Keterampilan sosial siswa korban bullying kelas IX SMP MQ Al-Islami Cikaret Cibinong

Authors

  • Ira Wahdani Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Retno Triwulandari Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16476

Keywords:

Bullying, Keterampilan sosial, Siswa SMP

Abstract

Bullying become cases of violence that often occur in educational environments, and increase every year. Bullying behavior can hinder an individual's social skills. This research aims to (1) determine the levelbullying class IX students of MQ Al-Islami Middle School, (2) knowing the level of social skills of class IX students of MQ Al-Islami Middle School, (3) knowing the influencebullying on the social skills of class IX students at MQ Al-Islami Middle School. The research method used is ex-post facto or casual comparative. The research results show that: 1) Levelbullying class IX students of MQ Al-Islami Middle School in the medium category. The research results show the levelbullying Class IX students of MQ Al-Islami Middle School score results are knownbullying of 88.5, this value is classified as moderate. 2) The level of social skills of class IX students at MQ Al-Islami Middle School obtained a score of 62.37, this value is classified as low. 3) The results of the hypothesis test carried out show that there is a significant influencebullying on social skills with a regression value obtained with a significance value of 0.034 <0.05, with variable contributionbullying on social skills of 0.058 (5.8%). So it is concluded that bullying can affect students' skills.

Abstrak

Bullying menjadi kasus kekerasan yang sering terjadi dilingkungan pendidikan, dan meningkat setiap tahunnya. Perilaku bullying dapat menghambat keterampilan sosial yang dimiliki oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat bullying siswa kelas IX SMP MQ Al-Islami, (2) mengetahui tingkat keterampilan sosial siswa kelas IX SMP MQ Al-Islami, (3) mengetahui pengaruh bullying terhadap keterampilan sosial siswa kelas IX SMP MQ Al-Islami. Metode penelitian yang digunakan adalah ex-post facto atau kasual komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat bullying siswa kelas IX SMP MQ Al-Islami pada kategori sedang  Hasil penelitian menunjukkan tingkat bullying siswa kelas IX SMP MQ Al-Islami diketahui hasil skor bullying sebesar 88,5, nilai ini tergolong dalam sedang. 2) Tingkat keterampilan sosial siswa kelas IX SMP MQ Al-Islami diperoleh hasil skor sebesar 62,37 nilai ini tergolong pada kategori rendah. 3) Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan terdapat pengaruh signifikan bullying terhadap keterampilan sosial dengan nilai regresi yang diperoleh nilai signifikansi 0,034 < 0,05, dengan kontribusi variabel bullying terhadap keterampilan sosial sebesar 0,058 (5,8%). Sehingga disimpulkan bullying dapat mempengaruhi keterampilan siswa.

References

Aryani, E., & Laras, P. B. (2021). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Kelas VII MTs Sunan Pandanaran TA 2020/ 2021. Jurnal Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 3 No. 2, 236–240. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/2820

Awalia, S., & Vania, A. (2023). Analisis Faktor Dan Cara Penanganan Bullying. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(3), 36–53. https://jurnal2.untagsmg.ac.id/index.php/soshumdik/article/view/1027

Darmiany. (2021). Keterampilan Sosial Modal Dasar Remaja Bersosialisasi di Era Global. In Sanabil (Muhammad A). 1.

Elmira, P. (tt.). Siswa SMP Bakar Sekolah di Temanggung akibat Kerap Dibully, Bagaimana Peran Guru BK? liputan6, 4. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5334617/siswa-smp-bakar-sekolah-di-temanggung-akibat-kerap-dibully-bagaimana-peran-guru-bk

Erismon, E., & Karneli, Y. (2021). Efektivitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy untuk mengatasi perilaku bullying siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 1. https://doi.org/10.29210/120212694

Hilmy, R. F., & Sumaryanti, I. U. (2023). Hubungan antara Keterampilan Sosial dengan Problematic Internet Use pada Mahasiswa Kota Bandung. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 158–167. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.5180

Larasati, K. (2019). Hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-remaja dengan keterampilan sosial remaja. 6(1), 88–95.

Madya, F. O. Al, Aiyuda, N., & Hanifah, F. (2022). Benarkah Bullying Victim Mengancam Interaksi Sosial Remaja? Jurnal Riset Psikologi, 2(2), 73–78. https://doi.org/10.29313/jrp.v2i2.1594

Malik, M. R. (2023). Kasus Bullying Pelajar Terjadi di Kota Bogor, Siswi SMP Sampai Lompat dari Lantai 3 Sekolah. metropolitan.id. https://www.metropolitan.id/bogor-raya/95310356145/kasus-bullying-pelajar-terjadi-di-kota-bogor-siswi-smp-sampai-lompat-dari-lantai-3-sekolah

Marheni, A., Made, I. R., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Kualitas Kelekatan Anak dengan Orangtua pada Keterampilan Sosial Remaja. Jurnal Ilmu Perilaku, 2(2), 118. https://doi.org/10.25077/jip.2.2.118-130.2018

Nugraini, I., & Ramdhani, N. (2017). Keterampilan Sosial Menjaga Kesejahteraan Psikologis Pengguna Internet. Jurnal Psikologi, 43(3), 183. https://doi.org/10.22146/jpsi.22139

Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1054

Padillah, D. F., & Nurchayati, N. (2022). Penerimaan Diri Pada Korban Kekerasan Seksual Sekaligus Pelaku Pembunuhan. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikolog, 13(2), 136–153. https://doi.org/10.24036/rapun.v13i2.

Rinanda, H. (2023). 5 Fakta Terbaru Kasus Bullying hingga Penganiayaan Siswa SMP Banyuwangi. detikjatim, 1. https://www.detik.com/jatim/hukum-dan-kriminal/d-6986459/5-fakta-terbaru-kasus-bullying-hingga-penganiayaan-siswa-smp-banyuwangi

Rosa, N. (2023). Data Kasus Bullying di Sekolah, FSGI: 50% di Jenjang SMP. Detik, 1.

Sari, T. P., & Padang, U. N. (tt.). Hubungan Kecanduan Mengakses Instagram Dengan. 1–12.

Sartika, M. (2019). Pengaruh Bullying Terhadap Perkembangan Kemampuan Sosial Siswa D Sma Negeri 11 Banda Aceh.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfsbeta.

Suprio, A. B., Hanurawan, F., & Sutarno, S. (2020). Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 121. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13153

Virdawati, P., Hendriana, H., & Rosita, T. (2021). Profil Keterampilan Sosial Siswa Di Sman 2 Purwakarta. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(6), 494. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8294

Zaini Wahdah, A., & Nur Malasari, P. (2022). Studi Ex Post Facto: Apakah Kecerdasan Emosional Berkontribusi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa? Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 123–138. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4093

Zakiyah, E. Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A. S. (2018). The Impact Of Bullying Againts Teen Development Victims Of Bullying. 1, 265–279.

Downloads

Published

2024-08-09

How to Cite

Wahdani, I., Rahman, I. K., & Triwulandari , R. (2024). Keterampilan sosial siswa korban bullying kelas IX SMP MQ Al-Islami Cikaret Cibinong . Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 373–388. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.16476

Issue

Section

Artikel