of caregivers of female students of junior high school boarding schools in the book Ar-Rasul Al-Muallim Wa Asalibuhu Fi At-Ta'lim by Abdul Fattah Abu Ghuddah and Pondok Pesantren Putri Hidayatullah, Depok-West Java. The method used is qualitative research with literature and field studies. The results show that the competence of this female santri caregiver includes knowledge, skills, and experience in caring for, maintaining, educating, fostering, and guiding santri with full responsibility. These competencies reflect the four main characters of the Prophet Muhammad, namely Shiddiq (integrity), Tabligh (communicative), Amanah (professional), and Fathonah (innovative). The existence of santri caregivers who have these competencies has a positive impact on the education program at the Islamic Boarding School, creating a conducive and comfortable atmosphere for students in carrying out their daily activities.

Abstrak

Penelitian ini menganalisis kompetensi pengasuh santri putri pondok pesantren tingkat SMP dalam kitab Ar-Rasul Al-Muallim Wa Asalibuhu Fi At-Ta'lim karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Pondok Pesantren Putri Hidayatullah, Depok- Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan dan lapangan. Hasilnya menunjukkan bahwa kompetensi pengasuh santri putri ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam merawat, memelihara, mendidik, membina, dan membimbing santri dengan penuh tanggung jawab. Kompetensi ini mencerminkan empat karakter utama Rasulullah SAW, yaitu Shiddiq (integritas), Tabligh (komunikatif), Amanah (profesional), dan Fathonah (inovatif). Keberadaan pengasuh santri yang memiliki kompetensi tersebut memberikan dampak positif bagi program pendidikan di Pondok Pesantren, menciptakan suasana kondusif dan nyaman bagi santri dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

References

Affan, M. (2017). Metode Musyrif dalam Mengatasi Kenakalan Santri di Pondok Pesantren Putra. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Al Qorni, A. W. (2021). Manajemen Rekrutmen Santri Tahfidz Al Qu’ran Tingkat Madrasah Aliyah. Rayah Al-Islam, 5(02), 506–513.

Ali, M. D. (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.

Arrosyad, M. I. (2015). Analisis Penanaman Pendidikan Karakter 4 Sifat Nabi “SAFT” Pada Buku Siswa Kelas 4 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Kurikulum 2013.

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B., A. & Zubair. (1990). Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius.

Dewi, E. R., Hidayatullah, C., Oktaviantari, D., Raini, M. Y., & Islam, F. (2020). Konsep Kepemimpinan Profetik. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 147–159.

Hafidhuddin, D. (1998). Dakwah aktual. Gema Insani.

Musyahadah, A., Al-Hamat, A., & Mujahidin, E. (2017). Kompetensi pendidik dalam al-qur’an dan relevansinya terhadap kompetensi guru menurut peraturan pemerintah nomor. 74 tahun 2008. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–21.

Musyirifin, Z., Sari, F. P., & Kharir, A. M. (2023). Pesantren-based psychosocial-spiritual therapy. Jurnal Ilmu Dakwah, 43(1), 220–230.

Narto, W. (2020). Manajemen Pengasuhan Santri Dalam Membentuk Karakter. AL IBTIDA’ : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 38–57.

Nazir, Moh. (2005). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Newman, W. L. (1997). Social Research Methods Qualitative and Quantitative Approache. Boston: Allyn & Bacon.

Ritonga, M., Indra, H., & Handrianto, B. (2021). Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 176–187. doi: 10.30868/im.v4i01.605

Subagiya, B. (2023). Eksplorasi penelitian Pendidikan Agama Islam melalui kajian literatur: Pemahaman konseptual dan aplikasi praktis. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 304–318. doi: 10.32832/tadibuna.v12i3.14113

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supraha, W., & Nurlaelah, N. (2022). Program Bimbingan Musyrif dan Musyrifah di Pondok Pesantren. Tawazun: Jurnal Pendidikani Islam, 15(2).

Syafri, U. A. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qurˊan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Upang, & Alim, A. (2021). Manajemen Asrama dalam Meningkatkan Kedisipinan Santri Tingkat MTs di Pesantren Al-Ma’tuq. Rayah Al-Islam, 5(02), 460–467. doi: 10.37274/rais.v5i02.476

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Ardiansyah, M. N., Indra, H., & Alkattani, A. H. (2024). Kompetensi pengasuh santri putri pondok pesantren tingkat SMP . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(1), 151–166. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i1.16105

Issue

Section

Artikel